Banyak orang takut melangkah untuk memasuki dunia kerja. Dunia baru setelah menyelesaikan pendidikan.
Persiapan sebelum memasuki dunia kerja fresh graduate sering kali menjadi persoalan tersendiri bagi para fresh-graduate. Apalagi kalau ini pertama kalinya kamu memasuki dunia kerja.
Bekerja akan menghabiskan lebih dari setengah hidupmu! Jadi jangan sampai salah persiapan apalagi salah memilih pekerjaan.
Apa saja sih yang perlu dipersiapkan sebelum kamu mulai bekerja? Berikut tips yang akan membantu kamu, Sahabat Varashcareer.id
Mental
Saat kamu pertama kali masuk ke dunia kerja, banyak hal tidak kamu ketahui dan tidak kamu pelajari di sekolah maupun kampusmu. Sehingga akan membuat kamu minder atau tidak percaya diri.
Hal yang paling penting untuk kamu persiapkan sebelum mulai bekerja adalah mental, kenapa? Karena mental adalah bagian dari dirimu untuk bisa menerima keadaan apapun.
Setiap orang memang memiliki mental yang berbeda, namun setelah memasuki dunia kerja, kamu akan berubah menjadi manusia kuat dan tahan banting!
Jangan sekalipun merasa lemah.
Teruslah belajar hal-hal baru dari pekerjaanmu, atasanmu juga lingkungan kerjamu.
Mulailah berpikir positif akan tanggapan disekitarmu.
Hadapi semua tekanan yang kamu temui di tempat kerja nantinya.
Dan jangan terlalu memikirkan cemoohan serta kritikan yang berlebihan dari teman kerjamu, jadikan kritikan itu sebagai motivasi untuk dirimu lebih baik lagi.
Kenali Dirimu Sendiri
Kenali dan pahami dirimu sendiri!
Apa yang menjadi kekurangan dan kelebihanmu, kamu harus mengetahuinya.
Perbaiki setiap kekuranganmu agar kamu lebih percaya diri serta terbukalah untuk hal-hal baru supaya semakin banyak kelebihanmu.
Kemampuan Beradaptasi
Dalam dunia kerja, kamu akan sering dihadapkan dengan berbagai situasi dan kondisi yang mengharuskan kamu untuk beradaptasi dengan cepat pada lingkungan atau keadaan tersebut.
Kamu harus mulai membiasakan diri untuk ramah dan murah senyum saat berbicara dengan rekan kerja.
Kamu harus luwes dan lincah.
Dan kamu juga harus memiliki pemikiran yang terbuka untuk menerima segala perbedaan. Bukan berarti memaksakan diri supaya kamu diterima dilingkungan kerjamu.
Asah kemampuan dan wawasanmu
Ketika sudah mengetahui kekurangan dan kelebihanmu, kamu wajib mengasah kemampuanmu agar kamu semakin percaya diri dalam lingkungan kerjamu.
Ada banyak referensi/fasilitas yang dapat kamu manfaatkan, seperti membaca buku, buku online atau berkunjung ke perpustakaan terdekat.
Pengetahuan yang berlimpah juga bisa kamu dapatkan melalui internet.
Lalu mulailah menjalin hubungan sosial ke masyarakat untuk mendapatkan relasi yang baik.
Selalu jadikan dirimu pribadi yang haus akan pengetahuan, wawasan dan pengalaman.
Menjadi pribadi yang konsisten
Tidak semua orang bisa bertahan di dunia kerja, bisa saja kamu gagal beradaptasi seperti yang telah dibahas pada poin di atas tadi.
Selain beradaptasi, kamu perlu tahu satu kunci dalam kesuksesan di dunia kerja yaitu KONSISTENSI.
Mayoritas orang yang memiliki konsistensi bisa mencapai kesuksesannya. Mengapa?
Karena dunia kerja selalu mengharapkan yang terbaik dari dirimu, saat kamu berhasil memberikan konsistensi tersebut, maka kamu berhasil.
Sebaliknya, saat konsistensi gagal dipertahankan (misalnya karena rasa malas), maka kualitas pekerjaan akan menurun. Hal ini tentu membuat perusahaan kecewa dan bisa saja mencari penggantimu.
Jangan pernah abaikan konsistensi dalam bekerja!
Menjadi Pendengar yang Baik
Hal ini merupakan aspek yang penting untuk mendapatkan apresiasi dan dihargai oleh rekan kerja lainnya.
Orang akan senang jika kamu mendengarkan nasehat-nasehat mereka dan jadilah pribadi yang siap menerima kritikan dari rekan kerja.