Ciri Perusahaan yang Baik dan Sehat – Versi Varashcareer

Ciri Perusahaan Yang Baik - Varashcareer.id

Pada artikel kali ini, kamu sebagai karyawan yang baik, produktif dan berkompeten harus mengetahui bagaimana ciri perusahaan yang baik dan sehat untuk kamu pertahankan.

Sebelum lanjut, perlu kamu garis bawahi sebuah kalimat “tidak ada yang sempurna”. Kalimat ini juga berlaku bagi perusahaan atau pekerjaan.

Nah, untuk mengetahui ciri perusahaan yang baik ternyata kita tidak bisa melihat dari berapa jumlah karyawan pada perusahaan tersebut. Tidak juga kita bisa menilai hal itu dari berapa omset dan keuntungan atau berapa gaji yang didapat karyawannya.

Masih ada hal-hal lain yang menjadi tolak ukur kita untuk mengetahuinya. Nah, berikut kita akan bahas apa saja yang menjadi bahan penilaiannya:

 

Lingkungan  yang Aman dan Nyaman

Mari kita mulai dari hal yang paling dasar. Siapapun kamu, apapun divisi pekerjaaanmu, kamu layak mendapat rasa aman dan nyaman di tempatmu  bekerja.

Dari mulai berangkat bekerja sampai mengerjakan rutinitasmu sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Kamu merasa kamu bisa menjadi diri kamu sendiri dalam pekerjaanmu dan tidak pernah merasa khawatir atau cemas dalam bekerja.

Sebagai contoh, kamu tidak akan berpikir seribu kali untuk berangkat kerja dan bertanya-tanya ketika sampai tempat kerja siapa saja yang akan melempar senyum lebar atau siapa saja yang akan melempar senyum kecut padamu.

 

Memiliki Visi dan Misi

Sebuah perusahaan tidak akan terbentuk dari membuat perusahaan dan merekrut karyawan lalu berjalan mengikuti arus.

Sebuah perusahaan harus memilii visi dan misi yang jelas. Bergerak di bidang apa, target setiap bulannya apa dan berapa, bagaimana harus mencari pelanggan dan mengikat hati para pelanggan.

Perusahaan yang baik juga akan menjaga sistem yang sudah baik, meningkatkan sistem yang kurang baik agar tetap mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain.

 

Memiliki Sumber Daya Manusia yang Berkompeten

Perusahaan yang baik dan sehat akan mencari atau merekrut calon karyawan yang berkompeten dan berkualitas. Perekrutan calon karyawan dalam setiap bidang pekerjaan akan memiliki tingkat dan fase yang berbeda.

Tentunya melalui berbagai macam proses penilaian sebelum diterima menjadi karyawan. Ini berarti, calon karyawan bukan hanya fresh graduate dengan IPK yang tinggi tapi tidak memiliki skill dan pengalaman sesuai dengan bidang pekerjaannya.

 

Prosedur Kerja yang Jelas

Sebuah perusahaan yang baik seharusnya sudah memetakan dengan baik dan mempekerjakan karyawan sesuai dengan bidang atau bagiannya masing-masing.

Jam kerja, job desc, hari libur juga harusnya sudah diatur didalam kontrak kerja. Meskipun nantinya karyawan harus menangani pekerjaan lain, tidak akan membuat kerja utamanya berantakan dan berdampak stress bagi karyawan.

 

Adanya Jenjang Karir dan Pengembangan Diri

Nah, ini adalah salah satu ciri perusahaan yang baik,  yang diminati banyak orang. Perusahaan seperti ini akan melakukan penilaian karyawannya setiap tahun.

Mengadakan outbound, workshop maupun pelatihan-pelatihan khusus untuk semua karyawan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sudah ada.

Adapun nantinya kualitas ini akan berpengaruh pada karir setiap karyawan. Perusahaan akan menyeleksi setiap karyawan yang ingin menaikkan level karir dengan cara yang adil dan harus melalui test dari managemen perusahaan seperti ketika melamar pekerjaan bukan karena like or dislike.

Hal ini dilakukan agar semua karyawan punya kesempatan yang sama dan bersaing secara sehat.

 

Baca Juga: Fresh Graduate Gagal Interview. Apa Penyebabnya?

Tunjangan untuk Karyawan dan Keluarga Karyawan

Perusahaan yang baik akan menunjang kehidupan dan kesejahteraan bagi seluruh karyawannya.

Selain memberikan hak gaji dan cuti setiap tahun, perusahaan akan memberikan reward berupa bonus tahunan kepada seluruh karyawan bahkan ada reward khusus untuk karyawan yang memiliki kinerja yang baik dan karyawan yang berkontribusi besar dalam perkembangan perusahaan.  

Perusahaan yang baik dan sehat juga akan memberikan tunjangan kesehatan untuk semua anggota keluarga yang meliputi istri/suami dan anak.

Untuk kamu yang sudah bekerja, itu beberapa poin penting agar kamu bisa menilai bagaimana keadaan perusahaan tempatmu bekerja sekarang.

Memang mendapatkan pekerjaan pada perusahaan yang memiliki ciri seperti diatas tidaklah mudah. Biasanya pihak perusahaan akan melakukan proses seleksi dengan sangat ketat.

Tapi, kamu jangan berkecil hati bila perusahaan tempatmu bekerja tidak memiliki semua poin diatas. Kamu masih harus banyak bersyukur jika poin terakhir ada di perusahaan tempatmu bekerja. Memiliki satu poin terakhir sudah bisa dikategorikan perusahaan yang baik dan sehat.

guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Company Profile Varash Group - Varash Saddan Nusantara
November 12, 2020 9:32 am

[…] Ciri-ciri Peruasahaan yang Baik dan Sehat  […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x