Biografi Jack Ma, Seorang Pembisnis
Biografi Jack Ma
\Siapakah Jack Ma?

Terdepak dari Orang Terkaya di China, Kekayaan Jack Ma Lenyap Rp22 ...

Sekilas Biografi Jack Ma

Siapa sih yang tidah tau pembisnis ternama di China ini. Jack Ma adalah pembisnis ternama beretnis Tionghoa yang mendirikan Alibaba Group.

Memang perlu diakui, Jack Ma semakin dikenal luas oleh dunia, karena ia berhasil menempati posisi orang terkaya di negeri tirai bambu China dan menempati pula posisi orang terkaya ke-23 di dunia.

Jack Ma merupakan sebuah definisi dari kerja keras tanpa batas dan menjadi bukti nyata kata bijak From Zero To Hero.

Ma terlahir di tengah keluarga yang sederhana. Ma sebenarnya bernama asli Ma Yun. Ia lahir pada tanggal 15 Oktober 1964, di Hangzhou, yang terletak di wilayah tenggara dari China.

Ma adalah tiga bersaudara yang mempunyai kakak laki-laki dan seorang adik perempuan.

Pada tahun 1972, menjadi titik awal Ma untuk bisa berjuang menjadi orang sukses.

Sebagai sesosok remaja yang kreatif dan berjiwa bisnis, Ma dulu menjalani hari-harinya dengan mengunjungi hotel utama yang ada di kotanya untuk menawarkan diri menjadi guide tour turis-turis dengan upah seadanya.

Tapi tujuan utama Ma menjadi guide adalah untuk memperdalam ilmu bahasa inggrisnya dan berkat pergaulannya selama kurang lebih 8 tahun dengan turis-turis membuat pikiran Ma menjadi terbuka memandang dunia.

Dan panggilan “Jack” akhirnya melekat padanya, hasil pemberian dari seorang turis yang akhirnya berteman akrab dengannya.

Kisah Perjalanan Jack Ma Mengejar Karir

Memasuki usia dewasa, Ma berkeinginan untuk kuliah, tetapi ia mendapat penolakan berkali-kali dari universitas tempat ia mendaftar. Akhirnya Ma mampu berkuliah di Universitas Keguruan Hangzhou, dimana ia belajar menjadi guru SMA mata pelajaran bahasa Inggris.

Setelah lulus kuliah pun Jack Ma sempat ditolak berkali-kali untuk pekerjaan yang dilamarnya. Sampai pada akhirnya dia mengaku sempat frustasi. Namun akhirnya Ma mendapat pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris.

Tak puas dengan gajinya yang tak cukup, beliau mencoba melamar pekerjaan lain. Ia akhirnya diterima sebagai sekretaris general manager KFC. Pekerjaan tersebut membuat Jack Ma berurusan dengan komputer dan internet.

Takjub dengan teknologi kala itu, Ma melakukan pencarian untuk kata kunci “beer” di mesin pencari Yahoo. Jack Ma terkejut karena ia mendapati tak ada satupun halaman website yang berasal dari China.

Dari pengalaman pahit itu, Ma menggagas ide untuk membuat bisnis internet yang saat itu hanya menawarkan jasa terjemahan bahasa China. Itulah cikal bakal perusahaan Alibaba yang Jack Ma dirikan empat tahun kemudian.

 

Perjalanan Jack Ma Dalam Merintis Alibaba

Proses pendirian perusahaan Alibaba tidak semulus yang orang kira. Dalam perjalanannya, Ma sering mendapat cemooh oleh orang-orang.

Banyak yang menganggap ide Jack Ma tidak akan berhasil. Ma juga mengaku bahwa pada mulanya para investor ragu dengan  model bisnis Alibaba dan menolak untuk berinvestasi.

Namun, Ma tidak mengeluhkan hal-hal tersebut. Ia tetap yakin akan visi dan misi yang diusung oleh Alibaba. Lambat laun, Ma mampu meyakinkan investor untuk berinvestasi di Alibaba.

Di tahun 1999, Jack Ma berhasil mengumpulkan 5 juta USD dari Goldman Sachs dan 20 juta USD dari SoftBank untuk digunakan Alibaba.

Berkat usahanya membesarkan Alibaba, Ma kini hidup berkecukupan. Di tahun 2014, Ma menawarkan saham Alibaba kepada publik lewat IPO di Amerika Serikat.

Lewat IPO itu, Alibaba mendapat kucuran dana sebesar 25 milyar USD dan dinilai sebagai IPO dengan nilai tertinggi sepanjang masa. Kala itu valuasi pasar Alibaba bernilai 231 miliar USD.

Berkat IPO tersebut, Jack Ma memiliki harta kekayaan (dihitung dari 38% saham Alibaba) sebesar 26,5 miliar USD menjadikan Ma orang terkaya di China dan terkaya nomor 23 sedunia.

Baca Juga: 15 Quotes Penyemangat Kerja 

Selalu Menjadi Inspirasi

Menjadi seorang milyarder membuat Jack Ma diundang di berbagai acara-acara penting.

Dalam setiap kesempatan tersebut, Ma selalu berpesan dan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk giat bekerja, jangan mengeluh dan harus bisa menggunakan waktu sebaik mungkin.

Bagi beliau kita semua memiliki satu aset yang sangat berharga yang kadang jarang disadari yakni waktu. Ma selalu menganjurkan kepada kita semua untuk menggunakan waktu sebaik mungkin.

 

Berikut Ada Beberapa Kata Kata Bijak Jack Ma

Once in your life, try something. Work hard at something. Try to change, nothing bad can happen. (Sekali dalam hidup Anda, cobalah sesuatu. Bekerja keraslah untuk sesuatu. Cobalah untuk mengubah, tidak ada hal buruk yang dapat terjadi).

You have got to keep trying, and if it doesn’t work, you always can revert back to what you were doing before. (Anda harus terus mencoba, dan jika itu tidak berhasil, Anda dapat kembali ke apa yang Anda lakukan sebelumnya).

You should learn from your competitor, but never copy. Copy and you die. (Anda harus belajar dari pesaing Anda, tetapi jangan pernah menyalin. Salin dan kamu akan mati).

If you don’t Give Up, you still have a chance, and when you are small, you have to be very focused and rely on your brain, not your strength. (Jika kamu tidak menyerah, kamu masih punya kesempatan. Dan, jika kamu kecil, kamu harus sangat fokus dan mengandalkan otakmu, bukan kekuatanmu).

Reform when you are in your best shape and before downturn sets in. It will be too late to fix the roof once it starts raining. Borrow an umbrella while the sun is still shining. (Berubahlah selagi kamu dalam kondisi terbaikmu, sebelum muncul hal-hal buruk. Akan terlalu lambat untuk membetulkan atap saat musim hujan terlanjur datang. Pinjamlah payung selagi matahari masih bersinar).

If there are nine rabbits on the ground and you want to catch one, just focus on one. (Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokus pada satu saja).

Itulah sekilas Biografi Jack Ma dengan kata-kata motivasinya, semoga kalian bisa mengambil makna yang tersirat dari setiap kata motivasi Ma untuk dijadikan acuan untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Rekomendasi
Artikel terkait