Apasih Itu Ice Breaking? Berikut Pengertian, Tujuan, Metode Dan Jenis-Jenisnya

Ice Breaking Untuk Peserta Pelatihan

Apasih Itu Ice Breaking ?

Haii Sahabat Career apa kalian tau apasih itu Ice breaking? Ice Breaking sendiri adalah proses kegiatan peralihan situasi dari kondisi yang menjenuhkan dan membosankan menjadi kondisi yang santai. dengan tujuan agar perhatian kembali tertuju pada materi yang diajarkan. Ice Breaking adalah dua kata yang mengandung makna “Memecah Es”. Istilah ini sering dipakai dalam training atau pelatihan dengan maksud menghilangkan suasana kebekuan yang kemungkinan terjadi karena beberapa factor seperti status, usia, pekerjaan, penghasilan, jabatan dan sebagainya diantara peserta training atau pelatihan. Proses dari Ice Breaking itu sendiri bermaksud agar dapat membuat peserta saling mengenal, mengerti dan bisa berinteraksi dengan baik antara satu dengan yang lainnya. Agar tidak ada dinding pemisah yang bisa menyebabkan pelatihan menjadi flat tanpa ada suasana yang menyenangkan.

Tujuan Ice Breaking

Berikut ini adalah beberapa tujuan diberikannya ice breaking dalam suatu training atau pelatihan yaitu:

  1. Menghilangkan dinding pembatas yang menyebabkan rasa canggung di antara peserta
  2. Terciptanya kondisi-kondisi yang equal (setara) antar sesama peserta.
  3. Tercipta kondisi yang dinamis di antara peserta.
  4. Memunculkan kegairahan (motivasi) antara sesama peserta untuk melakukan aktivitas selama training atau pelatihan berlangsung.
Metode Ice Breaking

Banyak metode yang dapat dilakukan dalam ice breaking diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan metode ceramah, pelatih/trainer dapat melakukan ceramah pembuka terlebih dahulu
  2. Metode studi kasus, memberikan kesempatan kepada peserta untuk ikut andil dalam memecahkan persoalan-persoalan.
  3. Menggunakan metode Simulasi dan Permainan, metode ini adalah metode yang paling mudah dilakukan, pelatih atau trainer mempersiapkan beberapa permainan yg akan diberikan kepada peserta untuk memecah kebekuan.

Ice Breaking

Jenis-jenis Ice Breaking

Jenis-jenis dalam Ice Breaking sangatlah beragam tergantung yang dibawakan oleh Trainer itu sendiri dengan melihat situasi dan kondisi tempat pelatihan. Biasanya ice breaking dibawakan dengan menggunakan media dan ada juga tanpa media alias tangan kosong. tapi kebanyakan ice breaking yang menggunakan media itu jauh lebih menarik perhatian para peserta. Tempat pelaksanaanya pun bisa dilakukan di indoor atau outdoor. Berikut adalah contoh beberapa jenis ice breaking yang sering digunakan :

 Yel-yel

Jenis Ice Breaking dengan yel-yel adalah contoh yang paling sederhana tetapi mempunyai tingkat “pemulih” yang paling baik dibanding jenis lain. Dengan menggunakan yel-yel sebagai bahan dari Ice Breaking akan dapat meningkatkan konsentrasi dan mendorong antusiasme peserta pelatihan yang tinggi untuk kelanjutan pelatihan.

Tepuk Tangan

Tepuk tangan biasanya digunakan untuk mengungkapkan ekspresi kegembiraan selain tertawa. Biasanya tepuk tangan ini dilakukan untuk mengungkapkan apresiasi yang diberikan kepada kita atau yang kita berikan kepada orang lain. Jenis tepuk tangan dalam ice breaking juga bisa digunakan untuk melatih konsentrasi peserta dan biasanya dikombinasikan dengan bernyanyi.

Menyanyi

Berdasarkan riset di lapangan, Ice Breaking jenis ini adalah yang paling banyak disukai oleh peserta pelatihan apalagi kalau pesertanya kebanyakan wanita. Untuk memecahkan kebekuan, bernyanyi yang dimaksud tidak harus dengan membuat lagu asli dari ciptaan kita sendiri, tetapi kita bisa menyanyikan lagu-lagu yang sedang trendi, tetapi dengan lirik yang diganti sesuai dengan tema pelatihan atau arahan dari trainer.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Motivasi Kerja

Menggerakkan Anggota Badan

Jenis ini biasanya digunakan dalam pelatihan jika terlihat para peserta sudah suntuk atau perlu peregangan setelah seharian berdiskusi atau presentasi. Maka dari itu perlu untuk menggerakkan anggota badan sehingga kondisi tubuh dan mental dapat tetap stabil. Jenis ini dapat dilakukan secara individual, berpasangan atau berkelompok.

Gerak dan Lagu

Jenis lagu ini hampir sama dengan jenis gerakan anggota badan, justru jenis ini lebih menarik, karena disertai dengan lagu. Contohnya seperti gerakan senam dengan diiringi lagu.

Trainer Ice Breaking

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ice Breaking 

Seorang pelatih/trainer haruslah mempunyai naluri (feeling) khusus yang kuat ketika melakukan proses ice breaking. Ia harus tahu saat peserta sudah lebur atau masih perlu dileburkan lagi. Ketika peserta belum lebur namun ice breaking sudah dihentikan,  ini akan menyusahkan sewaktu pemberian materi.

Saat melakukan ice breaking, seorang pelatih/trainer harus sudah dapat mendeteksi, (minimal beberapa orang dari peserta sudah masuk dalam memorinya) tentang potensi awal, sikap, sifat dan “karakteristik special” seorang peserta tersebut.

Waktu yang disediakan untuk melakukan ice breaking sangat kondisional, tergantung kepada tingkat keleburan peserta.

Itulah sekilas pengertian dari Ice Breaking, semoga bisa menambah wawasan kalian..

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x