5 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Konsentrasi Saat Bekerja
5 Makanan dan Minuman yang dapat tingkatkan konsentrasi

5 makanan dan minuman yang bisa meningkatkan konsentrasi saat bekerja

Pasti banyak diantara kalian yang sering merasa tidak fokus atau hilang fokus saat bekerja, Sering mengantuk, sering lupa kalau ada tugas tambahan yang urgent, sering melamun saat jam kerja, dan lain sebagainya.

Kalau sudah seperti itu, sepertinya selain harus istirahat yang cukup kamu juga perlu konsumsi makanan dan minuman ini.

Dilansir dari beberapa artikel kesehatan, berikut merupakan makanan dan minuman yang bisa meningkatkan konsentrasi otakmu. Yukk disimak..

 

Air putih

Tips bisa tingkatkan konsentrasi bekerja yang pertama yaitu air putih. Minuman yang satu ini telah menjadi kebutuhan pokok kita sehari hari karena setiap fungsi tubuh bergantung pada air, termasuk aktivitas otak dan sistem saraf. Maka dari itu dikatakan sebagian besar dari tubuh manusia itu terdiri dari air.

Jadi jangan pernah menganggap sepele air putih ya, karena jika kamu kurang minum air putih bisa membuatmu kehilangan fokus, kelelahan, menurunkan daya ingat, bahkan bisa menimbulkan sakit kepala, dan masalah kesehatan lainnya. Ingat, kamu perlu konsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari ya!

 

Dark chocolate

Studi yang dilakukan pada  tahun 2015 menemukan kalau mengonsumsi dark chocolate yang mengandung 60 persen kakao bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian. Kandungan flavonoid dalam cokelat meningkatkan fungsi kerja bagian-bagian otak.

Cokelat juga mengandung kafein, yang dikenal sebagai penguat otak untuk memori, mood dan fokus dalam kadar rendah. Kadar kafeinnya lebih rendah dari kopi sehingga tidak membuat sulit tidur, tetapi lebih tinggi dari teh hijau.

 

Pisang

Studi tahun 2008 menemukan bahwa siswa yang makan buah pisang sebelum ujian memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak.

Kandungan potasium, yang merupakan mineral penting yang penting dalam pisang, bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantungmu.

 

Telur

Studi menemukan kalau asupan omega-3 yang terkandung dalam telur bisa meningkatkan kinerja otak, termasuk dalam daya ingat, fokus, dan suasana hati.

Telur juga mengandung kolin, senyawa yang dapat membantu menjaga selaput otakmu tetap sehat.

 

Ikan salmon

Selain itu ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu membangun sel-sel otak.

Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan salmon juga bisa menjaga otak tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

 

Teh hijau

Tips untuk bisa meningkatkan konsentrasi bekerja yaitu teh hijau terdapat kandungan alami kafein yang bisa membantumu untuk lebih fokus.

Teh hijau mengandung kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi dan juga mengandung asam amino theanine.

Studi menemukan bahwa asam theanine bisa meningkatkan fokus atau daya konsentrasi otak kamu.

Diantara 5 makanan dan minuman yang bisa tingkatkan konsentrasi bekerja tersebut, kamu biasa mengonsumsi yang mana untuk menjaga fokusmu saat bekerja?

Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Diriset Sebelum Interview Kerja

Rekomendasi
Artikel terkait