Cara Mengkritik Yang Baik, Coba Beberapa Tips Ini..

Cara Mengkritik Yang Baik

Melihat orang lain melakukan hal yang membuat tidak nyaman pasti dapat memancing kita untuk mengeluarkan kritikan. Hal yang hendak disampaikan bisa jadi merupakan tanggapan yang positif, namun seringkali efek yang ditimbulkan justru sebaliknya. Salah paham dan kritik yang membangun bisa disalahartikan sebagai kecaman.

Apakah kamu pernah mengalami hal yang serupa? Salah dalam menyampaikan kritikan bisa jadi kamu malah dituding dengan berbagai macam hal. Menerima kritik dari orang lain memang terkadang bukan sesuatu yang mengenakkan, tetapi mengkritik orang lain juga tidak kalah menyakitkan jika dilakukan dengan sembarangan. Nah, agar kritik kamu bisa diterima dengan baik oleh lawan bicara, coba lakukan beberapa trik di bawah ini, yuk disimak..

Momen personal

Seburuk apa pun rasa tidak nyaman atau rasa marah yang kamu rasakan, usahakan dalam penyampaian kritikan diakukan dalam momen personal. Hanya berdua saja. Pastikan hanya ada kamu dan orang yang harus menerima kritikan, dan tidak ada orang lain di sekitar. Hindari memberi kritikan di depan umum, apalagi dengan meneriaki orang yang akan kamu kritik, yang ada kamu akan semakin dibenci. Cara Meredam Rasa Marah

Kritik tindakan, bukan orangnya

Hindari menyerang orang yang hendak kamu kritik. Emosi terkadang membuat lupa untuk membedakan antara tindakan dan pelaku. Sebaiknya yang dilakukan adalah kritik tindakannya bukan orangnya untuk menghindari dendam terhadap orang yang kamu kritik.

Awali kritik dengan pujian

Orang akan lebih senang menerima masukan atau kritikan ketika hatinya sedang riang. Ciptakan suasanya yang menyenangkan dan bersahabat, kemudian baru sampaikan kritikan.

Beri kesempatan

Beri kesempatan kepada orang yang kamu kritik untuk menyampaikan pendapat. Hal ini penting untuk menjaga ego kamu agar tidak mendominasi pembicaraan agar tidak membuat lawan bicara  merasa disudutkan. Kritik yang kamu sampaikan juga akan lebih terbuka dan adil jika tidak ada yang mendominasi pembicaraan.

Sediakan solusi

Pastikan kamu mempunyai solusi yang bisa ditawarkan setelah menyampaikan kritikan. Hal ini bisa berguna untuk melatih kamu tidak hanya bisa dalam menyampaikan kritikan. Nilai plusnya, kamu juga tidak akan dituding memiliki dendam pribadi pada lawan bicara kamu.

Satu kritikan untuk satu kesalahan

Sebaiknya kamu fokus terhadap satu masalah yang akan dikritik. Jika terlalu banyak masalah yang dikritik, kamu bukannya dicap kritis tetapi malah akan dianggap bawel. Selain itu, belum tentu orang yang kamu kritik akan ingat semua hal yang disampaikan. Hindari mengungkit masalah yang lalu. itulah beberapa cara mengkritik yang baik dan bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. semoga bermanfaat ya..

Baca Juga : Tanda-tanda Buruk jika Kamu Sebenarnya Butuh Liburan

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x