Kecerdasan Mengenai Keuangan Yang Wajib Dikuasai
Kecerdasan Mengenai Keuangan Yang Wajib Dikuasai

Kecerdasan Mengenai Keuangan Yang Wajib Dikuasai

Memiliki kecerdasan akademik yang bagus tidak serta merta dapat membuat kita lebih cerdas dalam urusan keuangan.

Urusan uang tidak mengenal gelar dan umur maka tidak heran, banyak orang yang tiba-tiba menjadi bodoh saat berhadapan dengan urusan keuangan.

Kita perlu meluangkan waktu untuk mempelajari keterampilan finansial secara khusus jika kita ingin mahir dalam menghasilkan dan mengelola uang kita.

Berikut ada 5 kecerdasan mengenai keuangan agar dapat memperkaya pemahaman kita tentang keuangan

 

Cerdas menghasilkan uang.

Kecerdasan ini dilihat dari kemampuanmu menghasilkan uang saat kamu tidak memiliki apa-apa. Elemen pertama dalam membangun kekayaan bukanlah uang itu sendiri, namun kemampuanmu dalam menciptakan nilai bagi orang lain dan mengubahnya menjadi uang. 

Pertanyaannya adalah Jika saat ini kamu kehilangan pekerjaan atau bisnis, apa yang akan kamu lakukan untuk menghasilkan uang? Jawaban ini menentukan seberapa cerdas kamu dalam menghasilkan uang.

 

 Kecerdasan melindungi keuangan.

Banyak orang pandai menghasilkan uang tetapi sangat buruk dalam melindungi uang yang mereka hasilkan. Ciri-ciri orang yang masih perlu dilatih dalam melindungi uang yaitu mereka yang mudah tergiur dengan penawaran.

Seperti penawaran belanja konsumtif, investasi yang tidak jelas, atau tawaran peluang bisnis yang menggiurkan namun kita tidak memahami bidangnya.

Akibatnya, kita menyalurkan uang ke saluran-saluran yang tidak jelas dan tidak terukur. Seperti ibarat memiliki keran air yang menghasilkan banyak air, namun kolam yang digunakan untuk menampungnya bocor.

 

Cerdas mengalokasikan keuangan.

Orang yang pandai dalam mengalokasikan uang sudah pasti memilki panduan yang jelas. misalnya berapa persen yang digunakan untuk konsumsi, investasi, dan yang digunakan untuk sedekah dll.

Mereka punya patokan anggaran yang jelas sehingga pengelolaan keuangan mereka pun lebih terarah. Sekecil apapun penghasilan, mulailah membuat alokasi yang jelas, akan dialokasikan kemana saja penghasilan tersebut.

 

Kecerdasan  dalam mengungkit uang.

Artinya bagaimana menggunakan tenaga kecil untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. Mengungkit uang memiliki arti yang sama. Bagaimana menggunakan uang kecil untuk mendapatkan uang yang lebih besar.

Tiga orang yang memiliki uang yang sama, katakanlah satu juta, bisa jadi memiliki akhir yang berbeda bergantung bagaimana mereka mengolah uang yang mereka pegang.

Ada yang mungkin berakhir dalam kondisi berhutang, ada yang menghasilkan dua juta rupiah. Atau ada juga yang mungkin berhasil menghasilkan sepuluh juta rupiah dari uang satu juta yang mereka miliki. 

 

Cerdas dalam mencari informasi keuangan.

Faktor utama untuk melatih keempat kecerdasan di atas adalah kecerdasan kelima ini yaitu kemampuan kita untuk mencari informasi keuangan dari sumber yang valid.

Tanpa informasi keuangan yang benar, kita tidak akan berhasil menghasilkan dan mengembangkan uang kita sesuai yang kita harapkan. 

informasi yang tidak berkualitas juga dapat membuat kita tidak mampu membaca peluang yang tepat. Salah satu nasehat paling berharga mengenai hal ini adalah invest your time before invest your money. Itulah 5 kecerdasan mengenai keuangan yang wajib dikuasai, semoga bermanfaat yaa.. 

Baca Juga : Cara Menguasai Skill Apapun Dengan Cepat

Rekomendasi
Artikel terkait