Apa Definisi Dari Kebahagiaan ?
Apa Definisi Dari Kebahagiaan

Apa Definisi Dari Kebahagiaan ?

Banyak orang ketika ditanya mengenai “apa itu sukses” jawaban termudahnya yaitu sukses adalah bahagia. Maka tidak heran, para orang tua saat menasehati anaknya, seringkali mereka berkata: “Kami ingin kamu bahagia” – pertanyaannya, apakah yang dimaksud dengan kebahagiaan? Apakah semua kebahagiaan bernilai sama? Apa kamu sudah pernah merasakan kebahagiaan? Kebahagiaan apa saja yang pernah kamu rasakan?

Richard Shell dalam bukunya “Springboard: Launching Your Personal  Success” mengatakan tidak semua kebahagiaan diciptakan sama. Menurutnya, ada tiga macam kebahagiaan, seperti dibawah ini: 

 

Momentary Happiness.

Kebahagiaan yang pertama ini biasanya kita rasakan saat kita menikmati momen demi momen saat ini. Kebahagiaan saat kita melakukan apapun itu. Entah ngobrol dengan teman, jalan-jalan bersama keluarga, ngopi atau sekadar menikmati makanan yang enak lalu kita merasakan emosi Bahagia. ini yang kita sebut dengan momentary happiness.

Kunci untuk mendapatkan momentary happiness adalah fokus di sini saat ini, menikmati apapun yang kita kerjakan saat ini.

Overall Happiness.

Overall Happiness adalah kebahagiaan yang dirasakan saat menjawab pertanyaan: apakah hidupku bahagia? Ini adalah kesimpulan umum dan penilaian positif terhadap keseluruhan hidup kita. Kita melihat masa lalu dan melihat masa depan, lalu mengevaluasi secara keseluruhan dan kamu merasa puas, inilah kebahagiaan yang kedua.

Menurut penelitian, ada empat hal yang dapat meningkatkan kebahagiaan kedua ini.

  • Kesehatan yang baik.
  • Terwujudnya sebuah tujuan jangka panjang.
  • Hubungan baik dengan pasangan.
  • Menghasilkan banyak uang. (Dengan ini berarti uang masih bisa digunakan untuk membeli kebahagiaan yaa hehe)

 

Deep Happiness

Kebahagiaan yang ketiga muncul saat kita menyadari makna hidup kita. Saat kita merasa terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari kita. Saat kita mendapatkan makna dari apa yang kita lakukan setiap hari. Memiliki pekerjaan yang bermakna adalah salah satu sarana mendapatkan kebahagiaan jenis ini. apa definisi dari kebahagiaan.

Refleksi:

  • Apakah kamu merasa bahagia saat ini?
  • Dari ketiga jenis kebahagiaan di atas, kebahagiaan mana yang lebih sering kamu rasakan?
  • Bagaimana agar kamu semakin sering merasa bahagia? Apa saja yang bisa kamu lakukan?

Baca Juga : Tips Bangkit Dari Kegagalan

Rekomendasi
Artikel terkait