Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Pekerja Full Time
Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Pekerja Full Time

Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Pekerja Full Time

Seseorang yang bekerja full-time biasanya sangat sulit membagi waktu jika ingin mencari penghasilan tambahan diluar pekerjaan pokoknya. atau penuh waktu tak perlu ragu untuk memulai bisnis sambil bekerja untuk menambah penghasilan. 

Walaupun sibuk seharian di kantor, kamu pasti punya waktu luang, seperti saat pulang kerja dan di akhir pekan. Manfaatkan kesempatan itu untuk membuka usaha sampingan.

Tapi jangan paksakan diri untuk memulai usaha yang dapat mengganggu fokus dan produktifitas kamu di kantor. Carilah peluang usaha yang lebih fleksibel untuk dijalankan sembari bekerja penuh waktu. 

Nah, berikut beberapa rekomendasi bisnis sampingan yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kamu sebagai karyawan. 11 Pola Pikir untuk Berani Memulai Bisnis 

Online Shop

Banyak sekali jenis produk yang bisa dijual secara online. Contohnya kamu bisa menjual pakaian, aksesoris, makanan, mainan, dan sebagainya.

Mengelola bisnis online shop ini tidak akan mengganggu pekerjaan pokokmu. Kamu dapat gunakan waktu senggangmu di kantor untuk meng-update media sosial bisnis kamu dan membalas pesan dari pembeli.

Kemudian, setelah pulang dari kantor, kamu baru mengemas barang pesanan dan mengirimkannya kepada pembeli.

Multi Level Marketing

MLM atau Multi Level Marketing dipandang negatif oleh sebagian orang. Padahal, jenis bisnis ini boleh dijalankan dan dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Dengan menjalankan bisnis MLM ini, kamu bisa mendapatkan komisi hingga bonus jalan-jalan atas penjualan produk yang kamu hasilkan maupun rekanan yang kamu rekrut.

Namun, berhati-hatilah ketika bergabung dengan perusahaan MLM. Pilihlah yang sudah terpercaya, seperti Oriflame, Amway, Herbalife, dan Tupperware. Tapi tidak menutup kemungkinan bisnis MLM yang lain juga dapat menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. 

 

Jual Pulsa atau Kuota

Ini adalah bisnis sambilan yang sangat mudah dijalankan dan modalnyapun bisa kamu sesuaikan. Kamu cuma butuh smartphone dan kemudian mendaftarkan diri untuk menjadi agen pulsa untuk pembelian pulsa telepon, pulsa listrik, kuota internet dan lain-lain.

Dan jika sudah selesai mendaftar, kamu sudah bisa berjualan pulsa memakai aplikasi dari operator kamu. Lalu tawarkan kepada kerabat, tetangga, dan teman-teman yang sedang membutuhkan pulsa dan kuota internet.

Bisnis Freelance

Bisnis freelance sangat cocok untuk menjadi pekerjaan sampingan. kamu bisa mengerjakannya dari rumah dan nanti pembayaran atas jasamu itu dapat dilakukan melalui transfer oleh klien kamu setelah pekerjaan selesai.

Karena yang mengatur pekerjaan adalah dirimu sendiri, maka kamu harus memperhatikan deadline. Pastikan kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar klien senang dan usahamu tetap  lancar.

Kamu bisa memanfaatkan keahlian atau ketrampilanmu untuk memulai bisnis freelance ini. Seperti menawarkan jasa menulis artikel, desain grafis, pembuatan website, dan sebagainya.

 

Bisnis Musiman

Bisnis musiman yaitu bisnis yang dilakukan pada periode-periode tertentu. Seperti, berjualan makanan atau minuman di pasar malam yang berlangsung selama beberapa hari atau pada saat car free day.

Ini berarti kamu sendiri yang menyesuaikan waktumu untuk berdagang. Jika kamu sempat, baru kamu berjualan untuk mencari uang tambahan. Itulah 5 bisnis sampingan yang cocok untuk pekerja full time. kamu bisa menentukan sendiri bisnis mana yang akan kamu jalani sesuai agar tidak mengganggu pekerjaan pokokmu.

Baca Juga : Definisi Dari Kebahagiaan

 

Rekomendasi
Artikel terkait