Apasih Pengertian Dari Coaching, Berikut Penjelasannya..
Apasih Pengertian Dari Coaching

Apasih pengertian dari Coaching?

Coaching yaitu melatih, mengajar, menginstruksikan, memberikan saran kepada tim atau seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. 

Menjadi seorang coach yang efektif tidaklah mengajarkan atau menginstruksikan sesuatu, tidak juga memberikan saran atau solusi bagi orang yang di coachingnya. Namun mereka tetap mampu membantu coachee-nya untuk belajar dan bertumbuh.

 Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengajukan pertanyaan. Tentu saja bukan sembarang pertanyaan. Namun pertanyaan-pertanyaan yang dapat memicu kesadaran diri dan memprovokasi tindakan kreatif

Coaching biasanya melatih seseorang untuk mengelola cara kerja otaknya sehingga mampu menghasilkan performa yang lebih baik, mampu menjadi pemimpin bagi diri sendiri, mampu menjadi manusia pembelajar, mampu menyesuaikan dengan kondisi sekarang untuk terus berkembang dan tumbuh, serta mampu mengaktualisasikan ide dan pemikirannya sehingga orang tersebut bisa mengandalkan diri sendiri untuk menghasilkan keputusan dan tindakan yang “lebih” baik lagi. 

Manfaat Coaching Dalam Sebuah Perusahaan

Untuk meningkatan motivasi karyawan. Dengan meningkatnya motivasi karyawan, maka akan berdampak kepada produktivitas kerja.

Meningkatkan performa individu dan tim. Dengan adanya coaching, karyawan akan menjadi pribadi yang lebih kreatif, coaching juga dapat meningkatkan team work.

Membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Dengan melakukan coaching, maka karyawan akan menjadi pribadi yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan hubungan antar karyawan.

Jadi dengan meningkatnya kinerja karyawan, maka akan berdampak kepada hasil yang luar biasa bagi perusahan seperti meningkatnya omzet penjualan.

Ada 3 Tipe Coaching Secara Umum Yaitu:

The Movement Enthusiast, tipe lebih menyukai coaching yang bergerak, selalu energik dan antusias. Tipe ini biasa berupa pelatihan bootcamp dengan jumlah peserta yang banyak. Tipe ini efisien untuk melatih team work dari suatu perusahaan.

The Verbal Scientist, tipe ini lebih mendalami teori pelatihan. Tipe ini lebih mendalami pamahaman terhadap teori yang ingin ditingkatkan oleh perusahaan. Tipe ini lebih mengutamakan komunikasi dengan klien secara personal dan efektif untuk meningkatkan keterampilan klien tersebut.

The Quiet General, tipe ini merupakan tipe coaching yang paling teknis dari yang lain tetapi tidak komunikatif. Hal ini karena tipe ini lebih melihat bagaimana karyawan/klien bekerja secara teknis dan kemudian mengelompokkannya sesuai hasil kinerja mereka dimana mereka dapat bekerja secara efektif.

Dari uraian diatas dapat dilihat bahwa apasih pengertian dari coaching sangat berguna bagi perusahaan dan tipe coaching yang baik diterapkan oleh perusahaan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri.

 Baca Juga : Cara Melatih Disiplin Diri

Rekomendasi
Artikel terkait