6 Tanda Gaji Bulanan Belum Mencukupi Kebutuhanmu
6 Tanda Gaji Bulanan Belum Mencukupi Kebutuhanmu

6 Tanda Gaji Bulanan Belum Mencukupi Kebutuhanmu

Merasa gajimu cepat habis padahal masih pertengahan bulan? Kalau kamu merasakan hal ini, bisa jadi ada kekeliruan dalam mengelola keuangan, terlalu boros, atau mungkin emang gajimu yang segitu-gitu aja.

Nah, kalau ternyata hal-hal ini yang selalu kamu keluhkan setiap harinya, tandanya gaji bulananmu masih kurang mencukupi. Berikut 6 tanda gaji bulanan belum mencukupi kebutuhanmu..

Kesulitan menentukan tagihan yang harus di prioritaskan terlebih dahulu

Misalnya kamu punya tagihan kost dan kendaraan, tapi karena keterbatasan uang, kamu menjadi kebingungan untuk memilih tagihan mana dulu yang harus diprioritaskan.

Ini saatnya kamu menyadari bahwa gajimu nggak mencukupi. Belum lagi kalau kamu harus berutang demi bisa melunasi tagihan-tagihan yang tidak bisa kamu bayarkan.

 

Selalu kehabisan uang sebelum akhir bulan

Bagus memang ketika kamu selalu bisa memprioritaskan pembayaran tagihan ketika gaji turun.

Tapi setelah itu jika uangmu hanya cukup untuk makan sehari sekali, atau parahnya lagi uangmu itu habis di pertengahan bulan, artinya gajimu memang tidak bisa memenuhi kebutuhan bulananmu.

 

Menjadikan kartu sebagai uang tambahan

Jika setiap akhir bulan kamu hampir selalu pakai kartu kredit untuk membayar segala pengeluaran, artinya kamu merasa nggak cukup dengan gajimu saat ini.

Padahal layanan kredit bukanlah tambahan uang, melainkan hanya sebagai metode bantuan di mana kamu tetap punya kewajiban untuk membayarnya kembali. Tentu saja hal ini nggak menyelesaikan masalah dan malah menumpuk utang.

 

Memenuhi kebutuhan pokok saja pas-pasan

Idealnya, setiap orang punya dana darurat di luar tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tapi karena gajimu yang pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan harian, kamu jadi nggak punya sisa uang untuk disimpan sebagai dana darurat apalagi tabungan. Gajian-habis, gajian-habis, ini sudah pertanda buruk bagimu.

 

Keterbatasan gaji yang selalu memunculkan rasa khawatir

Kalau kamu sampai nggak bisa tidur bahkan hingga sakit memikirkan gimana caranya bisa bayar kost atau cicilan tagihan, tandanya kondisi finansialmu benar-benar sudah payah.

Segera pikirkan cara untuk mendapatkan gaji tambahan agar bisa segera keluar dari permasalahan keuanganmu itu.

 

Tujuan finansial sulit dicapai karena penghasilan yang tidak ada peningkatan

Sebenarnya kamu punya angan-angan seperti halnya beli rumah, beli perabot baru, atau yang sederhana saja dengan bisa melunasi semua utang-utangmu.

Tapi semua impian itu rasanya mustahil diwujudkan karena perputaran uangmu yang hanya berhenti di situ-situ aja dan tidak ada peningkatan. Yang ada cuma tumpukan utangmu.

Ada berapa keluhan di atas yang cocok dengan kondisimu sekarang? Kalau kamu merasa mengalaminya, segeralah mencari pekerjaan baru yang memberimu gaji lebih besar atau menambah penghasilan dari pekerjaan lain. Bangkitlah dan jangan biarkan dirimu terkubur oleh utang dan kesengsaraan!

Baca Juga : Cara Meminimalisir Kecanduan Medsos

Rekomendasi
Artikel terkait