Ini Akibat Jika Kamu Sering Mengeluh di Kantor
Ini Akibat Jika Kamu Sering Mengeluh di Kantor

Ini Akibat Jika Kamu Sering Mengeluh di Kantor

Mengeluh adalah hal yang wajar. Sifat itu adalah sifat alamiah manusia. Tapi, terus-menerus mengeluh pun tidak baik, apalagi jika keluhan itu isinya adalah tentang pekerjaan.

Namun, jika kamu terus-menerus mengeluh tentang pekerjaan dan perusahaan tempatmu bekerja, berhati-hatilah. Sebab, ada beberapa hal yang mungkin terjadi jika kamu terus mengeluh. Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

Kamu Akan Dicap Tidak Produktif 

Bagaimana kamu bisa produktif bekerja kalau sehari-hari kerjaan kamu suka mengeluh? tanpa memikirkan tanggung jawab yang harus kamu lakukan selaku karyawan sebuah perusahaan.

Sebenarnya waktu yang kamu habiskan saat kamu mengeluh, mungkin cukup untuk memikirkan banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Beralihlah ke hal-hal yang sifatnya lebih substantif, daripada terus mengeluh perihal sesuatu yang sebenarnya tidak penting.

 

Jadi Bahan Omongan Orang

Saat kamu dengan berani mengeluh soal perusahaan, maka orang akan berpikir dan berasumsi: apakah kamu juga mengeluh soal mereka? Kamu akan dianggap sosok yang tidak punya empati dan terlalu kritis.

Jangan perlihatkan diri kamu seperti itu. Caranya ya jangan banyak mengeluh, karena saat kamu mengeluh, maka akan muncul kesan bahwa hanya kamu saja yang sempurna, sedangkan orang lain banyak cacatnya. Tidak enak, bukan?

 

Sulit Dipercaya Orang

Jika kamu terus menerus mengeluh, maka kamu akan jadi orang yang tidak dipercaya. Misal dalam sebuah rapat, bisa jadi pendapatmu tentang pekerjaan di kantor tidak akan didengar dan dianggap sebagai pendapat negatif, karena kredibilitasmu sudah tercoreng sebagai si pengeluh.

Padahal, mungkin, idemu itu bagus untuk perusahaan. Tampilkan pesona yang bagus, maka idemu akan didengar. Kuncinya, ya, jangan banyak mengeluh.

Dianggap Sulit Menerima Perubahan

Perubahan dalam perusahaan akan selalu terjadi. Perubahan ini, tentunya, harus dijalankan oleh semua karyawan, tanpa kecuali. Nah, jika kamu dikenal sebagai seorang yang pengeluh, maka akan ada efek lain yang kamu terima.

Jika kamu dianggap sebagai sosok pengeluh, maka orang akan menganggap kamu tidak bisa menerima perubahan. Maka, janganlah mengeluh, cepatlah menerima perubahan atau beradaptasi secara cepat di perusahaan.

 

Dianggap Sebagai Sosok yang Tidak Bertanggung Jawab

Sosok yang pengeluh, biasanya akan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang mereka buat. Hal ini tentu tidak baik, karena jika memang kamu berbuat salah, seharusnya kamu jantan dan mengakui kesalahan tersebut.

Semakin tinggi posisi yang kamu dapat di sebuah perusahaan, maka akan semakin besar tanggung jawab yang kamu emban. Jika kamu gemar mengeluh, maka kamu akan dianggap sosok yang tidak bertanggung jawab. Tentunya hal itu akan membuat kamu susah naik posisi di perusahaan, karena orang sudah kadung mengganggap kamu lepas tangan dari masalah. Cara Menikmati Pekerjaan

Susah Mendapatkan Teman

Type-type orang yang suka mengeluh, membuat orang-orang akan berpikir dua kali sebelum mereka mau bicara denganmu. Dampaknya, dalam setiap proyek kerja, maka kamu akan dijauhi karena kamu dianggap tidak bisa berpikir jernih. Itu adalah dampak-dampak yang bisa kamu dapat jika kamu kebanyakan mengeluh di kantor.

Ini akibat jika kamu sering mengeluh di kantor. Tak selamanya mengeluh itu baik, karena tanpa sadar kamu sudah memaparkan hal negatif pada orang-orang. Lalu, tentunya, yang harus kamu ingat adalah bukan hanya kamu saja yang punya masalah. Orang lain, rekan kerja kamu, mungkin memiliki masalah lebih besar, namun mereka pandai menutupinya.

Baca Juga: Check Pekerjaan yang Cocok Untuk Kepribadianmu

Rekomendasi
Artikel terkait