5 Penyebab Gagalnya Teamwork di Sebuah Perusahaan
5 Penyebab Gagalnya Teamwork

5 Penyebab Gagalnya Teamwork

Kerjasama tim memang sangat penting dalam sebuah perusahaan.  Suatu kerjasama bahkan lebih penting dari yang namanya skill dan finansial. Namun, seringkali dalam sebuah tim tidak bisa bekerjasama dengan baik.

Sebuah tim itu sendiri terdiri dari para karyawan yang memiliki keinginan, kekurangan dan kelebihan yang berbeda. Hal-hal tersebut biasanya menjadi dasar perbedaan yang menyebabkan sebuah tim gagal bekerjasama.

Sebuah tim yang tidak bisa bekerjasama dengan baik akan kehilangan inovasi, efektivitas dan efesiensi kerja. Hal ini akan berpengaruh pada produktifitas dan kinerja.

Selain itu, perusahaan kehilangan cara yang efektif dalam memberikan informasi dan pembelajaran, sehingga budaya kerja pun menjadi luntur. Berikut ada 5 penyebab gagalnya teamwork, yukk disimak..

 

Hilangnya Kepercayaan

Sebuah tim kerja membutuhkan rasa saling percaya antara para anggotanya. Kepercayaan datang dari kejujuran dan keterbukaan.

Seringkali, seorang karyawan tidak mau mengakui kesalahan yang sudah dilakukannya atau kelemahan yang dimilikinya.

Untuk itu, semua anggota tim hendaknya mau mengakui keterbatasan yang dimilikinya. Cara Menjadi Pribadi yang Terbuka

 

Menghindari Konflik

Perbedaan yang berujung konflik bisa terjadi diantara anggota tim. Apalagi jika sudah ada rasa tidak percaya sebelumnya. Namun, sebuah konflik tetap harus dihadapi.

Hanya saja, selesaikan setiap konflik dengan cara yang bijak. Salah satunya, dengan keterbukaan dan melakukan diskusi yang produktif dan rasional.

Hilangnya Komitmen Dalam Tim

Berakhirnya konflik biasanya ditandai dengan adanya pengambilan keputusan dan penerapan aturan. Tapi, apakah setiap karyawan memiliki komitmen untuk menjalankan keputusan dan aturan tersebut?

Untuk itu, kita harus memastikannya, karena hilangnya komitmen bisa menjadi penyebab kegagalan kerjasama dalam sebuah tim.

Tidak Adanya Rasa Tanggung Jawab

Jika komitmen sudah memudar, maka rasa tanggung jawab pun akan mudah hilang. Setiap karyawan akhirnya enggan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugasnya dengan baik.

Untuk mengatasi hal ini diperlukan adanya peraturan yang jelas dan rutin disosialisasikan, mereview progress, serta bisa juga dengan memberikan reward bagi karyawan yang berprestasi agar dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan tersebut.

Mengabaikan Tujuan Bersama

Kalau rasa tanggung jawab sudah tidak ada, maka setiap anggota tim akan mudah menghiraukan visi dan misi yang dimiliki. Jika ini terjadi, maka tim tersebut sudah gagal bekerjasama.

Oleh karena itu, penting untuk memupuk rasa kepercayaan, menyelesaikan konflik, berkomitmen dan memiliki rasa tanggung jawab. Hal-hal tersebut diperlukan agar kegagalan tidak terjadi dan kerjasama tim bisa berjalan baik.

Baca Juga: Tips Lebih Berani Berpendapat di Kantor

Rekomendasi
Artikel terkait