5 Percakapan Yang Dapat Memotivasi Bawahan
5 Percakapan Yang Dapat Memotivasi Bawahan

5 Percakapan Yang Dapat Memotivasi Bawahan 

Sebagai atasan, kamu tidak boleh egois, kamu juga harus sensitif dengan perasaan karyawan. Bagaimanapun mereka adalah rekan satu timmu. Bila karyawan dapat bekerja dengan baik tentunya ini akan menunjang kinerja kamu juga bukan?

Makanya jangan segan-segan memberikan komplimen sebagai berikut kepada bawahan. Berikut ada beberapa hal yang bisa kamu tunjukan kepada bawahan.

Terimakasih

Ucapkan terimakasih atas apapun yang dikerjakan bawahan dapat menunjukkan apresiasimu atas apa yang mereka kerjakan.

Makanya, jangan pelit mengucapkan terimakasih. Sebagaimana kamu ingin dihargai demikian juga bawahan ingin dihargai.

Perbedaan antara kamu dengan bawahan hanyalah pada status jabatan. Dan sudah sejatinya kamu mengayomi bawahan dan menjadi contoh yang baik dari hal kecil sekalipun.

Apa Kabar

Pertanyaan “apa kabar” jangan dianggap basa-basi. Dengan menanyakan kabarnya, bawahan akan merasa kamu adalah sosok pemimpin yang baik dan perhatian.

Misalnya kamu menyapanya saat dia baru balik dari cuti ataupun memulai hari di bulan pertama ataupun saat kamu tahu dia baru sembuh dari sakit. Perhatian yang kecil bisa memompa semangatnya, Percayalah.

Apakah Ada Kesulitan?

Percakapan yang bisa memotivasi bawahan selanjutnya adalah Jangan enggan menanyakan kepada bawahan apakah dia menemukan kesulitan saat mengerjakan tugasnya. Dengan kamu menanyakan demikian, bawahan dapat tahu kalau kamu memberi perhatian yang intens kepadanya.

Siapa tahu bawahan segan mengatakan ataupun mengungkapkan unek-uneknya sehingga perlu dipancing dengan pertanyaan. Jangan heran, ada bawahan dengan sikap demikian lho. Karena karakteristik orang berbeda-beda.

Bagaimana keluarga?

Tanyakan mengenai kondisi keluarganya. Apalagi jika ternyata bawahanmu tersebut baru melahirkan, orangtuanya baru sembuh dari sakit ataupun baru menempati rumah baru. Jangan malas menanyakan hal-hal sepele demikian.

Karena dengan pertanyaan-pertanyaan ini kamu bisa mengenal bawahanmu tanpa kamu sadari. Dan ini bukan sekadar basa-basi saja, kalau kamu bisa menjalin hubungan yang hangat dengannya akan berdampak pada kinerja yang semakin baik.

Makan siang bareng yuk

Ajakan makan siang bareng juga akan membuat bawahan merasa kamu ngeh dengan kehadirannya. Jangan salah ada banyak bawahan yang merasa atasannya kurang perhatian dengan dirinya.

Bahkan bisa jadi dia merasa atasannya tidak tahu nama lengkapnya. Jadi ajakan makan siang itu bisa kamu lakukan sembari bisa mengenal lebih jauh lagi kepribadian karyawanmu. Itulah 5 Percakapan Yang Dapat Memotivasi Bawahan.

Baca Juga : 5 Tempat Pelarian Saat Suntuk Melanda di Kantor

Rekomendasi
Artikel terkait