Tips Jitu Kuasai Skill Dengan Cepat
Tips Jitu Kuasai Skill Dengan Cepat

Tips Jitu Kuasai Skill Dengan Cepat

Menguasai sebuah skill baru menjadi sebuah kebutuhan pasti di era sekarang ini, karena tuntutan pekerjaan atau suatu kebutuhan untuk pengembangan diri. Tapi sayangnya, banyak orang yang ingin menguasai skill baru namun beralasan tidak mempunyai waktu untuk mempelajarinya. Padahal, sebuah skill baru dapat dikuasai dengan cepat jika kita memahami prinsip-prinsipnya.

Kali ini akan dibagikan prinsip-prinsip yang sudah terbukti bermanfaat dalam proses menguasai berbagai skill. Mari kita mulai bahas prinsip-prinsipnya. Ada lima tips jitu kuasai skill dengan cepat. yuk disimak..

 

Temukan Alasan Pribadi Kenapa Ingin Menguasai Skill Tersebut.

Dengan menemukan alasan pribadi ini akan menjadi pemicu yang membuat kamu mampu bertahan dalam proses menguasai skill tersebut. Tanpa alasan pribadi yang kuat, kamu akan mudah berhenti di tengah jalan sebelum mendapatkan apa yang diinginkan.  Jadi, temukanlah alasan pribadi kenapa ingin menguasai skill tersebut? Mengapa menguasai skill tersebut penting bagimu?

 

Pecah Skill Yang Kompleks Menjadi Beberapa Sub-Skill.

Pada awal mempelajari sebuah skill, wajar merasa bingung dan kewalahan dikarenakan terlalu banyak informasi baru yang masuk ke kepala kamu. Maka dari itu pecahkanlah dan petakan skill baru menjadi beberapa sub-skill yang sederhana.

Buat sub-skill tersebut sesederhana mungkin, agar mudah bagi kamu untuk menguasainya. Misalnya, pada saat awal bermain Keyboard sangat banyak hal yang perlu dikuasai. Mulai dari menghafal kunci-kunci, senam jari, melatih otak kanan otak kiri dan sebagainya. Ini semua sangat membingungkan. Maka, di awal perlu dilakukan pemilahan dan pemecahan. Pada saat memilah, pilah mana sub-skill yang mendasar dan mana yang tidak mendasar. Dan fokuslah pada sub-skill yang mendasar terlebih dahulu. 

 

Penuhi Dengan Cepat Latihan Pada 20 Jam Pertama.

Menurut penelitian, 20 jam pertama saat mempelajari skill baru adalah waktu yang paling kritis. Banyak yang gugur dan berhenti di 20 jam pertama. Maka dari itu kita perlu menetapkan target yang realistis, apa yang ingin kita capai di 20 jam pertama lalu kejar target itu dengan cepat. Lakukan 20 jam pertama kamu segera. Jangan gunakan waktu luang, namun luangkanlah waktu. Jika kamu meluangkan waktu 20 menit sehari, maka kamu memerlukan waktu 60 hari (dua bulan) untuk mencapai target pertama kamu. Pada saat 20 jam ini tercapai, kamu akan kaget dengan kemajuan skillmu. tips jitu kuasai skill dengan cepat yang ketiga. 

 

Percaya Pada Diri Sendiri, Jangan Berusaha Terlalu Keras.

Berusaha terlalu keras seringkali juga dapat menghambat kamu dalam mempelajari sebuah skill baru. Yang perlu kamu lakukan bukanlah berusaha terlalu keras, melainkan masuk ke dalam situasi flow. Situasi dimana kamu merasakan sukacita dengan apa yang kamu lakukan. Pada situasi inilah kamu dapat merasakan koneksi antara pikiran, perasaan dan tubuh sehingga proses belajar kamu menjadi sangat efektif. 

Lalu, bagaimana cara masuk ke dalam zona flow ini? Salah satu caranya adalah dengan melatih visualisasi. Bayangkan di dalam kamu sedang melakukan skill baru kamu dengan baik. Saat kamu mampu melakukan sebuah skill secara mental (membayangkan) tanpa hambatan, kamupun akan dengan mudah mengeksekusi skill baru tersebut secara fisik.

 

Mencari Umpan Balik Dengan Orang Yang Sudah Mahir.

Mendapatkan umpan balik dari orang yang sudah menguasai skill yang sedang kamu pelajari adalah harta karun yang sangat berharga. Perlihatkan skill kamu di depan mereka dan minta umpan balik. Umpan balik yang tepat akan mengakselerasi penguasaan skill kamu. Bagaimana jika kamu tidak menemukan orang yang ahli dalam skill yang sedang kamu pelajari? Tonton rekamanmu sendiri dan berikan umpan balik pada diri kamu sendiri. Meskipun ini tidak seefektif umpan balik dari orang lain, setidaknya Anda dapat melihat bagian mana yang perlu diperbaiki dari skill kamu.

Itulah Tips Jitu Kuasai Skill dengan cepat yang dapat kamu manfaatkan untuk memiliki skill baru dengan cepat. Semoga bermanfaat yaa..

Baca Juga : 5 Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja

Rekomendasi
Artikel terkait