Meningkatkan Produktifitas Dengan Bercanda di Kantor
Meningkatkan Produktifitas Dengan Bercanda di Kantor

Meningkatkan Produktifitas Dengan Bercanda di Kantor

Seorang karyawan bisa menjadi stres karena harus menyelesaikan pekerjaan demi mencapai target. Demikian pula jika ia bekerja dalam waktu yang lama. Salah satu cara agar tidak mudah stres adalah dengan bercanda di kantor. Lebih dari itu, bercanda terbukti dapat meningkatkan produktivitas lho.

Agar bisa menjadi produktif, kamu tentu tidak perlu menjadi seorang komika. Tapi, bercanda di saat yang tepat bisa membuat jalan karirmu lebih mulus. Setidaknya, kamu terhindar dari stres dan rasa jenuh.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya jika kamu ingin bercanda di kantor. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kamu melakukannya.

Manfaat Bercanda di Kantor

Dengan bercanda kamu bisa lebih rileks saat menyelesaikan pekerjaan. Kalau sudah begini, kamu bisa lebih tenang untuk berpikir atau menyelesaikan persoalan. Selain itu, bercanda juga mendatangkan manfaat lain.

Lebih Disukai Rekan Kerja

Dibandingkan bersedih hati, setiap orang tentunya selalu ingin tertawa dan bergembira. Karenanya, kalau kamu sering bercanda, atasan atau rekan kerja jadi mudah untuk menyukaimu.

Meningkatkan Rasa Saling Percaya

Dengan bercanda, secara tidak langsung kamu menempatkan dirimu di posisi yang sama atau setara dengan atasan atau rekan kerja. Situasi seperti ini membuat suasana menjadi lebih cair dan nyaman. Selain itu, mempermudah untuk menumbuhkan rasa saling percaya.

Menghilangkan Ketegangan

Kamu bekerja dengan rekan kerja yang kaku dan stres? Dengan bercanda, rekan kerjamu jadi lebih santai dalam bekerja. Sebaliknya, kamu sebenarnya membuka diri agar orang lain mudah berinteraksi denganmu.

Memicu Kreativitas

Bercanda memicu kreativitas seseorang. Karena kamu tentunya harus mencari jalan agar orang lain bisa tersenyum atau tertawa bukan?

Dampak Negatif Akibat Terlalu Banyak Bercanda

Meski demikian, bercanda di kantor juga bisa mendatangkan kerugian lho. Salah satunya, jika terlalu sering bercanda, kamu jadi tidak fokus dalam bekerja. Lebih dari itu, kamu juga bisa membuat rekan kerjamu tidak fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Bercanda juga bisa mendatangkan konflik di tempat kerja jika dilakukan di saat yang tidak tepat. Selain itu, konflik bisa terjadi jika rekan kerja sensitif terhadap hal yang dijadikan bahan candaan.

Nah, jika sudah merasa jenuh atau stres karena pekerjaan, ada baiknya kamu bercanda di kantor atau tempat kerja. Tapi ingat, perhatikan waktunya dan situasi di sekitar saat kamu bercanda.

Berikut cara meningkatkan produktifitas dengan bercanda di kantor

Baca Juga: Punya Masalah di Kantor? Selesaikan di HRD

Rekomendasi
Artikel terkait