Merasa Tidak Produktif Bekerja? Mungkin Ini Jadi Penyebabnya
Merasa Tidak Produktif bekerja? Munkin Ini Jadi Penyebabnya

Merasa Tidak Produktif Bekerja? Mungkin Ini Jadi Penyebabnya

Semangat kerja yang naik turun merupakan hal wajar. Ada kalanya kamu jenuh dan lelah hingga merasa tidak produktif kerja. Meskipun wajar, kamu harus tetap cermat mencari tahu penyebabnya supaya kamu dapat mengatasi masalah tersebut secara tepat.

Ternyata beberapa hal berikut inilah yang rentan membuatmu merasa tidak produktif bekerja. Mungkin Ini Jadi Penyebabnya:

Berkarier Tidak Sesuai Passion

Merasa tidak produktif kerja juga bisa disebabkan oleh karier yang tak sesuai passion. Akibatnya, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tetapi tidak merasa enjoy. Itulah sebabnya, banyak generasi muda memilih jalur karier sesuai passion agar merasa lebih bersemangat dan kreatif saat menjalaninya.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa menjalani pekerjaan yang tak sesuai passion sering jadi pilihan karena alasan finansial.

Berada di Lingkungan Kerja yang Toxic

Lingkungan kerja toxic yang tidak nyaman bisa membuat seseorang merasa tidak produktif kerja. Setiap hari, kamu dipaksa untuk menerima gelombang energi negatif dari lingkungan kerja. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh rekan kerja nyinyir, politik tak sehat, atau perang dingin antar karyawan.

Bila kamu tak sanggup menghadapi lingkungan kerja toixc, kemungkinan besar semangat dan produktivitas kerja akan menurun.

Tidak Mendapat Tantangan Baru

Karyawan juga bisa merasa tidak produktif kerja ketika dihadapkan dengan hal-hal monoton. Tantangan pekerjaan yang baru memang sering kali terasa menakutkan. Namun, hal tersebut justru membuat dinamika kerja jadi makin berwarna dan menyenangkan.

Bila kamu termasuk orang yang menyukai tantangan, kemungkinan besar kamu jadi merasa tidak produktif ketika menyelesaikan pekerjaan yang membosankan.

Sedang Iri dengan Rekan Kerja

Kecenderungan merasa tidak produktif kerja juga dapat disebabkan oleh perasaan iri dengan rekan kerja. Mungkin selama ini kamu merasa sudah bekerja sangat keras tetapi pada akhirnya malah rekan kerjamu yang mendapatkan promosi jabatan.

Akhirnya, kamu malah merasa tidak produktif karena jerih payahmu selama ini sia-sia. Jika kamu sedang mengalami hal ini, ingatlah bahwa orang lain tak boleh mempengaruhi produktivitas kerjamu sebab kamu harus selalu menunjukkan dedikasi.

Terlalu Asyik dengan Smartphone

Intensitas penggunaan smartphone yang berlebihan rupanya juga bisa membuat karyawan merasa tidak produktif kerja. Kalau kamu sering menghabiskan waktu untuk menggunakan smartphone di tempat kerja, kemungkinan besar pekerjaanmu akan terbengkalai dan tidak selesai tepat waktu.

Kamu jadi merasa kerepotan padahal masalah tersebut terjadi karena kelalaianmu sendiri. Oleh karena itu, kamu harus lebih tegas dan disiplin mengatur diri sendiri agar tidak tergoda menggunakan smartphone ketika bekerja.

Apakah kamu pernah merasa tidak produktif ? Yuk, bagikan pengalamanmu yang berkesan agar bisa menjadi pembelajaran bagi orang lain

Baca Juga: Meningkatkan Produktifitas Dengan Bercanda di Kantor

Sumber : Magazine

Rekomendasi
Artikel terkait