Batal Untuk Dipromosikan Atasan? Mungkin Ini Penyebabnya 
Batal Untuk Dipromosikan Atasan? Mungkin Ini Penyebabnya

Batal Untuk Dipromosikan Atasan? Mungkin Ini Penyebabnya

Promosi tidak hanya berguna untuk peningkatan kemampuan yang kamu miliki. Lebih dari itu, promosi juga membuka kesempatan lebih lebar untuk kemajuan karir. Tapi, seringkali karyawan gagal atau batal dipromosikan akibat melakukan kesalahan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Padahal, kemampuan dan pengalaman yang dimiliki sudah cukup untuk mendapatkan kenaikan jabatan.

Seringkali karyawan terlalu berambisi agar bisa mendapat promosi. Apalagi jika untuk mendapatkan promosi harus bersaing dengan karyawan lain. Ujung-ujungnya, upayanya untuk mendapatkan promosi jadi tidak kesampaian.

Selain itu beberapa kesalahan sepele juga sering dilakukan. Akibatnya, atasan dan rekan kerja menganggap karyawan tersebut tidak layak untuk dipromosikan.

Oleh karenanya, jika masa promosi di kantormu sudah hampir tiba, pastikan kamu tidak melakukan beberapa kesalahan ini. Yukk disimak..

 

Bekerja untuk Orang Lain

Yang dimaksudkan adalah kamu berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan atasan atau rekan kerjamu. Dengan harapan, atasan atau rekan kerja memberikan penilaian positif padamu. Padahal, sebenarnya kamu punya pekerjaan yang juga harus diselesaikan.

Menyelesaikan pekerjaan orang lain adalah tindakan yang menyalahi wewenang. Yang sebaiknya dilakukan adalah memusatkan perhatian agar pekerjaan yang diberikan padamu bisa diselesaikan dengan baik, atau lebih baik dari pekerjaan sebelumnya.

 

Gagal Dipromosikan Karena Menjilat Atasan

Salah satu upaya yang sering dilakukan karyawan untuk bisa cepat mendapatkan promosi adalah menjilat atasannya. Dengan harapan, atasan akan berbaik hati dan memberikan posisi yang diinginkan. Padahal, hal ini justru merugikan. Karena atasan bisa menganggapmu orang yang menganggap remeh pekerjaan.

Alasan lainnya, atasan bisa menganggap kamu orang yang tidak memiliki integritas. Padahal, kualitas dan integritas semakin diperlukan jika kamu ingin mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih tinggi kedudukannya.

 

Batal Dipromosikan Karena Berperilaku Ceroboh

Kesalahan sepele bisa membuat seorang karyawan batal mendapatkan promosinya lho. Salah satunya yaitu mengeluhkan pekerjaan atau masalah yang muncul akibat pekerjaan. Padahal, kemampuan mengatasi masalah sangat dibutuhkan jika kamu menginginkan posisi yang lebih tinggi di perusahaan.

Kesalahan lainnya yaitu tidak memiliki kegigihan. Alias, mudah menyerah saat masalah datang, atau mudah menyerah saat ingin mencapai target yang lebih besar. Tidak jarang, karena tidak memiliki kegigihan, seorang karyawan menyalahkan rekan kerjanya saat target tidak tercapai.

 

Punya Pengalaman Tapi Tidak Punya Pencapaian

Hal ini juga bisa membuat karyawan gagal dipromosikan. Lamanya pengabdian untuk perusahaan tidak menjamin kamu memiliki cukup banyak pencapaian untuk dipromosikan. Sebaliknya, seorang karyawan bisa saja dipromosikan karena pencapaian yang sudah dilakukannya, meski ia belum lama bekerja di perusahaan.

Mungkin ini penyebabnya kamu tidak bisa mendapatkan promosi. Mendapatkan promosi tentu menjadi harapan bagi semua karyawan. Tapi, cobalah untuk menghindar dari beberapa kesalahan diatas, agar tidak sampai batal untuk dipromosikan atasan Sehingga keinginan untuk promosi tidak berakhir mengecewakan.

Baca Juga: Mengubah Karier Saat Pandemi? Tanyakan Ini Sebelum Memutuskan

Rekomendasi
Artikel terkait