Bagaimana HRD Merekrut Karyawan? Cari Tau Dulu Rahasianya
Bagaimana HRD Merekrut Karyawan? Cari Tau Dulu Rahasianya

Bagaimana HRD Merekrut Karyawan? Cari Tau Dulu Rahasianya

Proses recruitment karyawan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah bagi HRD. Selain melihat kompetensi dan kemampuan Akademis kandidat, HRD juga butuh insting yang tepat untuk mendapatkan karyawan baru. Inilah beberapa rahasia yang perlu kamu ketahui saat HRD merekrut karyawan. Yukk disimak..

Baca Juga: Kegiatan CSR Varash, Membantu Korban Gempa Lombok

Ketika Akan Merekrut Karyawan, HRD Tidak Memberikan Penawaran Gaji Tinggi

Dalam sesi wawancara, HRD biasanya akan menanyakan hal penting ini padamu. Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah HRD tidak akan langsung memberikan penawaran gaji tinggi untukmu.

Kamu diberi ruang untuk melakukan negosiasi soal gaji. Jadi dari sinilah HRD dapat menilai karakter dan kepribadian kamu. Maka dari itu pastikan kamu beri angka yang menurut kamu sudah sepadan dengan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki ya.

Proses Recruitment Karyawan, HRD Menilai Kesan Pertama

Selain membahas gaji, jangan lupa juga jaga penampilan dan attitude kamu saat wawancara. Ini tidak kalah penting daripada sekedar gaji. HRD akan selalu mengingat dengan jelas sesuatu tentang kamu sejak saat pertama kali bertemu.

Maka dari itu tinggalkanlah kesan pertama yang baik, HRD tentu akan mempertimbangkanmu untuk diwawancara oleh user. Tapi jika diawal kamu sudah tak bisa menarik hati HRD, Kemungkinan kamu untuk lolos jadi lebih kecil. Ppastikan kamu tampil sebaik mungkin dari awal ya.

HRD Suka Kandidat Jujur daripada Mencoba Terlihat Hebat/Mengada-Ngada

Mungkin kamu pernah bertanya, kandidat seperti apasih yang dicari HRD saat proses rekruitment? Salah satu jawabannya adalah kandidat yang jujur dan tidak melebih-lebihkan. Karena belum tentu orang yang suka banyak bicara dapat otomatis mendapat perhatian HRD.

Bersikaplah sewajarnya saat wawancara. Kamu tidak perlu mengesankan diri tampak hebat apalagi jika jawabanmu mengada-ngada. Cukup dengan menjawab setiap pertanyaan dengan tenang dan jujur, HRD pun pasti bisa menilai value yang ada pada dirimu.

Ini Perlu Diingat, HRD Diam-Diam Mengecek Media Sosial Sebelum Merekrut Karyawan

Di zaman modern dan serba canggih ini, melacak kepribadian seseorang terasa cukup mudah dilakukan. Tidak hanya bisa dilihat dari CV kandidat saja tapi bisa dilihat dengan mengecek media sosialnya. Hal inilah yang kerap dilakukan HRD saat mencari calon karyawan.

Mulai sekarang, coba cek media sosial kamu dengan lebih teliti. Apakah isi konten di media sosial kamu tidak mengandung hal-hal negatif? Jangan sampai ya sifat asli kamu justru lebih kelihatan di media sosial daripada saat wawancara dengan HRD.

Itulah beberapa rahasia bagaimana HRD merekrut karyawan. Cari tau dulu rahasianya. Semoga kamu bisa menjalani wawancara selanjutnya dengan sukses ya!

Baca Juga: Hal yang Harus Diteliti Saat Mencermati Kontrak Kerja

Rekomendasi
Artikel terkait