People Pleaser di Kantor Apakah Kamu Termasuk Didalamnya?
People Pleaser di Kantor Apakah Kamu Termasuk Didalamnya?

People Pleaser di Kantor, Apakah Kamu Termasuk Didalamnya?

Apakah sih itu people pleaser di kantor? People pleaser yaitu sikap yang tampak menyenangkan dari luar sehingga disukai banyak orang. Tapi sebenarnya di dalam hatinya menyimpan banyak hal yang ditutupi dan dipendam.

Jangan sampai terjebak menjadi people pleaser di kantor. Mari simak beberapa tanda berikut ini. Bisa jadi salah satu di antaranya, tanpa kamu sadari kamu telah miliki.

 

Selalu Berkata “Iyaa”

Apakah kamu jarang menolak permintaan rekan kerja atau atasanmu? Seberapa sering kamu bungkam kata “tidak” dengan selalu menjawab “iya”? Andai frekuensinya cukup sering, bisa-bisa kamu menjadi people pleaser di kantor.

Kamu cenderung tidak enak hati jika menyakiti perasaan orang lain. Padahal, memendam ketidaksetujuan juga mampu menjadi bom waktu tersendiri bagimu loh. Berhenti berpikir bahwa kamu harus setuju dengan orang lain jika memang kenyataannya tidak.

 

Terlalu Sering Minta Maaf

Tanda berikutnya adalah kamu sering meminta maaf, bahkan untuk sesuatu yang jelas-jelas bukan kesalahanmu. Kamu tidak nyaman ketika melihat orang-orang saling menuduh dan memilih merelakan diri untuk mengaku salah.

Ingat, bukan tanggung jawabmu untuk menyelesaikan semua masalah di kantor. Coba pikir lagi, apa gunanya kamu sering minta maaf jika memang bukan salahmu? Kurangilah perasaaan serba tidak enak dengan rekan kerjamu karena itu bisa menyerangmu balik.

Baca Juga: Tips Menyusun Resolusi Karier Agar Dapat Terwujud

Berusaha Disukai Semua Orang

People pleaser di kantor pasti jelas-jelas berusaha keras untuk disukai semua orang. Kamu punya kebutuhan ingin dihargai dan disukai seluruh penghuni kantor, mulai dari rekan kerja hingga atasan. Padahal, sangat mustahil untuk mewujudkan hal tersebut.

Terimalah keadaan bahwa tidak semua orang mampu menyukaimu. Pasti ada saja segelintir orang yang dengki atau tidak suka akan kehadiranmu. Jangan buang-buang waktu untuk bisa akrab dan susah payah menyamankan diri pada semua orang ya.

 

Cenderung Menghindari Konflik

Satu lagi tanda jelas kalau kamu adalah people pleaser adalah suka menghindari konflik. Kamu tidak ingin ada perselisihan panjang mewarnai kantor. Itu sebabnya, kamu terbiasa mengalah dan segera melupakan masalah tanpa perlu repot menyelesaikannya.

Mungkin kamu merasa aman dan nyaman dengan sikap ini. Namun, jangan salahkan ya jika kemudian rekan-rekan kerjamu menganggapmu remeh. Dibandingkan berusaha menghindari konflik, bukankah jauh lebih baik kamu bersikap tegas dalam menyelesaikan masalah?

 

Selalu Berpura-Pura Kuat

Terakhir, kamu terlihat ceria, optimis, dan selalu kuat di hadapan semua orang kantor. Kamu sama sekali tidak pernah menunjukkan tanda-tanda sedih, kelelahan, atau stres karena pekerjaan. Sekilas kamu tampak kuat, padahal sebenarnya tidak.

Berpura-pura kuat adalah usahamu untuk menyenangkan orang lain. Kamu tidak mau membuat rekan kerja atau atasan melihat kelemahanmu. Yakin kamu ingin bertahan dengan sikap ini?

Jadi, apakah kamu termasuk Itulah beberapa people pleaser di kantor, apakah kamu termasuk didalamnya? Semoga kamu bisa lebih bijak dalam bertindak dan menempatkan diri selama bekerja yaa!

Baca Juga: BERASH: Berbagi Bersama Varash

Rekomendasi
Artikel terkait