Tidak Cocok dengan Atasan? Lakukan Beberapa Cara Ini!

Tidak Cocok dengan Atasan? Lakukan Beberapa Cara Ini!

Didalam dunia kerja pasti ada saja suka duka yang pernah kita alami. Contohnya sebagian karyawan pasti pernah merasa tidak cocok dengan atasan. Ada saja hal-hal dalam diri atasan yang dianggap kurang berkenan di hati.

Kalau kamu mempunyai perasaan tidak cocok dengan atasan, apa yang mesti kamu lakukan sebagai bawahan? Apakah akan lari dari masalah atau dengan mencari solusi terbaik. Yang bisa kamu lakukan agar tetap bertahan dan beradaptasi yaitu lewat beberapa cara-cara ini.

Mengenali Karakter dan Mood Atasan

Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk menerima kekurangan dari sifat atasanmu, itulah yang kadang menjadi dasar munculnya rasa kesal dan jengkel dari kamu. Kita perlu tahu tidak semua sifat atasan sesuai dengan ekspetasimu seperti atasan yang dapat mengayomi, membimbing, bersikap bijak dan lain lain, dibalik sosok ideal seorang atasan tersebut pasti ada beberapa sifat buruk yang memang sudah melekat di dalam dirinya.

Belajarlah untuk membaca karakter serta mood tak terduga atasanmu. Ketika kamu tidak bisa mengubah sikap atasan, maka satu-satunya jalan adalah kamu yang beradaptasi. Tidak cocok dengan atasan tidak harus berujung dengan hubungan tak sehat di kantor kok.

Mengobrol Tentang Hal Kegemaran Atasan

Kita sebagai bawahannya tidak ada salahnya berusaha mengakrabkan diri dengan atasan. Bukan berarti kamu harus menjadi penjilat ya. Kamu bisa lebih dekat dengan atasan di luar jam kerja, misalnya saat jam makan siang.

Kamu bisa perbanyak mengobrol dengan atasan tentang hal- hal yang disukainya. Bisa jadi selama ini kamu merasa bos sangat menyebalkan karena kurang berkomunikasi saja dengannya. Siapa tahu ada hal-hal menyenangkan yang justru bisa kamu perbincangkan dengannya di luar konteks pekerjaan.

Baca Juga: Succes Story Reseller Varash: Bapak Pasek Juniarta

Jangan Membicarakan Atasan dengan Rekan Kerja

Kamu tentunya dilarang bergosip tentang atasan dengan rekan kerja, seberapa besarpun rasa ketidakcocokanmu itu. Jangan perburuk rasa kesalmu dengan menggunjingkan atasan sendiri. Itu tidak akan membuat hatimu lebih damai.

Untuk mengalihkan rasa kesal, cobalah bercerita dari sudut pandang berbeda. Kamu tidak boleh hanya berfokus pada sosok atasanmu, melainkan pada akar masalahnya. Menjelek-jelekkan atasan hanya membuat citranya makin turun di mata semua anak buahnya dan itu jelas tidak baik.

Minta Pendapat atau Nasihat untuk Beberapa Pekerjaan

Selain itu cara lain untuk menjalin hubungan lebih netral dengan atasan adalah dengan menjadikannya tempat bertanya. Beri porsi yang pas untuk dia menunjukkan kepemimpinannya. Sesekali ajaklah bosmu berdiskusi dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Siapa tahu, cara lembut ini mampu sedikit meruntuhkan ketegangan antara kamu dan atasan. Bagaimana pun juga, setiap atasan pasti ingin menjadi sosok yang sanggup diandalkan anak buahnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu hanya berfokus pada hal-hal buruk pada atasanmu.

Ingat ya, tidak cocok dengan atasan bukan berarti membuatmu harus lari dari pekerjaan. Kamu tidak bisa memilih bekerja hanya dengan orang-orang yang membikinmu nyaman.

Baca Juga: Atasan yang Rendah Hati Lebih Disukai Karyawan

guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Cara Memilih Tawaran Pekerjaan Untuk Masa Depanmu - Varash Career
March 1, 2021 3:28 am

[…] Tidak Cocok dengan Atasan? Lakukan Beberapa Cara Ini! […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x