Apakah Kamu Bersaing Sehat atau Tidak di Kantor?

Apakah Kamu Bersaing Sehat atau Tidak di Kantor?

Semua orang yang sudah bekerja pastinya memiliki tujuan kariernya yang ingin dicapai. Dalam mencapainya diharuskan memiliki usaha yang ekstra. Seringkali untuk meraih pencapaian itu, karyawan harus bersaing dengan rekan kerja di kantornya.

Namun, tidak jarang karyawan bersaing secara tidak sehat untuk meraih pencapaiannya. Tanpa memperhatikan akibat yang ditimbulkan bagi dirinya, maupun rekan kerjanya.

Di sisi lain, ada juga karyawan yang tidak mengerti bahwa dirinya sedang bersaing dengan cara yang tidak sehat. Dia hanya berfikit yang penting ia bisa mendapatkan apa yang diinginkannya.

Jika kamu yang tidak takut dengan persaingan dan sedang bersaing di kantor, berikut ini cara mengetahui apakah kamu sedang bersaing secara sehat atau tidak.

Baca Juga: Cara Memilih Tawaran Pekerjaan Untuk Masa Depanmu

Ciri-Ciri Karyawan yang Bersaing Secara Tidak Sehat

Setiap karyawan pasti menginginkan pencapaian yang bisa di dapatkan dalam pekerjaannya. Namun, jika kamu merasa hanya ada satu pencapaian saja yang bisa diraih, maka itu merupakan tanda persaingan tidak sehat bisa terjadi. Pada dasarnya, ada banyak pencapaian yang bisa dilakukan di sepanjang kariermu.

Ciri berikutnya, yaitu jika kamu berusaha meraih pencapaian hanya untuk mendapatkan penghargaan atau pujian. Selain itu dalam meraih pencapaian, kamu meremehkan atau merendahkan rekan kerja. Bahkan kamu punya tujuan untuk menghancurkan karirnya.

Hal ini bukan hanya menimbulkan suasana kerja yang tidak nyaman. Lebih dari itu, suasana kerja menjadi tidak profesional. Ciri lainnya jika kamu meraih pencapaian dengan menghalalkan segala cara. Dalam hal ini dengan cara melanggar moral, etika ataupun aturan perusahaan.

Kamu Bersaing Secara Sehat Jika Melakukan Ini

Jika dalam meraih pencapaian kamu memberikan manfaat bagi industri, perusahaan atau tim maka itu salah satu tanda kamu bersaing secara sehat. Di sisi lain, upaya meraih pencapaian mendorongmu untuk mengembangkan kemampuan dan kinerja.

Karyawan yang bersaing secara sehat juga selalu menghargai nilai-nilai yang mulia. Seperti, kejujuran, keadilan, kehormatan dan integritas.

Selain itu, karyawan yang bersaing secara sehat menghargai sebuah proses. Ia menyadari bahwa tujuan akhir bukanlah segalanya. Baginya, proses memberikan sesuatu yang lebih bernilai, yaitu, pembelajaran, kematangan dan pengalaman.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya persaingan di kantor. Salah satunya, memberikan tantangan dan mendorong karyawan untuk mengembangkan kemampuannya. Persaingan juga mendorong karyawan untuk lebih kreatif dan inovatif. Namun, bersainglah secara sehat agar manfaatnya benar-benar bisa bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: Berbisnis Online di Tahun 2021

guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Tips Merancang Jadwal Kerja agar Produktivitas Terjaga - Varash Career
July 27, 2021 9:17 am

[…] Baca Juga: Apakah Kamu Bersaing  Sehat atau Tidak di Kantor? […]

trackback
Tips Mengatasi Beban Kerja Kantor yang Berlebihan - Varash Career
April 5, 2021 6:36 am

[…] Apakah Kamu Bersaing Sehat atau Tidak di Kantor? […]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x