Menggali Informasi Tentang Perusahaan Tempat Kamu Interview Kerja

Menggali Informasi Tentang Perusahaan Tempat Kamu Interview Kerja

Kamu pasti merasa sedikit gugup setelah mengetahui adanya undangan wawancara kerja dari perusahaan tempat kamu ingin bekerja. Ini adalah hal wajar karena kamu merasa bersemangat sekaligus was-was apakah bisa menjalani proses interview dengan lancar atau tidak. Bila ini pertama kalinya kamu mendengar nama perusahaan tempat kamu akan interview, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menggali informasi lebih dalam tentang perusahaan tersebut agar bisa sukses wawancara kerja. Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tips Melakukan Riset Perusahaan Sebelum Interview Kerja
Ketahui Ciri Khas Perusahaan

Cara terbaik untuk meyakinkan pewawancara bahwa kamu tahu tentang perusahaan dengan baik adalah dengan mampu menjelaskan apa yang membuatnya istimewa dibandingkan dengan pesaing. Kabar gembiranya adalah perusahaan seringkali memberitahu jawaban dari pertanyaan tersebut di website mereka. Biasanya, mereka menuliskan misi atau nilai perusahaan yang menonjol pada bagian About Us.

Jadi, bacalah dengan teliti apa yang membuat perusahaan ini berbeda dari yang lainnya. Sebagai contoh, jika kamu diwawancara untuk agen marketing, komitmen pada layanan konsumen, mungkin akan menjadi sesuatu yang dibanggakan oleh pesaing. Namun, jika ada hal lain yang berkelanjutan, hal itu baik untuk diketahui. Lakukanlah ulasan secara menyeluruh, seperti lokasi dan histori perusahaan. Kamu tentu tidak ingin mengajukan pertanyaan yang jawabannya sudah bisa dilihat di website perusahaan, bukan?

Lihat Kesehatan Finansial Perusahaan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui perusahaan sebelum maju untuk wawancara kerja adalah dengan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan finansial perusahaan. Bila kamu mengajukan lamaran kerja di perusahaan besar, biasanya kamu akan mengetahui laporan tahunan, sekaligus produk baru, risiko perusahaan, keuntungan perusahaan tumbuh atau stabil.

Bila kamu melakukan wawancara kerja untuk startup, kamu bisa melihat bagaimana pendanaannya, akuisisi, perekrutan yang baru saja dilakukan, dan liputan pers yang relevan.

Sekali kamu memiliki informasi tersebut, kamu sendiri yang dapat membuat kesimpulan. Mengetahui semua informasi tentang perusahaan secara mendetail akan memberi keuntungan bagi kamu karena bila kamu masih belum memahaminya, kamu bisa mengajukan pertanyaan pada topik tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stress Saat Pandemi

 

Pahami Bagaimana Budaya Perusahaan

Kamu dapat mengumpulkan informasi tentang budaya perusahaan melalui website atau akun sosial media perusahaan. Namun, untuk mendapatkan informasi yang lebih solid, berusahalah untuk mencarinya dari sumber luar. Atau, carilah review positif dan negatif dari orang-orang tentang perusahaan, tempat kamu melamar pekerjaan. Tentu saja kamu tidak akan membawa semua informasi itu saat wawancara kerja, namun paling tidak kamu tahu topik apa saja yang sebaiknya dihindari untuk dibicarakan.

Bila kamu memiliki teman atau kenalan, kamu dapat berbicaranya dengannya dan cobalah untuk mencari informasi tentang perusahaan. Seperti dengan mengajukan pertanyaan, ‘Saya tahu bahwa perusahaan sedang bekerja keras untuk berkembang dan dikenal di Asia, dapatkah kamu beritahu saya tentang bagaimana hal tersebut mempengaruhi tim kerja di perusahaan?

Cari Tahu Juga tentang Pesaing Perusahaan

Di samping memiliki informasi lengkap tentang perusahaan saat wawancara kerja, untuk bisa memberi kesan positif pada pewawancara, kamu juga bisa membicarakan tentang jenis industri perusahaan beserta pesaing dan bagaimana perusahaan bisa masuk dalam industri yang lebih besar.

Kamu juga harus dapat mengetahui pesaing perusahaan tempat dimana kamu dapat melihat pesaing perusahaan dari halaman LinkedIn perusahaan pada bagian ‘Other Companies People Viewed’. Dari sana kamu dapat melihat beberapa pesaing perusahaan.

Dengan melakukan riset perusahaan secara menyeluruh sebelum kamu melakukan wawancara kerja, informasi yang kamu miliki pun akan semakin banyak dan bila ada sesuatu yang tidak kamu pahami, kamu dapat menjadikannya sebagai bahan pertanyaan untuk mengklarifikasi hal-hal yang masih belum kamu tahu.

Baca Juga: 7 Tips agar Dapat Rileks Saat Wawancara Kerja

 

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x