5 Fakta Dunia Kerja yang Perlu Kamu Ketahui
5 Fakta Dunia Kerja yang Perlu Kamu Ketahui

5 Fakta Dunia Kerja yang Perlu Kamu Ketahui

Jika kamu seorang fresh graduate maka saat ini kamu pasti sedang menanti-nanti untuk segera diterima bekerja agar mendapatkan penghasilan sendiri. Jika sudah mempunyai penghasilan sendiri tentunya kamu bisa dipandang lebih baik oleh teman atau keuarga karena sudah mendapatkan pekerjaan.

Namun yang perlu kamu tau, dunia kerja tidak semuanya indah seperti yang dibayangkan. Terlebih jika fresh graduate, masih banyak hal yang mungkin belum kamu tau. Bagi para fresh graduate, beberapa hal tersebut bisa membuatmu tidak nyaman bekerja. Bahkan bisa membuatmu menyesal sudah menerima pekerjaan di sebuah perusahaan. Oleh karenanya, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta mengenai dunia kerja sedari sekarang. Yuk disimak..

Kamu Bisa Belajar Sambil Bekerja

Dibeberapa perusahaan, biasanya untuk karyawan baru akan diberikan pengenalan dan pelatihan. Tujuannya yaitu agar karyawan baru dapat sejalan dengan peraturan dan budaya perusahaan. Walaupun demikian, kamu sebagai karyawan baru sebaiknya harus lebih banyak learning by doing dalam mempelajari hal baru.

Kamu harus berpikir bahwa, tidak semua pekerjaan akan dapat diajarkan oleh atasan atau rekan kerja. Maka dari itu kamu harus mau belajar sendiri sambil terus giat menyelesaikan pekerjaanmu.

Karakter Rekan Kerja yang Berbeda

Pada saat pertama masuk kerja, mungkin kamu akan merasa tempat kerja baik baik saja. Tapi seiring berjalannya waktu, kamu akan menemui rekan kerja yang membuatmu tidak nyaman.

Hal ini terjadi karena setiap karyawan punya kepribadian dan karakter yang berbeda. Selain itu, masing-masing juga punya tujuan karier yang berbeda. Dan tidak jarang hal seperti inilah yang dapat memicu sebuah konflik. Bahkan bisa menghambat pekerjaan dan perjalanan karirmu.

Pekerjaan yang Tidak Sesuai Job-Desc

Pada saat awal bekerja, kita akan terbiasa mengerjakan pekerjaan sesuai dengan job-desc yang diberikan. Tapi akan ada saatnya dimana kamu akan menyelesaikan pekerjaan yang bukan menjadi job-decsmu. Hal positif yang bisa diambil yaitu kamu akan bisa menambah pengetahuan kamu dalam berbagai bidang. Namun jika kamu salah dalam menyikapinya, hal ini bisa menghambat karirmu untuk berkembang

Dalam hal ini, kamu harus bisa cepat belajar berbagai hal dan berikan kontribusi terbaik. Walaupun kadang kontribusi itu diluar tanggung jawabmu. Selain itu, jika ditugaskan menyelesaikan pekerjaan di luar job-desc, bisa saja itu berarti atasan sedang mengujimu.

Baca Juga: Ide Bisnis Keren 2021: Varash Saddan Nusantara

 Terbiasa untuk Lembur

Mungkin kamu pernah berharap agar bisa masuk jam 9 pagi dan pulang jam 5 sore setiap harinya. Tapi, di waktu-waktu tertentu rutinitas itu bisa berubah. Perusahaanmu bisa saja mengharuskan karyawannya untuk lembur untuk mencapai sebuah target dari perusahaan tersebut.

Umumnya, perusahaan akan memberikan upah lembur bagi karyawannya. Tapi, tidak sedikit karyawan yang menolak untuk lembur. Jadi, mulailah dari sekarang untuk mempersiapkan mentalmu jika perusahaan menugaskanmu untuk lembur.

 

Gaji dan Karier di Perusahaan 

Di awal masa bekerja mungkin kamu berpikiran jika sudah lama bekerja gaji akan mudah dinaikkan. Kamu juga berpikir jika bisa memberikan prestasi, pasti akan mendapatkan promosi. Pada kenyataannya, seringkali yang terjadi justru sebaliknya.

Karena perusahaan punya pertimbangan tersendiri dalam menentukan gaji dan melakukan promosi. Selain itu, tingkat persaingan di tempat kerja juga berpengaruh pada besarnya gaji dan kebijakan promosi. Apalagi jika di dalam perusahaan banyak terjadi politik kantor.

Itulah 5 Fakta Dunia Kerja yang Perlu Kamu Ketahui. Beberapa fakta tadi perlu diketahui ketika mulai terjun ke dunia kerja. Agar kamu tahu bagaimana cara menghadapinya dan agar bisa bekerja dengan nyaman tanpa khawatir karier terganggu.

Baca Juga: Ketahuilah 5 Tipe Atasan dan Tips untuk Menyikapinya

Rekomendasi
Artikel terkait