Sering Kesulitan Saat Bekerja? Hindari Kebiasaan Berikut Ini

Sering Kesulitan Saat Bekerja? Hindari Kebiasaan Berikut Ini

Banyak karyawan mengalami kesulitan di tempat kerja. Entah itu ada konflik dengan atasan, sulit beradaptasi dengan perusahaan, hingga merasa kurang bisa mengembangkan diri. Uniknya, kesulitan-kesulitan tersebut tidak hanya muncul di awal kerja, melainkan bisa bertahun-tahun.

Saat menemui kesulitan di tempat kerja, kebanyakan karyawan cenderung mengeluh atau menyalahkan diri sendiri. Sikap ini jelas tidak baik jika dipelihara terlalu lama. Pasalnya, lama-lama akan muncul rasa ketidaknyamanan selama bekerja dan berpengaruh pada kualitas kinerja.

Lalu, apa sih penyebab dari masalah ini? Tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan sederhana ini dapat menjadi pemicu munculnya banyak kesulitan saat bekerja.

 

Overthinking pada Kesalahan

Siapa saja pasti pernah melakukan kesalahan dalam bekerja. Respon setiap orang dalam menyikapinya pun berbeda-beda. Ada jenis karyawan yang cenderung lebih suka overthinking setelah berbuat kesalahan di kantor.

Sayangnya, memelihara sikap overthinking dapat menjadi penyebab kesulitan di tempat kerja. Sikap ini hanya akan membuat karyawan takut melakukan berbagai hal karena terlalu memikirkan risikonya. Alih-alih kinerja meningkat, yang ada justru penurunan kualitas kerja dan sangat berpengaruh pada tim di kantor.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stress Saat Pandemi

Malu Bertanya

Beberapa karyawan pernah merasakan kebingungan dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini sudah biasa terjadi pada karyawan-karyawan baru. Namun, tidak menutup kemungkinan para karyawan lama pun masih saja mengalami kebingungan semacam ini loh.

Akar dari penyebab kesulitan di tempat kerja ini adalah sifat malu bertanya. Mendiamkan suatu masalah tanpa punya keberanian meminta pendapat ke atasan atau rekan kerja jelas berakibat fatal. Bagaimana bisa punya kinerja bagus jika masih takut atau malu bertanya saat bertemu kesulitan?

 

Sering Melakukan Kerja Multitasking

Karyawan multitasking sering diartikan sebagai orang paling sibuk di kantor. Padahal, kebiasaan ini justru lebih banyak dampak negatifnya. Multitasking justru menjadi pemicu munculnya berbagai kesulitan lain di tempat kerja.

Meski semua pekerjaan terkesan dapat dikerjakan dalam satu waktu, hasilnya pastilah kurang memuaskan. Multitasking hanya berorientasi pada kecepatan kerja, bukan ketepatan kerja. Alhasil, pasti banyak hal yang dirasa kurang dalam beberapa pekerjaan yang dilakukan dengan multitasking.

Kesulitan di tempat kerja seperti apa yang paling sering kamu alami? Coba selidiki kembali, siapa tahu tiga kebiasaan di atas juga kerap kamu lakukan. Yuk, pelan-pelan benahi cara kerja agar bisa lebih nyaman bekerja di kantor!

Itulah penyebab dari sering kesulitan saat bekerja? hindari kebiasaan berikut ini yaa

Baca Juga: Boss Kamu Gila Hormat? Begini Cara Menyikapinya

guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Hal yang Membuat Karyawan Bernilai di Depan Atasan - Varash Career
June 19, 2021 3:37 am

[…] Sering Kesulitan Saat Bekerja? Hindari Kebiasaan Berikut Ini […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x