Perlu Analisis SWOT Diri Sendiri Sebelum Melamar Kerja

Perlu Analisis SWOT Diri Sendiri Sebelum Melamar Kerja

Analisis SWOT memiliki peranan penting dalam persiapan mengikuti wawancara kerja. Oleh sebab itu, para pencari kerja diharapkan melakukan analisis ini sebelum melamar kerja. Pasalnya, memahami SWOT sangat membantu mengenali potensi dan kemampuan diri yang nantinya berguna saat proses rekrutmen.

Analisis SWOT bukan hanya metode yang hanya diterapkan oleh suatu perusahaan untuk mencapai suatu tujuannya saja tapi ini juga berguna dalam persiapan wawancara kerja. Para pencari kerja diharapkan melakukan analisis SWOT sebelum melamar kerja. Karena memahami SWOT sangat membantu mengenali potensi dan kemampuan diri yang akan berguna pada saat proses rekrutmen.

kemudian apasih yang dimaksud dengan analisis SWOT untuk para pencari kerja? Berikut ulasan singkatnya. Kamu dapat juga belajar mengenai pentingnya melakukan hal ini selagi masih aktif mencari kerja.

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan  penilaian sederhana yang meliputi kelebihan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunity), serta ancaman (threat). Analisis ini sering juga dipakai rekruter saat mencari kandidat terbaik bagi perusahaan. Tapi, tidak ada salahnya juga belajar melakukannya untuk kepentingan sendiri.

Dalam analisis ini nantinya seseorang dapat melihat kepribadian sekaligus kemampuan seorang individu. Saat kamu mencoba menganalisis secara mandiri, setidaknya kamu menjadi lebih paham potensi diri dalam berkarier.

Kesadaran Menentukan Impian

Banyak orang yang merasa bingung akan berkarir di bidang apa, terutama bagi para fresh graduate. Begitu banyak peluang karier yang bisa dicoba, tapi belum benar-benar tau akan fokus kemana. Hal ini disebabkan karena orang tersebut belum mampu mengenal dirinya sendiri.

Analisis SWOT adalah hal yang dapat diterapkan. Saat seseorang sudah mampu mendeskripsikan kekuatan, kelemahan, kesempatan, serta ancaman; maka dia jadi punya gambaran akan kariernya. Karier yang dipilih pasti nantinya akan berhubungan erat dengan hasil analisis tersebut.

Baca Juga: Apasih itu Network Marketing

Dapat Menilai Kelebihan dan Kelemahan Diri

Setiap orang tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Tentunya kelebihan dan kekurangan bukan perkara mudah untuk disebutkan. Jadi analisis SWOT ini dapat membantu seseorang menilai dirinya dalam dua hal tersebut.

Kelebihan bisa diisi dengan hal-hal yang berhubungan dengan pengetahuan, pengalaman, kemampuan, hingga interaksi dengan orang lain.

Sementara kelemahan bisa dianggap sebagai hambatan yang biasanya muncul dalam usaha seseorang meraih hal yang diinginkan. Kelemahan ini nantinya bisa dijadikan bahan refleksi dalam berkarier.

Mengenali Peluang dan Ancaman yang Muncul

Terakhir, analisis SWOT mendorong seseorang mengenali peluang apa saja yang bisa muncul dalam karier. Begitu pula dengan ancaman-ancaman yang dapat menghambat karier.

Peluang biasanya melibatkan faktor eksternal di luar kendali seseorang, bisa juga berupa tawaran pekerjaan. Ancaman bisa dari eksternal maupun internal, tergantung situasi dan kondisi. Sebagian besar orang justru mendapat ancaman dari dalam diri sendiri, biasanya berupa kurangnya rasa percaya diri.

Itulah beberapa hal yang menjadikan analisis SWOT sebenarnya perlu kamu kenali sejak dini. Ajukan saja pertanyaan-pertanyaan kecil tentang empat poin tadi pada dirimu sendiri. Semoga hal ini dapat membantumu meraih karier impian yang tepat buatmu. itulah pentingnya untuk perlu analisis SWOT diri sendiri sebelum melamar kerja.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x