Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi
Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi

Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi

Setiap orang tentunya memiliki kepercayaan dirinya masing-masing. Ada yang percaya diri, dan ada juga yang pemalu. Untuk mereka yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, presentasi adalah bukan hal besar untuknya, tapi sebaliknya keterampilan presentasi yang baik sangat dibutuhkan bagi mereka yang kurang percaya diri.

Apakah kamu salah satu yang gampang gugup sampai keluar keringat dingin saat presentasi? Nah, sudah saatnya kamu mengasah keterampilan presentasi agar lebih lancar memaparkan ide dan pendapatmu di depan umum. Berikut 6 trik cerdas untuk meningkatkan keterampilan presentasi yang bisa kamu aplikasikan:

 

Menjadi Diri Sendiri

Menyampaikan materi dengan baik merupakan kunci kesuksesan dari presentasi yang hebat. Entah itu kamu berbagi ide-ide yang cemerlang, membuat sesuatu lain dari yang lain, semua itu tergantung bagaimana cara menyampaikannya.

Presentasi yang baik adalah menunjukkan sifat atau emosi asli dari dirimu. Maka, daripada kamu berusaha untuk percaya diri padahal tidak sama sekali, cobalah untuk membagikan bagaimana perasaanmu yang sebenarnya. Kamu bisa berkata jujur usai selesai presentasi mengenai kegugupanmu karena tentunya semua orang yang pernah ada pada posisi tersebut.

 

Selipkan Sedikit Lelucon

Untuk membuat orang tertarik, kamu harus menambahkan sedikit lelucon jenaka. Ibaratnya kamu sedang melakukan stand up komedi, namun dengan gaya sedang berpresentasi. Jika umumnya stand up komedi membahas keresahan yang ada di sekitar, maka kamu bisa membahas materi presentasi.

Untuk memastikan leluconmu masih searah dengan materi, kamu harus rajin-rajin membaca, menonton, atau mendengar cerita lucu. Sehingga kamu bisa merasa yakin bahwa materi bisa tersampaikan dengan baik, begitu pula lelucon-lelucon yang dilontarkan.

 

Presentasi Diselingi Dengan Sesi Percakapan

Biasanya presentasi memakan waktu yang cukup lama, sehingga seringkali membuat orang-orang merasa bosan dalam waktu yang cukup lama. Supaya presentasi tetap berjalan semestinya, kamu bisa membuat presentasi tersebut menjadi percakapan dua arah.

Keterampilan presentasi ini menjadi trik untuk menutupi kegugupan saat presentasi,dan mencairkan suasana menjadi lebih aktif. Mintalah pendapat dari rekan kerja, klien, atasan, dan usahakan agar mereka terlibat dalam presentasi tersebut.

Baca Juga: Mengapa Teamwork Sangat Penting dalam Sebuah Perusahaan?

 

Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Fit

Satu hal yang perlu diingat, ketika kamu ditunjuk untuk melakukan presentasi ada baiknya kamu sudah makan atau sarapan terlebih dahulu. Ketika berbicara di depan umum, kamu harus siap secara mental dan fisik. Hal ini dikarenakan, tubuh membutuhkan jumlah nutrisi yang tepat untuk berfungsi pada kapasitas optimalnya.

Jika kamu tidak mengisi perut dengan asupan gizi, maka kamu dapat pingsan karena kelaparan. Jangan sampai kamu menghancurkan momen sekali dalam hidupmu. Jika kamu tidak ingin makan terlalu kenyang sebelum presentasi, cobalah untuk makan pisang atau oatmeal.

 

Hindari Stress

Ketika berada di bawah tekanan, tubuh akan mengeluarkan banyak hormon kortisol yang dapat menghalangi kemampuan untuk memproses informasi yang kompleks.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk menghindari perasaan stres sebelum melakukan presentasi. Bagaimana caranya? Caranya adalah melakukan serangkaian olahraga, seperti jalan kaki, berenang, atau naik sepeda.

 

Sering Berlatih Presentasi

Cara meningkatkan keterampilan presentasi yang terakhir adalah latihan. Caranya, baca ulang setiap poin penting, buatlah tetap singkat dan jelas. Sebelum presentasi dimulai, kamu bisa melakukannya terlebih dahulu di depan kaca.

Hal ini dapat mengurangi rasa gugup saat presentasi nanti. Atau meminta beberapa teman pada jam istirahat untuk berpura-pura menjadi klien atau atasan. Setelah selesai mempraktikannya, kamu bisa menanyakan pendapat kepada mereka. itulah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan keterampilan presentasi. Semoga bermanfaat yaa..

Baca Juga: Hal yang Membuat Karyawan Bernilai di Depan Atasan

Rekomendasi
Artikel terkait