Cara Meminimalisir Kecanduan Medsos
Cara Meminimalisir Kecanduan Medsos

Cara Meminimalisir Kecanduan Medsos

Di jaman yang serba digital ini memang banyak sekali hal positif yang bisa kita peroleh dan kita pelajari melalui media sosial. Manfaat media sosial dalam kehidupan sehari-hari juga sangat penting bagi setiap seseorang, diantaranya yaitu untuk berkomunikasi, untuk mencari informasi dari apa yang terjadi di dalam masyarakat dan lain-lain. 

Tetapi dibalik kemudahannya dalam mengakses apapun, ada dampak negatif dari teknologi dan media sosial ini yaitu kecanduan. Beberapa psikolog asal Inggris berpendapat menurut mereka, ada 6 pertanyaan untuk mengetahui seseorang kecanduan media sosial atau tidak seperti pertanyaan berikut ini :  

 

Apa kamu menghabiskan banyak waktu (saat tidak online) untuk memikirkan media sosial?

Apakah kamu merasakan dorongan untuk menggunakan media sosial lebih banyak dan lebih sering dari waktu ke waktu?

Apa kamu menggunakan media sosial untuk melupakan masalah pribadi?

Apakah kamu sering mencoba mengurangi penggunaan media sosial namun tidak berhasil?

Apa kamu menjadi gelisah atau bermasalah jika kamu tidak dapat menggunakan media sosial?

Apakah kamu menggunakan media sosial sedemikian rupa sehingga berdampak negatif pada pekerjaan, hubungan, atau study mu?

Jika kamu menjawab YA pada keenam pertanyaan di atas, ada kemungkinan bahwa kamu telah kecanduan media sosial. Lalu, apa yang bisa kita lakukan bila ternyata kita telah kecanduan media sosial? berikut cara meminimalisir kecanduan medsos dari Mark Griffiths seorang Psikolog asal Inggris.. 

Mulai Digital Detox Secara Bertahap.

Jika tidak bisa mengurangi pemakaian media sosial secara instan lakukanlah secara bertahap. Bagi sebagian besar orang, mengecek smartphone adalah sebuah refleks otomatis. Pemicunya yaitu adanya notifikasi yang muncul.

Namun, bagi yang sudah kecanduan, notifikasi yang tidak muncul pun memunculkan rasa penasaran yang mengakibatkan setiap waktu selalu mengecek media sosial.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mematikan notifikasi sosial media kemudian bertahanlah untuk tidak memeriksa handphone kamu mulai dari 15 menit, 30 menit, 1 jam, sampai beberapa jam secara bertahap.

 

Melakukan Puasa Gadget.

Puasa gadget yang dimaksud adalah kamu bisa menentukan jam-jam dimana kamu baru boleh bermain gadget. Tetapkan aturan misalnya Hanya boleh bermain gadget dari jam 9 pagi dan sampai  jam 8 malam.

Atau bisa juga terapkan aturan tanpa gadget saat jam makan (sarapan, makan siang, makan malam). Silakan atur yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Kebahagiaan Yang Bisa Didapatkan Tanpa Gadget 

 

Buat Jadwal Merespon Email atau Chat.

Responlah email atau chat di waktu tertentu. Misalnya kamu bisa menentukan dari jam 9-10 pagi, 13-14 siang dan 16-17 sore. Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda terkait hal ini. Kamu bisa menyesuaikannya.

 

Libatkan Diri Dalam Aktivitas Sosial di Kehidupan Nyata.

Hampir sebagian besar aktivitas hiburan kita biasanya dihabiskan berkutat dengan media sosial Maka dari itu lakukanlah aktivitas yang tidak memungkinkan kita menggunakan gadget.

Misalnya lebih banyaklah berinteraksi atau membangun hubungan sosial antar sesama, melakukan kegiatan outdoor dengan sanak saudara atau melakukan kegiatan olahraga seperti jogging, berenang, atau meditasi.

Kurangi “teman” yang kamu follow. Ini akan mengurangi jumlah newsfeed yang mampir ke berandamu. Lakukan juga unsubscribe pada hal yang tidak bermanfaat.

itu 4 cara meminimalisir kecanduan medsos yang bisa kamu terapkan. tentukan strategi yang paling pas buat dirimu sendiri dan mulai implementasikan.

Baca Juga : Kecerdasan Mengenai Keuangan yang Wajib Dikuasai

Referensi: https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-excess/201507/top-tips-digital-detox

Rekomendasi
Artikel terkait