Kenapa Kemampuan Presentasi Penting Dalam Berkarier
Kenapa Kemampuan Presentasi Penting Dalam Berkarier

Kenapa Kemampuan Presentasi Penting Dalam Berkarier

Presentasi adalah kemampuan yang memang harus dimiliki setiap orang, terlebih kemampuan presentasi di zaman sekarang ini menjadi keterampilan khusus yang harus dimiliki semua hari ini walau Kemampuan presentasi ada kalanya menjadi keterampilan khusus yang tak bisa dimiliki sembarang karyawan. Seseorang yang paling dianggap jenius dalam pekerjaan pun belum tentu bisa melakukan presentasi dengan baik.

Kemampuan presentasi sendiri erat hubungannya dengan keterampilan berkomunikasi efektif. Lalu, kenapa ya presentasi dianggap kemampuan penting di dunia karier? Simak penjelasannya berikut ini!

 

Melatih Kemampuan Komunikasi

Sebuah ide atau gagasan butuh penyaluran agar bisa tersampaikan, salah satu caranya yaitu dengan presentasi. Jika tidak memiliki kemampuan presentasi yang baik, bisa jadi ide paling brilian sekali pun bisa ditolak. Karena salah satu penyebab dari kegagalan presentasi adalah komunikasi.

Maka dari itu mulai sekarang biasakan diri untuk belajar berbicara di depan beberapa orang karena ini sangat baik untuk melatih komunikasi. Kamu tidak perlu mengumpulkan banyak orang untuk berlatih. Lakukan saja presentasi ide-ide kecil dengan sistematis di depan tiga atau empat orang dulu.

Baca Juga: Bagaimana HRD Merekrut Karyawan? Cari Tau Dulu Rahasianya

Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Seiring dengan kemampuan presentasi yang makin membaik, otomatis ada rasa percaya diri yang naik. Berdiri dan berbicara di hadapan banyak orang bukan lagi menjadi kendala. Alhasil, tiap ide atau gagasan yang muncul mampu disampaikan dengan sempurna.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen presentasi untuk melatih dan meningkatkan percaya diri. Jangan ragu untuk ambil kesempatan memaparkan ide saat rapat atau diskusi. Lebih baik melatih diri untuk siap presentasi sejak dini.

 

Faktor Penunjang Kesuksesan Karier

Beberapa orang juga justru mampu mengalami perkembangan karier lebih cepat karena kemampuan komunikasi atau presentasinya yang baik. Presentasi merupakan keterampilan yang mengkombinasikan antara kreativitas ide dengan kemampuan berkomunikasi. Dua hal ini tentu menjadi kunci dalam kenaikan jenjang karier juga.

Saat kamu hendak dipromosikan, biasanya perusahaan memintamu untuk melakukan presentasi dulu di depan beberapa direksi. Nah, bukankah jauh lebih baik kalau kamu mau belajar beberapa skill presentasi mulai sekarang?

 

Memperluas Networking

Orang yang sering melakukan presentasi biasanya makin mudah dikenal banyak kalangan. Percayalah, banyak relasi lebih cepat mengingatmu jika kamu lebih sering tampil. Itu sebabnya, presentasi pun mampu menjadi sarana menambah networking.

Networking sendiri tentu berperan besar dalam kenaikan jenjang karier. Siapa tahu kamu mendapat kesempatan kerja baru dari seorang klien yang pernah mengikuti presentasimu kan? Itulah kenapa kemampuan presentasi penting dalam berkarir. Semoga bermanfaat yaa..

Baca Juga: Ide Bisnis Keren 2021: Varash Saddan Nusantara

Rekomendasi
Artikel terkait