Cara Memilih Tawaran Pekerjaan Untuk Masa Depanmu
Cara Memilih Tawaran Pekerjaan Untuk Masa Depanmu

Cara Memilih Tawaran Pekerjaan Untuk Masa Depanmu

Memilih tawaran pekerjaan yang datang kepadamu bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih keputusan yang akan kamu jalani. Mulai dari masalah gaji, fasilitas, budaya perusahaannya dan prospek kariernya.

Jangan pernah terburu-buru memilih tawaran pekerjaan. Karena masa depan kariermu sangat bergantung dari keputusanmu di masa kini. Kamu bisa melakukan beberapa tips berikut agar kamu tidak salah mengambil keputusan.

Jangan Melihat Dari Gaji Saja

Dalam memilih tawaran pekerjaan, kamu tidak boleh melihat dari sisi gajinya saja. Gaji besar biasanya memiliki risiko dan konsekuensi yang sebanding. Jangan remehkan gaji kecil, kamu cukup andalkan pengalaman kerja yang bisa kamu jadikan bekal untuk karier masa depan.

Kamu boleh memiliki patokan atau standar gaji yang diinginkan, tapi tidak boleh terlalu fokus ke sana. Belum tentu gaji besar menjamin kebahagiaan kariermu dalam jangka panjang.

Sisihkan Waktu untuk Berpikir

Biasanya keadaan terdesak sering membuatmu bimbang memilih tawaran pekerjaan. Kamu merasa harus cepat memutuskan sebelum rejekimu diambil orang lain. Padahal, kamu tidak perlu terlalu terburu-buru , usahakan sisihkan waktu untuk berpikir.

Kamu bisa ajukan waktu dua hingga tiga hari untuk mempertimbangkan penawaran kerja tersebut. Berpikirlah jernih dan tenangkan hati terlebih dahulu agar kamu mampu mengambil keputusan dan menyiapkan diri nanti.

Baca Juga: Gaya Hidup Seorang Pebisnis. Yang Mudah Untuk Dilakukan

Baca dan Pahami Offering Letter

Biasanya HRD memberikan offering letter kepada pelamar kerja sebelum membuat kesepakatan kerja. Bacalah dengan cermat dan pahami isi dari semuanya. Garis besar pada surat tersebut biasanya akan mewakili gambaran isi surat kontrak kelak.

Jika ada hal yang kurang jelas, jangan ragu tanyakan kepada HRD. Offering letter sendiri sifatnya tidak mengikat kok, jadi kamu leluasa membacanya dengan cermat.

Pergunakan Masa Training Sebaik Mungkin

Jika kamu akhirnya memilih untuk menerima tawaran pekerjaan tadi, pastikan kamu gunakan masa training dengan baik. Pada masa ini kamu akan lebih mengenal tentang jenis pekerjaan, tugas, tanggung jawab, sistem kerja, hingga budaya kerja. Tugasmu adalah beradaptasi sekaligus menentukan apakah kamu cocok berada di sana.

Pahami dan kenali lingkungan kantormu sebaik mungkin sejak dini. Bulatkan hatimu dan putuskan apakah kamu sanggup bertahan di sana dalam jangka panjang atau tidak.

Itulah Cara Memilih Tawaran Pekerjaan Untuk Masa Depanmu. Berpikirlah jernih dengan hati tenang saat akan memilih tawaran pekerjaan. Memang beban belum mendapatkan pekerjaan kadang membuat kamu cepat panik. Namun, jangan sampai pertaruhkan kariermu dengan keputusan yang sembarangan ya!

Baca Juga: Tidak Cocok dengan Atasan? Lakukan Beberapa Cara Ini!

Rekomendasi
Artikel terkait