5 Soft Skills Penting Perlu Ada di CV
5 Soft Skills Penting Perlu Ada di CV

5 Soft Skills Penting Perlu Ada di CV

Pentingkah soft skills dimiliki oleh setiap orang ketika ingin memasuki dunia kerja? Apakah ini lebih penting daripada hard skills? Mungkin pertanyaan ini seringkali muncul, bahkan ketika para pelamar kerja sedang menyusun CV. Faktanya, entah itu soft skills ataupun hard skills, keduanya penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja.

Soft skills pada umumnya akan membantu kamu dalam proses promosi pekerjaan. Tentu saja ini bukan berbicara tentang kemampuan teknik, tapi lebih universal. Yaitu, kemampuan yang muncul berkaitan dengan interaksi dengan orang lain.

Lantas apa saja soft skills penting yang wajib ada di dalam CV pelamar kerja? Inilah beberapa soft skills penting yang harus kamu pahami:

Pemecahan Masalah

Dimanapun kamu bekerja, masalah tidak akan pernah hilang. Ini artinya seseorang dengan kemampuan pemecahan masalah yang baik sangat dibutuhkan dalam bidang pekerjaan apapun.

Kemampuan kamu dalam menemukan solusi, atau mengangkat ide brilian di tengah situasi yang riuh menjadi bekal yang cukup untuk berkarier di perusahaan. Nah, mencantumkan kemampuan problem solving menjadi salah satu daya tarik ketika tim HRD melihat CV kamu.

Kemampuan Beradaptasi

Ketika kamu melamar suatu pekerjaan, tentu saja lingkungan kerja tersebut akan menjadi sesuatu yang baru bagi kamu. Inilah mengapa kemampuan beradaptasi sangat penting dan dipertimbangkan oleh perusahaan.

Ketika rekruter membaca CV dan melihat ada “adaptability” tercantum, maka ini cukup menarik. Karena perusahaan akan kesulitan jika ada karyawan baru yang setelah diterima bekerja, ternyata tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Sumber Daya Perusahaan untuk Perusahaan Baru Bertumbuh

 

Teamwork

Soft skills yang harus kamu pertimbangkan ada di dalam CV adalah teamwork. Ketika bekerja kamu tidak selalu bekerja sendiri, kamu harus bisa jadi team-player.

Berdasarkan pengalaman, sebagian besar pekerjaan adalah tugas kelompok. Ini artinya, mau tidak mau kamu harus bisa menyelesaikan pekerjaan dengan rekan kerja, bahkan divisi lain.

Kemampuan Mendengarkan

Mengapa kemampuan mendengarkan menjadi soft skills penting yang harus ada dalam CV? Sebenarnya ini berkaitan dengan teamwork. Ketika kamu bekerja sama dan berinteraksi dengan orang lain, kamu harus bisa mendengarkan orang lain.

Seringkali kegagalan dalam berkarier diakibatkan ego tinggi yang tidak pernah mau mendengarkan apa yang disampaikan orang lain, sekali pun itu ide yang membantu.

Komunikasi

Kunci sukses dalam membangun hubungan kerja yang baik adalah dengan memiliki kemampuan komunikasi/publik speaking. Ini sangat penting dan sangat diperhatikan oleh tim HRD saat membaca CV para pelamar kerja. Kemampuan berkomunikasi juga menjadi salah satu bekal agar kamu lebih mudah mendapatkan promosi pekerjaan. Itulah 5 Soft Skills Penting Perlu Ada di CV.

Baca Juga: Tips Mengatasi Beban Kerja Kantor yang Berlebihan

 

Rekomendasi
Artikel terkait