Kamu Sekantor dengan Saudara? Cara agar Tetap Profesional!

Kamu Sekantor dengan Saudara? Cara agar Tetap Profesional!

Biasanya relasi antara seorang karyawan atau pekerja memang terbilang sempit dan sering mengejutkan. Mungkin kamu pernah mengalami kejadian menarik ketika rekan kerja kamu ternyata kenal baik dengan saudara atau orang-orang terdekat lainnya. Dan salah satu yang cukup sering terjadi adalah sekantor dengan saudara.

Jika kamu berkesempatan untuk bekerja dengan saudara kamu di kantor, kamu tentu harus tetap mengutamakan sisi profesionalitas.

Kamu Bisa Melakukan Beberapa Hal Ini untuk Menjaga Profesionalitas Ketika Sekantor dengan Saudara.
Saling Menghormati di Lingkungan Kerja

Walaupun kamu sekantor dengan saudara dan memiliki hubungan yang sangat erat dan akrab, kamu harus tetap saling menghormati di lingkungan kerja, Hindari lelucon yang biasa kamu lontarkan kepada saudara saat di rumah. Karena kamu dan saudara harus berhadapan dengan rekan kerja lain dan atasan selama berada di kantor.

Menjaga Rahasia Perusahaan

Jika salah satu dari kamu atau saudara kamu sudah lama bekerja di perusahaan, kemungkinan besar salah satu kalian mengethui lebih banyak rahasia perusahaan. Kamu maupun saudaramu harus setia menjaga rahasia tersebut. Usahakan untuk tidak banyak bercerita dan bertanya tentang rahasia perusahaan yang sepatutnya tidak diketahui.

Baca Juga: 12 Contoh Surat Pengunduran Diri & Melepas Jabatan Secara Profesional

Hindari Sikap Bergantung Satu Sama Lain

Sekantor dengan saudara bukan berarti membuatmu bebas bergantung satu sama lain. Ketika berada di kantor kamu dan saudaramu merupakan individu yang sudah mempunyai tugas masing-masing. Sekalipun kamu berada dalam satu tim bersama saudara kamu. Prinsip kemandirian dan profesionalitas harus dijunjung tinggi.

Jangan Sampai Membentuk Sekutu

Kamu mungkin merasa nyambung dan cocok dengan saudara dan beberapa rekan kerjamu hingga membentuk “Sekutu”. Hal ini tentunya harus dihindari karena membentuk sekutu hanya akan memperburuk pandangan rekan kerja lainnya. Kamu akan dianggap tidak mau berbaur dengan rekan kerja lainnya. Attitude kamu dan saudaramu harus sama-sama baik dan menunjukkkan produktivitas yang memuaskan.

Selalu Bersikap Adil dan Netral

Sikap adil dan netral harus menjadi bagian dari kepribadian kamu di kantor. Jangan tergoda untuk membantu atau meminta bantuan dari saudara ketika terjadi masalah pekerjaan. Sikap ini sangat penting supaya rekan kerja lainnya tidak menilai kamu sebagai sosok yang selalu memanfaatkan kesempatan dan berpotensi melakukan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Berkarir sekantor dengan saudara akan sangat menyenangkan jika kamu tahu cara menyikapinya. Pasti sangat membanggakan bila kamu dan saudaramu dapat mencapai jenjang karier cemerlang secara mandiri di dunia kerja. Kalau kamu mulai bersikap luwes, berarti kamu bisa mempertahankan profesionalitas dengan baik.

Baca Juga: 5 Tipe Atasan dan Tips untuk Menyikapinya

guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
adiyoga
Admin
adiyoga
August 9, 2021 12:39 am

Wah bagus

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x