Etika yang Saat Ada Panggilan Interview
Etika saat Interview Kerja

Etika saat interview adalah hal yang paling diperhatikan sebelum memutuskan apakah kamu akan diterima atau tidak dalam sebuah perusahaan.

Saat ini interview tidak selalu dilakukan dengan bertatap muka. Wawancara kerja melalui telepon sudah tak asing lagi dilakukan.

Biasanya, interview melalui telepon ini dilakukan sebagai screening awal sebelum melaju ke tahapan wawancara berikutnya. Bisa melalui Skype, Zoom atau mungkin panggilan telepon untuk wawancara secara langsung.

Berikut adalah etika menjawab panggilan interview:

 

JAWAB DENGAN SOPAN SANTUN DAN HATI HATI

Panggilan Interview Kerja - Varashcareer.id

Jika mendapatkan panggilan interview melalui telpon atau email dari perusahan yang telah kamu lamar, jawablah dengan sopan dan santun layaknya kamu sedang bicara kepada atasan.

Berikan si penelpon ruang untuk menjelaskan maksud dan tujuannya menelponmu dan kemudian kamu bisa menanggapinya dan memberikan pertanyaan kembali.

Panggilan interview bisa kamu terima jika kamu yakin pekerjaan itu akan cocok buat kamu dan dapat menghadiri wawancara di waktu yang telah ditentukan.

 

MENGUSULKAN ALTERNATIF WAKTU INTERVIEW

Jika kamu menerima panggilan interview tersebut, kamu dapat menanyakan detail informasi seperti: nama dan jabatan interviewer, alamat kantor yang jelas.

Selain itu kamu juga harus mulai mempertimbangkan jarak yang ditempuh menuju tempat wawancara dengan tempat tinggal kamu agar bisa datang ontime.

Atau sebaliknya, jika hari dan waktu yang ditawarkan untuk melakukan interview tidak pas, diskusikan untuk mengatur ulang jadwal interview.

Beri tahu penelpon bahwa kamu menghargai undangan interview ini dan kamu tidak sabar untuk bertemu, tetapi jadwalnya bentrok.

Kamu bisa bertanya apakah mungkin untuk mengatur ulang jadwal interview, kamu juga dapat menginformasikan tanggal alternatif untuk interview.

Selalu berusaha memudahkan penelpon karena kamu yang sedang mencari pekerjaan.

DATANG UNTUK INTERVIEW

Datang Saat Interview - Varashcareer.id

Ketika jadwal interview telah ditentukan, jangan sampai tidak datang! 

Jangan memberikan informasi bersedia datang tetapi tidak muncul pada saat interview, hal ini akan menurunkan nilai kepribadian kamu.

Jadilah diri sendiri, karna sangat penting untuk menjadi diri sendiri pada saat interview. Tunjukanlah sikap antusias mu dalam mengikuti proses interview tersebut.

Jadilah pribadi terbaik dari diri kamu dengan terhormat dan sopan.

Tersenyum, duduk tegak dan melakukan kontak mata itu penting dilakukan pada saat wawancara berlangsung.

 

PENTINGNYA ATTITUDDE

Pentingnya attitude saat Interview - Varashcareer.id

Fokuslah untuk menunjukkan attitude yang baik, yang seringkali jauh lebih berharga.

Perusahaan pastinya mencari kandidat yang memiliki antusias dan kemauan belajar yang tinggi untuk mengisi posisi di tempat mereka.

Jadi tunjukkan bahwa kamu memiliki dua atribut, antusiasme dan kemauan untuk belajar.

Kamu dapat berbicara tentang apa yang memotivasimu untuk bekerja di posisi tersebut atau apa yang kamu harapkan ketika kamu menjadi anggota tim mereka. 

Baca Juga: 5 Besar Pertanyyan Interview dan Cara Menjawabnya       

  

TINGGALKAN KESAN YANG MENDALAM

Tinggalkan kesan yang baik sebelum mengakhiri interview atau sebelum kamu berjalan keluar pintu.

Contohnya berucap pamit dan bersalaman pada saat akan keluar ruangan.

Momen ini seperti menandatangani nama kamu di akhir surat lamaran, dan merupakan hal terakhir yang akan diingat oleh pewawancara tentang kamu.

Itulah beberapa etika saat interview yang harus kamu perhatikan. Semoga bermanfaat.

 

Rekomendasi
Artikel terkait