Hal Dasar Yang Perlu Dipelajari Dalam Public Speaking
Hal Dasar Yang Harus Dipelajari Dalam Public Speaking

Hal Dasar Yang Perlu Dipelajari Dalam Public Speaking

Pernahkah kamu melihat orang melakukan presentasi atau menyampaikan sebuah materi? Bagaimana caranya berbicara di depan umum? Seperti apakah latihan yang benar untuk berbicara di depan umum? Apakah ada tips khusus yang perlu dipelajari agar dapat fasih berbicara di depan umum? Bagi kamu para karyawan, berikut ini ada beberapa tips untuk kamu agar terlatih berbicara dan presentasi di depan umum sehingga membuat kamu memiliki nilai lebih di mata atasan kamu. Selamat membaca dan pelajari setiap tipsnya! 

Lakukan Persiapan Sebaik Mungkin

Sebelum melakukan presentasi atau menyampaikan suatu materi di depan umum, sebaiknya perbanyak mengambil waktu untuk persiapan sebaik mungkin.

Kumpulkan setiap materi yang akan kamu bahas. Persiapkan setiap bahan sedetail mungkin dan susunlah dari yang paling umum ke materi yang paling khusus.

Tarik benang merah dari setiap materi yang akan kamu bahas sehingga ada gambaran besar dari pembahasan kamu. Hal ini dilakukan agar pembahasan tidak “ngalor ngidul”. Lakukan persiapan sejauh mungkin agar kamu benar-benar yakin siap dengan materi yang akan disampaikan.

 

Latihan Berbicara

Setelah semua materi terkumpul dan tersusun sebaik mungkin, pada tahap ini kamu dapat mulai berbicara di depan cermin. Lihatlah setiap ekspresi kamu sendiri di depan cermin dengan setiap kalimat yang kamu ucapkan. Usahakan bahwa sudah sedikit menghafal materi dengan baik terutama garis besar dari materi yang kamu sampaikan agar kamu tidak terlalu sering melihat kertas materi. 

Latihan di depan cermin bertujuan untuk melatih ekspresi kamu dan menilai mimik muka kamu saat melakukan presentasi. Dan setelah cukup yakin dengan hasil yang kamu nilai sendiri, mulailah untuk meminta beberapa teman dekat untuk melihat presentasi kamu. Minta penilaian mereka secara objektif dan bandingkan dengan penilaian kamu sendiri.

 

Latih Kontak Mata

Saat berbicara di depan teman-teman kamu, latihan ini agak sedikit berbeda dengan latihan di depan cermin karena kamu perlu melatih kontak mata dengan para audience, Usahakan bahwa kamu menatap mata dari para audience yang ada di hadapanmu. Dan tahukah kamu bahwa dari sorotan dan pancaran mata maka akan terlihat kesiapan dan kemantapan seseorang dalam menyampaikan bahan pembicaraan. 

 

Lawan Rasa Malu

Untuk apa kamu malu jika setiap persiapan sudah dilakukan dengan matang dan sudah yakin dengan materi yang akan disampaikan? Lawan rasa malu kamu dengan setiap persiapan yang telah dilakukan sebaik mungkin! Being Excellence karena kamu yakin bahwa kamu bisa dan mampu!

 

Jangan Pernah Puas

Ketika kamun sudah berhasil menyelesaikan presentasi, ada baiknya kamu minta beberapa teman merekam hasil presentasimu dan minta kritik dan saran mereka secara objektif. Tidak apa ketika kamu berpikir bahwa hasil presentasi yang kamu lakukan kurang memuaskan. Justru inilah saatnya kamu untuk memperbaikinya dengan motivasi yang semakin positif. Selalu perbaiki setiap kesalahan yang kamu lakukan dengan terus berlatih karena itulah kunci dari sebuah kesuksesan. Itulah beberapa hal dasar yang perlu dipelajari dalam public speaking 

Baca Juga : 5 Kebiasaan Yang Dapat Menghancurkan Karir

Rekomendasi
Artikel terkait