7 Kebiasaan Orang Yang Sangat Produktif
7 Kebiasaan Orang yang Sangat Produktif

7 Kebiasaan Orang yang Sangat Produktif

Seperti yang kita ketahui, produktivitas bukan selalu tentang menjadi pekerja keras atau selalu sibuk. Tetapi soal prioritas, perencanaan, dan bagaimana kita menghargai waktu.

Tingkat produktivitas setiap orang sudah pasti berbeda-beda.  Berikut ini ada beberapa kebiasaan  yang menandakan bahwa orang tersebut tergolong orang yang produktif, yuk disimak.. 

Berpikir Positif

Orang yang produktif adalah orang yang selalu berpikir positif. Mereka selalu melihat masa depan dengan spirit optimisme dan mempunyai keyakinan bahwa keberhasilan atau kesuksesan pasti akan bisa direngkuh.

Thinking Positive adalah juga sebuah sikap yang selalu berikhtiar melihat sisi positif dari beragam tantangan hidup, apapun jenis tantangan itu.

Habit of Thinking Positive  adalah sejenis kebiasaan yang senantiasa berfokus pada solusi  dan bukan selalu mengeluh atas beragam keadaan.

 

Bersikaplah Tangguh

Orang produktif memiliki kebiasaan untuk selalu gigih berjuang, ulet berusaha untuk mengatasi setiap tantangan yang ada, demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

orang yang memiliki sikap tangguh selalu memiliki kebiasaan untuk selalu bergerak maju dan tidak mudah menyerah pada keadaan, selain itu dalam memecahkan masalah mereka juga memiliki sikap untuk selalu fokus pada solusi, bukan komplain pada keadaan yang membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang produktif.

 

Kebiasaan Belajar Sendiri

Learning Habit adalah sebuah kebiasaan untuk terus belajar mengembangkan kompetensi diri. Sebab selalu ada celah untuk terus memekarkan potensi dan kapasitas diri dan untuk mengasah ilmu serta merajut ketrampilan. 

Karena aliran ilmu terus mengalun, dan kemajuan pengetahuan terus bergerak. Lalu kalau kita tidak memiliki kebiasaan untuk terus memetik sejumput ilmu, bukankah kita hanya akan menjadi manusia-manusia rongsokan, yang out of date ?

Merencanakan  dan Menerapkannya

Kebiasaan orang yang produktif adalah selalu menyusun rencana tindakan yang sistematis, dan kemudian MENERAPKANNYA. Orang yang produktif bukanlah orang dengan tipe NATO (no action talk only).

Sebagian orang menjadi sangat tidak produktif karena waktunya lebih banyak dihabiskan untuk ngobrol atau menghabiskan banyak waktu untuk meeting, membahas rencana, namun impelentasinya NOL.

Orang yang produktif bukan saja menyusun rencana secara terarah dan terpadu. Namun mereka kemudian melakukan proses implementasi dengan sungguh-sungguh, serta melakukan pemantauan progres realisasi action plan dengan cermat.

Memiliki Kebiasaan Untuk berbuat kebaikan

Pribadi produktif bisa menjadi sangat produktif karena ia rajin berbuat kebaikan kepada sesama dan alam semesta. Karena dengan menebar benih kebaikan maka akan berbalas pada kebaikan pula

Kebaikan akan berbuah kebaikan. The more you give, the more you get. Memiliki kebiasaan untuk menebar benih kebaikan akan membuka jalan kehidupan bagi tumbuhnya insan yang produktif dan mulia. 

Rajin Bersyukur

Riset-riset menunjukkan orang yang rajin bersyukur itu terbukti akan lebih bahagia hidupnya, lebih panjang usianya dan lebih sehat tubuhnya.

Semakin sering kamu bersyukur maka biasanya yang kamu syukuri itu akan makin sering hadir dalam hidupmu. Dan sebaliknya jika kamu sering mengeluh, maka yang kamu keluhkan itu justru akan masih sering hadir dalam kehidupan kamu.

Baca Juga : 10 Jenis Olahraga Yang Baik di Pagi Hari

Lakukan Olahraga Secara Teratur.

Studi membuktikan orang-orang yang rajin berolahraga (apalagi olahraga di alam terbuka) akan lebih bahagia hidupnya dan akan lebih kreatif dalam problem solving.

Beragam penelitian ilmiah juga membuktikan orang-orang yang rajin berolahraga akan membuat seseorang tidak mudah stress dan terkena penyakit, sehingga membuatnya lebih produktif dalam hidup. 

Rajin olahraga secara teratur seperti melakukan gerakan tubuh minimal 15 menit, setidaknya 4 kali seminggu. Itulah 7 kebiasaan orang yang sangat produktif dan perlu untuk kalian contoh. Semoga bermanfaat yaa..

Baca Juga : Hal Dasar Yang Perlu Dipelajari Dalam Public Speaking

Rekomendasi
Artikel terkait