9 Tips Melamar Kerja di Job Fair
9 Tips Melamar Kerja di Job Fair

9 Tips Melamar Kerja di Job fair

Mendapatkan pekerjaan di saat sekarang tidak bisa dikatakan mudah. Persaingan yang semakin ketat mengharuskan kita berusaha ekstra untuk mendapatkan pekerjaan. Tapi dibalik itu semua kita sudah mendapat kemudahan dalam melamar pekerjaan yang bisa dilakukan secara online melalui berbagai situs-situs pencari kerja.

Selain itu ada kemudahan juga yang kamu bisa lakukan saat m,encari kerja, yaitu adanya event Job Fair yang biasanya diadakan di pusat kota atau pusat-pusat keramaian, ini tentu dapat memudahkanmu. Nah supaya kamu sukses melamar kerja di Job Fair Berikut ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan!

Ketahui Perusahaan Incaranmu

Yang pertama kamu lakukan saat mencari kerja di job fair yaitu kamu harus mengetahui perusahaan apa saja yang hadir dalam job fair dan kamu harus mengetahui perusahaan mana saja yang kiranya relevan dengan kemampuan yang kamu miliki.

Meskipun banyak yang mau menerima lulusan dari jurusan apapun, tapi ada baiknya kamu juga harus selektif dalam memilih sebuah pekerjaan.

Ketahui Lowongan Pekerjaan yang Tersedia

Tips selanjutnya adalah mencari tahu lowongan pekerjaan apa saja yang tersedia di perusahaan incaranmu yang hadir di job fair.

Selain itu melamar pekerjaan tentunya membutuhkan persiapan. Karena bisa juga perusahaan tersebut mengadakan walk in interview, kamu juga harus menyiapkan berbagai pertanyaan yang mungkin ditanyakan.

Jangan lupa untuk memerhatikan kualifikasi dari setiap lowongan yang kamu lamar. Jangan sampai kamu melamar pekerjaan yang tidak tepat.

Tentukan Rute Paling Efektif

Dalam sebuah acara job fair, kamu akan bertemu dengan berbagai stan perusahaan dan pastinya akan dipadati oleh para jobseeker.

Maka dari itu, tentukan rute yang efektif sejak awal, agar kamu bisa menghemat waktu dan lebih fokus untuk melamar pekerjaan yang sudah kamu rencanakan.

Biasanya pihak penyelenggara akan menyediakan denah untuk dapat memudahkanmu.

Tunjukkan Antusiasme

Tips keempat agar sukses melamar kerja di job fair adalah dengan menunjukkan bahwa kamu antusias. Ketika datang ke job fair, datanglah dengan semangat dan antusiasme yang tinggi.

Menunjukkan antusiasme dan semangatmu akan meninggalkan kesan baik pada perekrut. Meninggalkan kesan adalah hal yang sangat penting, apalagi kamu harus bersaing dengan ratusan job seeker lainnya.

Cari Kesempatan Bicara Dengan HR

Tips lainnya untuk sukses melamar kerja di job fair adalah dengan berbicara pada HR manajer perusahaan.

Jika memungkinkan untuk berbicara pada anggota senior atau manajer HR saat acara job fair, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Setiap anggota tim HR pastinya dapat memberikan kamu segala informasi tentang perusahaan dan apa yang perusahaan cari.

Gali Potensimu

Tips sukses keenam melamar kerja di job fair adalah dengan menggali potensi kamu. Sebelum kamu melamar pekerjaan, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa potensi yang bisa kamu tunjukkan.

Kamu harus mempesiapkan perkenalan singkat tentang dirimu dan latar belakangmu. Dalam perkenalan yang singkat tersebut, kamu harus bisa membuat perekrut tertarik dengan keunikan dan potensi yang ada dalam dirimu.

Jalin Networking

Dalam dunia karier, menjalin networking adalah hal yang sangat penting. Datang ke job fair adalah salah satu kesempatan untuk meperluas networking kamu.

Pastikan kamu mendapatkan kartu nama dari setiap orang dari stan perusahaan yang kamu datangi. Kartu nama ini akan berguna ketika kamu perlu mem-follow up informasi  tentang lowongan pekerjaan dari perusahaan tersebut.

Tidak hanya dengan pihak perusahaan, kamu juga bisa menjalin networking sesama job seeker untuk menambah relasi. 

Jangan Lupa Untuk Apply

Kamu bisa apply pekerjaan dengan mengirimkan surat lamaran kepada manajer HR dan menjelaskan bahwa kamu telah mendapatkan berbagai penjelasan tentang perusahaan saat di job fair.

Kamu juga bisa menjelaskan bahkan kamu memahami apa yang perusahaan cari dan butuhkan. Kemudian kamu memaparkan segala potensi diri kamu yang layak untuk mengisi posisi yang dibutuhkan tersebut.

Follow up

Tips terakhir untuk sukses melamar kerja di job fair adalah jangan lupa follow up terkait pekerjaan yang kamu lamar.

Walaupun setiap perusahaan sudah mempunyai alur rekrutnya sendiri tapi kamu perlu melakukan follow-up ke perusahaan tersebut. Dan pastikan kamu tidak melewatkan setiap SMS, E-mail atau telepon yang datang padamu

Itulah 9 tips melamar kerja di job fair. Kamu tidak perlu merasa kecewa dan minder jika ternyata kamu tidak mendapatkan tawaran pekerjaan yang pas. Paling tidak kamu mendapatkan pengalaman dan networking. Tetap semangat karena masih banyak kesempatan melamar kerja di acara job fair lainnya yang bisa kamu datangi.

Baca Juga: Tips Membangun Team Work yang Baik

 

Rekomendasi
Artikel terkait