Tips Lebih Berani Berpendapat di Kantor
Tips Lebih Berani Berpendapat

Tips Lebih Berani Berpendapat di Kantor

Sejatinya, rasa takut dimiliki manusia untuk membantunya tetap hidup. Takut dengan hewan buas, takut dengan ketinggian, dan takut dengan hal lain. Nah, beberapa orang juga tidak berani saat harus berpendapat di depan banyak orang.

Padahal, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan, lho! Berbicara di depan umum soal pendapatmu justru bisa mendorong laju karier. Lantas, bagaimana denganmu yang masih malu-malu? berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, yukk disimak..

 

Bangun Rasa Percaya Diri

Sama halnya seperti saat public speaking, kamu wajib membangun percaya diri sebelum mengutarakan pendapat. Sampaikan pendapat tiap kali ada kesempatan. Pasalnya, percaya diri tidak hadir tiba-tiba, ia harus dilatih dan dipupuk terus-menerus.

Oleh karena itu, yakinkan dirimu bahwa kamu bisa. Ini merupakan modal pertama saat menyampaikan argumen. Kamu juga bisa melatih percaya diri dengan sering bertanya.

Hargai Pendapat Sendiri

Kunci kedua dari berani berpendapat selanjutnya adalah kamu harus bisa menghargai pendapatmu sendiri terlebih dahulu.

Ingat, hingga sampai ke titik yang dicapai sekarang, kamu tentu memiliki berbagai kemampuan dan kualifikasi. Lewat modal ini, pendapatmu tentu layak untuk dihargai.

 

Matangkan Dulu Argumenmu

Nah, meski memiliki berbagai skill, kamu tentu juga punya kekurangan. Coba cek kembali, apakah argumenmu memang layak dilontarkan?

Pahami dulu apa yang ingin kamu sampaikan. Jangan-jangan, hal ini sudah pernah dibahas dan sudah ditemukan solusinya.

Siapkan Diri Sebelum Ditanya

Salah satu hal yang menyebabkanmu ragu ingin bicara adalah takut pendapat tidak diterima atau dibantah. Nah, agar lebih berani dalam berpendapat, coba siapkan dulu skenario terburuk ini.

Hal ini bisa menambah percaya dirimu. Selain itu, kamu akan terlihat lebih meyakinkan jika selalu bisa menjawab saat ditanya.

 

Posisikan Diri Dengan Tepat

Tata cara bicara dan berpendapat dengan atasan tentu berbeda dengan saat mengobrol dengan rekan kerja. Cara menyampaikan argumen di tengah rapat juga lain dengan saat diskusi santai.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk memahami medan ini. Sesuaikan cara bicaramu dengan tempat dan situasi.

 

Beri Tanda Bahwa Kamu Ingin Bicara

Sudah siap dengan berbagai argumen dan punya cukup berani untuk berpendapat? Saatnya menyampaikan apa yang ada di benakmu!

Salah satu cara agar kamu diberi panggung adalah dengan melemparkan berbagai “kode”. Sampaikan lewat bahasa tubuh atau komunikasi nonverbal bahwa kamu ingin berbicara. Dengan begini, kamu tidak perlu memotong argumen orang lain di tengah-tengah bicaranya.

Baca Juga: Cara Profesional Menghadapi Beda Pendapat dengan Atasan

Sampaikan Pendapat Dengan Sopan

Kamu tidak setuju dengan apa yang temanmu katakan, tapi takut terkesan tak menghormati? Kamu ingin membela argumen orang lain, tapi khawatir temanmu yang satunya lagi merasa kurang dihargai? Sebenarnya, semua itu soal bagaimana kamu mengemas pendapatmu.

Selain itu, sebelum argumen kamu sampaikan, kamu juga bisa meminta konfirmasi dan penjelasan lebih lanjut. Lewat langkah ini, lawan bicaramu bisa tetap merasa dihargai. Dengan ke 7 cara ini dapat membuat kamu lebih berani berpendapat.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terjebak di Karier yang Salah

Rekomendasi
Artikel terkait