Menghadapi Rekan Kerja Bossy, Bagaimana Caranya?
Menghadapi Rekan Kerja Bossy

Menghadapi Rekan Kerja Bossy

Pasti ada saja hal yang kita hadapi dan temui jika bekerja dengan banyak orang. Bukan hanya kelakukan atasan yang kadang menjengkelkan tetapi juga rekan kerja yang membuat suasana kerja menjadi tak nyaman. Salah satunya adalah sikap bossy-nya.

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi rekan kerja bossy, yuk disimak..

Tegas

Perlu ada ketegasan dari kamu untuk memosisikan diri kalau kamu dan dia adalah sesama rekan karyawan jadi tidak sepantasnya dia berlaku demikian. Jika kamu tegas dan berani mengambil sikap, orang-orang pun akan segan dan tak mau “menindas” kamu.

 

Kembali Cek Tugas Kamu

Kamu harus tahu tugas dan tanggung jawab kerja yang dibebankan kepadamu. Selain itu, kamu juga harus tahu sejauh apa ruang lingkup pekerjaanmu.

Dengan mengetahui lebih jelas hal-hal tersebut, kamu akan terhindar dari kendali rekan kerja yang bersikap Bossy. Hal ini juga dilakukan untuk mengetahui apakah rekan kerja kamu memang di atas kamu atau setara. Dengan begitu, kamu bisa menyimpulkan apakah tindakannya padamu merupakan wewenangnya atau bukan..

 

Katakan Padanya, Kita Setara

Kamu bisa mengingatkan karyawan yang bersikap Bossy itu bahwa kamu dan dia masih setara di kantor. Sebutkan jabatanmu dan jabatan dia sebelum memutuskan untuk menerima segala tugas dan tanggung jawab tambahan darinya. Karena masing masing sudah dibebankan tugas yang harus lebih diprioritaskan terlebih dahulu.

 

Bantu Seperlunya

Terkadang sikap rekan kerja berlagak bos ini dilakukan untuk menutupi kekurangan. Dia butuh bantuan tetapi karena ada perasaan gengsi sehingga dia menyembunyikannya dengan bersikap sok bossy.

Sebagai pribadi dewasa bantulah rekan tersebut seperlunya tapi jangan sampai kemurahan hati kamu membuatnya jadi terbiasa sehingga selalu mengandalkan kamu dan melimpahkan seluruh tugasnya ke kamu.

 

Sindiran

Ada beberapa orang yang perlu disindir supaya sadar akan kesalahannya. Tetapi jangan mengatakannya langsung dan blak-blakan dengannya yang dapat memperparah kondisi.

Sindirian halus diharapkan membuatnya sadar bahwasanya sikapnya selama ini salah. Ini bisa kamu lakukan sehabis menyelesaikan ”tugas” yang dimintanya untuk kamu lakukan. Jangan pernah merasa takut selagi kamu yakin itu benar. Seni Mengkritik tanpa Menyakiti 

 

Atasan

Sebenarnya jika bisa diselesaikan sendiri alangkah lebih baik ketimbang memberitahukan kepada atasan betapa menjengkelkannya sikap rekan tersebut. Namun bagaimanapun, sebagai pimpinan, atasan berhak tahu apa yang terjadi pada karyawannya.

Itulah beberapa cara menghadapi rekan kerja bossy, biarlah ini menjadi opsi agar si rekan tersebut menghentikan kebiasaannya yang buruk.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Orang Yang Sangat Produktif

Rekomendasi
Artikel terkait