Kriteria Karyawan yang Bisa Mendapat Promosi Jabatan
Kriteria Karyawan yang Bisa Mendapat Promosi Jabatan

Kriteria Karyawan yang Bisa Mendapat Promosi Jabatan

Setiap Karyawan pasti mengharapkan adanya jenjang karir yang jelas di perusahaan tempatnya bekerja kecuali karyawan yang memang mencintai pekerjaan yang monoton. Tapi jika hendak naik jabatan tentu butuh memenuhi beberapa persyaratan. Tidak semua karyawan bisa mulus promosi karena banyak faktor yang dipertimbangkan perusahaan. Bahkan, durasi kerja yang lama pun tidak jadi jaminan karyawan bisa promosi duluan daripada karyawan baru. Lalu, persyaratan apa saja yang dibutuhkan seorang karyawan agar bisa naik jabatan? Berikut beberapa kriterianya..

 

Kinerja Bagus dan Berpotensi Jadi Pemimpin

Syarat pertama tentu saja setiap karyawan harus memiliki kinerja yang bagus. Lebih menonjol dan berprestasi akan memungkinkan karyawan naik jabatan lebih cepat. Kinerja kinerja yang dimaksudkan melingkupi banyak hal, baik hard skill maupun soft skill.

Selain itu karyawan juga seharusnya mempunyai jiwa kepemimpinan. Percuma saja jika bekerja baik dan terkesan hebat, tapi tidak mampu menggerakkan tim.

 

Mau Belajar dan Beradaptasi dengan Baik

Kriteria selanjutnya adalah sikap mau belajar. Maklum, tidak semua karyawan sungguh-sungguh belajar hal-hal baru dalam berkarier. Banyak karyawan yang sudah merasa cukup menerima gaji bulanan tanpa merasa perlu mengembangkan diri lebih baik.

Sikap mau belajar ini harus diimbangi dengan kemampuan adaptasi yang baik. Karena untuk menjadi pemimpin harus selalu siap dengan berbagai perubahan yang terjadi di perusahaan.

 

Memiliki Loyalitas yang Tinggi

Perusahaan tentu enggan memberi kenaikan jabatan bagi karyawan yang loyalitasnya dipertanyakan. Perusahaan jelas lebih butuh karyawan yang punya komitmen lebih panjang, bukan sekadar main-main.

Loyalitas inilah yang kemudian menjadi parameter layak tidaknya seseorang naik jabatan. Tidak ada perusahaan yang mau mengembangkan potensi karyawan secara sia-sia. Jangan sampai selepas promosi, karyawan tersebut hanya bertahan satu tahun kemudian resign ke tempat lain.

 

Punya Tekad Tinggi untuk Naik Level

Kriteria yang terakhir yaitu perusahaan akan memilih karyawan untuk naik jabatan bagi mereka yang sungguh-sungguh. Karyawan tersebut harus punya visi jangka panjang untuk mencapai tujuan karier di perusahaan tersebut. Nah, tekad semacam inilah yang kadang susah ditemukan perusahaan.

Terlebih di zaman sekarang, sudah sangat wajar jika karyawan bekerja ibarat “kutu loncat”.  Jika sudah tidak betah di tempat mereka bekerja maka mereka akan mencari pekerjaan baru.

Karyawan dengan tekad kuat untuk naik level jauh lebih dipertimbangkan perusahaan dalam memberi promosi. Menjadi karyawan yang bisa naik jabatan tentu butuh proses, jadi persiapkan rencana kariermu dengan baik mulai sekarang.

Itulah Kriteria Karyawan yang Bisa Mendapat Promosi Jabatan. Sudahkah kamu memenuhi kriteria di atas?

Baca Juga: Tips Mengahadapi Rekan Kerja yang Bossy

Rekomendasi
Artikel terkait