Tips Menyusun Resolusi Karier Agar Dapat Terwujud
Tips Menyusun Resolusi Karier Agar Dapat Terwujud

Tips Menyusun Resolusi Karier Agar Dapat Terwujud

Semua orang pasti memiliki angan-angan dalam hidupnya, sama halnya dengan sebuah Resolusi baik yang berkaitan dengan pekerjaan atau karir dan sebagainya. Biasanya menyusun resolusi karier dilakukan pada saat akhir tahun sebagai bekal untuk mengawali tahun yang baru. Banyak sekali impian atau tujuan dibuat berkenaan dengan karier.

Namun, perlu diingat bahwa menyusun resolusi bukan sekadar menuliskan impian semata. Kamu harus merencanakan jalan yang akan ditempuh untuk menuju tujuan yang dibuat. Nahh berikut tips ada beberapa tips membuat resolusi karier agar dapat terwujud. Yuk disimakk..

Buat Alasan Yang Kuat Untuk Resolusimu

Alasan apa yang mendorongmu menyusun resolusi karier ini? Kamu harus memiliki alasan atau motivasi yang kuat, resolusi biasanya hanya berakhir tanpa hasil yang pasti jika tidak ada dorongan atau motivasi dari dalam.  Kebanyakan orang terlalu bersemangat menetapkan tujuan berkarier dan melupakan cara mewujudkannya.

Buatlah alasan yang cukup kuat. Misalnya, kamu ingin memperoleh pendapatan lebih baik atau mendapatkan promosi jabatan. Dengan demikian, resolusi menjadi salah satu pemicu positif untuk menjalani karier.

Baca Juga: Kenapa Kemampuan Presentasi Penting Dalam Berkarier

Buatlah Target Pencapaian

Salah satu kunci penting dalam menyusun resolusi karier adalah membuat target yang jelas. Susun resolusi tersebut serinci mungkin, dan sebisa mungkin jangan terlalu umum.

kamu mencapai target tersebut dengan pekerjaan sekarang atau butuhkah side hustle untuk mendukungnya? Dengan target yang jelas, maka kamu tahu jalan apa yang harus disiapkan.

Rencanakan Jalan yang Akan ditempuh Menuju Resolusi

Menyusun resolusi karier memang harus realistis. Boleh saja bermimpi setinggi mungkin, tapi jangan lupa jalan-jalan menuju ke sana. Inilah pentingnya kamu mengukur kemampuan diri dalam rangka mencapai tujuan-tujuanmu.

Jadi, satu resolusi bisa saja memiliki rencana banyak. Pastikan buat rencana jangka pendek, menengah, hingga panjang secara realistis. Hindari berekspetasi berlebihan terhadap pencapaian resolusi jika kamu tidak pernah menyusun rencana jelas mewujudkannya.

Mengevaluasi Progress dan Proses

Kemudian yang terakhir yaitu rutinlah melakukan evaluasi terhadap resolusi kariermu. Cek progres apa saja yang sudah kamu lakukan tiap bulannya. Cermati cara apa saja yang sekiranya butuh kamu perbaiki atau pun improvisasi.

Andai kamu menemukan kegagalan dalam proses menuju tujuanmu, jangan buru-buru menyalahkan diri. Hargai dan nikmati semua proses yang sudah kamu lakukan. Mengevaluasi progres dan proses membuatmu lebih fokus mencapai berbagai resolusi kariermu.

Itulah Tips Menyusun Resolusi Karier Agar Dapat Terwujud. Semoga impianmu dalam berkarier dapat terwujud di tahun ini ya!

Baca Juga: Mengapa Teamwork Sangat Penting dalam Sebuah Perusahaan?

Rekomendasi
Artikel terkait