Jangan Abaikan Hal Ini Saat Mencari Pengalaman Kerja
Jangan Abaikan Hal Ini Saat Mencari Pengalaman Kerja

Jangan Abaikan Hal Ini Saat mencari Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja merupakan hal yang sangat amat penting dalam dunia kerja Sebagian besar fresh graduate saat baru lulus biasanya ada yang lansung ingin bekerja dan ada juga yang ingin melanjutkan Pendidikan. Tapi banyak perusahaan yang lebih tertarik mempekerjakan SDM yang sudah berpengalaman karena menganggap proses adaptasinya lebih cepat.

Itulah sebabnya, mendapatkan pekerjaan secara cepat kerap jadi tujuan utama fresh graduate tanpa memperhatikan berbagai hal penting lainnya.

Kalau saat ini kamu termasuk fresh graduate, lima hal penting ini justru tak boleh kamu abaikan saat mencari pengalaman kerja:

Standar Gaji yang Layak

Keinginan mencari pengalaman kerja tak boleh membuatmu melupakan standar gaji yang layak. Ingatlah bahwa kamu adalah fresh graduate yang punya keinginan untuk maju dan belajar hal-hal baru.

Jadi, sebaiknya kamu tidak menerima pekerjaan dengan gaji di bawah standar Upah Minimum Regional (UMR), terutama bila job desk-nya tergolong sangat berat hingga tidak sepadan dengan gajinya.

Lingkungan Kerja yang Kondusif

Bekerja bukan sekadar soal menyelesaikan kewajiban pribadi. Kamu juga harus mampu berkolaborasi dengan atasan dan rekan-rekan kerja untuk mencapai tujuan perusahaan. Oleh sebab itu, kondisi lingkungan kerja yang kondusif harus mendukungmu saat

Bekerja di lingkungan yang tidak kondusif (penuh politik tak sehat, perang dingin, atau komunikasi yang terhambat) bisa mengganggu perkembangan karier dan kesehatan mentalmu.

Baca Juga: Ide Bisnis Keren di 2021

 

Relasi dengan Banyak Orang

Saat mencari pengalaman kerja, kamu juga harus berupaya menjalin relasi sebanyak banyaknya dengan orang di lingkungan kerjamu. Selain menjalin hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja, jangan ragu berkenalan dengan rekan antar divisi, klien bisnis, dan pihak-pihak lainnya.ngatlah, peluang karier yang lebih cemerlang bisa saja berasal dari jalinan relasi tersebut.

Perlu Adanya Worklife Balance

Hal yang juga wajib menjadi perhatianmu saat mencari pengalaman kerja adalah work dan worklife balance. Jangan sampai kesibukan kerjamu di kantor membuatmu mengabaikan diri sendiri seperti kesehatan, kenyamanan diri sendiri, dan orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan dan sahabat. Sepadat apapun pekerjaan, kamu harus tetap memiliki waktu yang cukup untuk menjalani kehidupan pribadi secara nyaman.

Mencari Peluang Bisnis

Jika kamu lebih suka mengembangkan bisnis secara mandiri, jangan pernah lewatkan peluang bisnis. Bisa saja kamu menemukan peluang bisnis yang bisa dikembangkan bersama rekan kerja. Kesigapan memanfaatkan peluang bisnis akan membuatmu selangkah lebih maju dibandingkan bekerja untuk pihak lain.

Maka dari itu Jangan Abaikan Hal Ini Saat Mencari Pengalaman Kerja Niat mencari pengalaman kerja akan membawamu pada hal-hal baik bila kamu jeli memanfaatkan peluang. Dengan begitu kamu akan berkembang sebagai seorang profesional yang menjunjung tinggi etos kerja dan menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Tips Menyusun Resolusi Karier Agar Dapat Terwujud

Rekomendasi
Artikel terkait