Slow Day di Kantor?? Ini Caranya Tetap Produktif

Slow Day di Kantor?? Ini Caranya Tetap Produktif

Biasanya di lingkungan kerja kita sering dihadapkan dengan pekerjaan yang begitu banyak tapi tak jarang juga terjadi yang namanya minim pekerjaan dalam sebuah tempat kerja. Hal ini biasanya dikenal dengan istilah slow day. Meskipun terbilang langka, bukan berarti kamu tidak berkesempatan merasakannya.

Slow day kerap membuat kebanyakan orang jadi bermalas-malasan. Kamu tidak boleh meniru kebiasaan buruk tersebut, ya. Sebaiknya kamu melakukan beberapa hal ini agar tetap produktif walau tidak sedang banyak pekerjaan.

Melakukan Personal Branding

Pertama yang bisa kamu lakukan ketika slow day di kantor adalah memaksimalkan personal branding. Saat kamu disibukkan dengan pekerjaan yang tak kunjung selesai, kamu pasti tak sempat mengurus hal-hal penting ini seperti.

  • Update CV sesuai dengan pengalaman kerja yang sudah kamu dapatkan.
  • Memperbaiki dan menambah portofolio (jika ada).
  • Memerbaharui profile dan mencari relasi baru di media sosial dengan banyak orang.

Baca Juga: Jangan Abaikan Hal Ini Saat Mencari Pengalaman Kerja 

 

Merapikan Meja Kerja

Saat slow day  kamu juga bisa manfaatkan waktu untuk merapikan meja kerja. Bersihkan dokumen atau benda-benda yang sudah tidak terpakai, dan bersihkan meja kerjamu dari debu serta kotoran.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai hiasan di meja kerja (misalkan seperti pajangan, barang koleksi, atau bingkai foto) untuk menambah gairahmu saat bekerja.

Membuat Jadwal Kerja Kedepannya

Kondisi slow day tentu tak akan berlangsung lama. Kamu juga harus tetap membuat planning dalam bekerja. Gunakan waktu senggangmu di kantor untuk membuat jadwal kerja minggu depan.

Bila memungkinkan, kamu juga bisa mempersiapkan keperluan atau materi pekerjaan yang dibutuhkan minggu depan atau dalam waktu dekat. Sehingga nanti kamu tak akan kewalahan bila ada pekerjaan mendadak dengan deadline bersamaan.

Mempelajari Berbagai Keterampilan Baru

Kamu juga bisa memanfaatkan slow day untuk memelajari berbagai keterampilan baru, misalnya mengikuti webinar atau online training.

Waktu senggang akan jadi lebih bermanfaat karena kamu berkesempatan menambah wawasan. Bukan mustahil jika keterampilan baru tersebut memberikan dampak positif bagi kariermu.

Menyelesaikan Pekerjaan Sampingan

Jika kamu memiliki pekerjaan sampingan, tak ada salahnya menyelesaikan pekerjaan tersebut saat slow day di kantor. Namun, ingatlah bahwa pekerjaan sampingan tak boleh mengganggu fokusmu terhadap pekerjaan utama. Selama beraktivitas di kantor, pekerjaan utama wajib menjadi prioritas.

Jadi, apakah kamu sudah punya ide untuk memanfaatkan slow day di kantor secara maksimal?

Semoga kamu tetap produktif dan tak tergoda bermalas-malasan seharian, ya.

Baca Juga: Proses Pengemasan Produk Varash Sebelum Dikirim Ke Ekspedisi 

 

guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Berbisnis di Bidang Kesehatan dan Kecantikan - Varash
March 31, 2021 8:04 am

[…] Baca Juga: Slow Day di Kantor?? Ini Caranya Tetap Produktif […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x