7 Tips agar Dapat Rileks Saat Wawancara Kerja

7 Tips agar Dapat Rileks Saat Wawancara Kerja

Rasa nervous atau grogi seringkali menghampiri menjelang wawancara kerja berlangsung. Grogi bisa membuat wawancara kerjamu berantakan. Untuk itu, kamu harus tahu cara mengatasi grogi saat wawancara.

Sebelumnya, kamu harus mengetahui penyebab rasa grogi saat wawancara, Diantaranya yaitu: Wawancara kerja sebelumnya tidak sukses, Terlalu menginginkan pekerjaan, Tidak percaya diri, Tidak nyaman jika ada orang lain memberikan penilaian, apalagi jika reputasi dipertaruhkan, Kurang persiapan. Nah, agar kamu bisa tenang menjelang atau saat wawancara kerja dilakukan, cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut ini:

Jangan Datang ke Wawancara Kerja dengan Perut Keroncongan

Sebelum wawancara kerja, kamu harus mempersiapkan segalanya. Termasuk sarapan atau makan siang. Kamu akan kesulitan kalau menjawab pertanyaan rekruter dengan perut keroncongan.

Rencanakan Kegiatan Setelah Wawancara

Cobalah menjadwalkan kegiatan setelah sesi wawancara selesai. Semisal, ketemuan dengan teman atau pergi ke mall. Agar konsentrasi dan energimu tidak seluruhnya tercurah pada wawancara kerja. Dengan begini, kamu tidak akan terlalu stres.

Mencatat Hal-Hal yang Penting

Buatlah catatan kecil mengenai hal-hal penting yang berkaitan dengan wawancara. Semisal, jawaban dari pertanyaan umum yang sering ditanyakan, atau pertanyaan yang akan kamu tanyakan kepada rekruter.

Baca Juga:  Atasan yang Rendah Hati Lebih Disukai Karyawan

 

Berjalan-jalan di Luar Ruangan untuk Mengurangi Rasa Grogi

Untuk mengatasi grogi saat wawancara kamu juga bisa berjalan-jalan di luar ruangan sambil menghirup udara segar. Saat melakukan ini, kamu juga bisa mendengarkan musik atau menelepon teman untuk bercakap-cakap agar menjadi lebih rileks.

Senyumlah Meski Terpaksa

Cobalah untuk tersenyum meski kamu harus memaksakannya. Tersenyum terbukti bisa meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih santai. Siapa tahu, dengan banyak senyum, rekruter akan tertarik untuk merekrutmu.

Jangan Terlalu Berharap

Optimis bukan berarti kamu harus berharap terlalu tinggi. Berharap terlalu tinggi di sebuah wawancara kerja bisa membuatmu stres. Selain itu, kamu harus mempersiapkan kemungkinan yang terburuk. Dengan begini, kamu bisa jadi lebih rileks.

Wawancara Kerja adalah Percakapan Biasa

Ingat, kamu tidak harus terjun dari pesawat agar bisa diterima bekerja. Perlakukan wawancara kerja sebagai percakapan biasa kamu bercakap-cakap dengan satu atau beberapa rekruter. Selain itu, pahamilah bahwa rekruter sebenarnya juga berharap bisa merekrutmu.

Nah, tips di atas bisa kamu terapkan untuk mengatasi stres saat kamu melakukan wawancara kerja. Sehingga kesempatan untuk diterima kerja lebih besar. Itulah 7 Tips agar Dapat Rileks Saat Wawancara Kerja

Baca Juga: Succes Story Reseller Varash Ibu Darmi Cipta Sari Saragih

guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Menggali Informasi Tentang Perusahaan Tempat Kamu Interview Kerja
April 16, 2021 8:15 am

[…] 7 Tips agar Dapat Rileks Saat Wawancara Kerja […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x