Panduan Menulis Curriculum Vitae (CV)
Cara Membuat CV yang Baik
Curriculum Vitae atau disingkat CV yang kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti Daftar Riwayat hidup. yang menjelaskan secara ringkas mengenai diri sendiri, pencapaian dan pengalaman seseorang.

Langkah membuat CV yang baik Kita menyadari kalau berbagai hal didunia ini semuanya butuh proses. Tentunya proses tersebut kita jalani agar bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Hal inipun juga berlaku pada saat kita mencari pekerjaan di suatu perusahaan. Perusahaan tentunya tidak akan sembarangan dalam melakukan proses perekrutan, mereka tentunya memiliki prosedur atau tahapan yang harus dilalui para pelamar kerja.

Tahap pertama yang sudah pasti dilakukan oleh perusahaan yaitu membaca daftar Riwayat hidup/Curriculum Vitae  dari pelamar kerja. Karena Curriculum Vitae ini termasuk poin penting untuk menentukan layak atau tidaknya pelamar kerja masuk ke tahap selanjutnya. Meski hanya berbentuk tulisan dan data diri, ini tidak bisa dianggap remeh. Jika kita membuat Curriculum Vitae secara asal sudah pasti kita tidak akan bisa masuk ke tahap selanjutnya, jadi dalam membuat Curriculum Vitae kita perlu memperhatikan langkah langkahnya satu persatu agar CV yang dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tak perlu berlamalama, mari kita lihat langkah dibawah ini:

Melakukan Job Search

Sebelum kalian  membuat CV langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan kalian lamar. Perlu diingat CV yang menarik itu adalah CV yang relevan yang mana jenis pekerjaan itu sudah sesuai dengan bidang yang kalian minati.

Galilah segala informasi yang berkaitan dengan persyaratan pelamar contohnya kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, umur dan tidak jarang perusahaan juga mencari pekerja yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Selain itu, kalian juga perlu untuk mengetahui segala informasi tentang bergerak dibidang apakah perusahaan tersebut, kemudian visi misi, budaya perusahaan, serta etos kerja yang diimplementasikan perusahaan tersebut. Melalui informasi tersebut kalian bisa memilah dan menyaring perusahaan mana yang akan kalian tuju untuk dikirimkan CV kalian.

Ketahui Isi dari CV Secara Umum

Untuk orang yang sudah berpengalaman kesana kemari  menaruh lamaran pekerjaan, mungkin dalam membuat CV sudah menjadi makanan sehari hari. Namun bagi para fresh graduate informasi ini akan sangat membantu untuk mendapatkan garis besar pembuatan CV yang akan  dicantumkan nantinya.

Hati hati dalam proses penyusunan agar tidak membingungkan pembaca CV  terutama bagi para HRD. Pada umumnya hal yang ada dalam sebuah CV adalah sebagai berikut:

  • Identitas Diri: Dalam identitas diri hal yang perlu diisi yaitu Nama lengkap, alamat e-mail dan jangan lupa mencantumkan nomer telepon agar dapat memudahkan HRD menghubungimu.
  • Pendidikan: Kalian hanya perlu mencantumkan Pendidikan terakhir, jurusan dan IPK
  • Personalitas: Gambaran singkat mengenai karakter diri kalian.
  • Keterampilan: Keterampilan atau keahlian yang kalian miliki.
  • Pengalaman Kerja: Hal yang sudah kalian selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah kalian raih.
  • Training/Pelatihan Terbaru: Jika kalian pernah mengikuti Training atau Pelatihan itu bisa dicantumkan pada CV kalian.
  • Informasi Lain tentang Diri kalian: Hobi, referensi atau hal lain tentang diri kalian yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar.
Mulai Membuat CV

Buatlah Curriculum Vitae yang bisa membuat HRD minat untuk membacanya, salah satunya dengan membuat design yang menarik. Buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang rapi. Contoh desain atau format CV dapat kalian cari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”.

Kalian  disarankan untuk memilih desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dengan menggunakan simbol yang dapat dipahami oleh pembaca. Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada poin 2 di atas adalah:

  1. Mencantumkan Identitas Diri: Tuliskan nama lengkap kalian, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru kalian .
  2. Tulis jenjang pendidikan: Paparkan secara singkat, padat dan jelas mengenai latar belakang pendidikan kalian.
  3. Deskripsikan keterampilan serta skill yang kalian miliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi sasaran kalian.
  4. Apabila kalian sempat bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja dan pencapaian serta penghargaan yang pernah kalian raih apabila ada. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada diri kalian.
  5. Perlu dicantumkan juga berbagai Pelatihan atau Training yang pernah kalian ikuti dengan melampirkan sertifikat sertifikat jika ada.
  6. Cantumkan informasi tentang diri kalian yang dapat menunjang pekerjaan kalian dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, tempat kalian bekerja sebelumnya.

Baca juga : Fresh Graduate Gagal Interview? Apa Penyebabnya?

Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan yang Terdapat Dalam CV

Pada tahap ini kalian perlu membaca ulang dari awal sampai akhir CV yang telah dibuat. 

Cek Kembali ejaan yang salah dengan menggunakan kalimat yang jelas, singkat dan selektif. Usahakan menggunakan kalimat Bahasa Indonesia yang baku. Kalian bisa menggunakan bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata kata baku dari artikel di internet.

Langkah berikutnya kalian bisa mencoba minta bantuan teman untuk menilai CV kalian, buat perbandingan antara penilaian kalian dengan penilaian teman kalian yang lebih berpengalaman tentunya untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin saja bisa ditemukan.

Jika kalian  bisa menerapkan langkah-langkah di atas dengan baik, tentu sangat baik dan kemungkinan besar diterima dan diproses oleh perusahaan. Selamat mencoba yaa!

Rekomendasi
Artikel terkait