Bangkit Dari Kegagalan. Inilah Hal Yang Dapat Kamu Lakukan
Bangkit Dari Kegagalan

 

Tips Bangkit dari Kegagalan.

Dalam menjalani kehidupan memperoleh kesuksesan itu bukanlah hal yang mudah. Banyak rintangan yang harus dilalui, salah satunya adalah kegagalan. 

Seperti halnya di kantor atau dalam dunia bisnis tentu ada naik turunnya. Kalau sedang berada di atas tentu kita tak perlu risau karena hanya kebahagiaan yang akan menyelimuti.

Tapi bila sudah di bawah alias gagal, terkadang kita tidak akan berhenti meratapi kesedihan, keterpurukan dan menyesali diri sendiri bahkan tak jarang membuat jadi stres.

Jika kondisi tersebut terus dibiarkan dan tidak segera diubah, tentunya tidak baik untuk masa depan. Maka dari itu, segera bangkitkan diri dari kegagalan.

Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang belum menemukan cara yang tepat. 

Jika kamu sekarang ini merasa seperti mereka, jangan menyerah! Kamu  pasti bisa bangkit dari kegagalan!

Untuk membantumu mewujudkan hal tersebut, berikut ada cara yang dapat kamu lakukan.

Pandang Kegagalan Sebagai Jalan Menuju Sukses

Kamu memerlukan berkali-kali gagal sebelum akhirnya kamu berhasil bangkit dan dapat mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

Yang terpenting kamu terus mencoba dan terus berproses, tidak dengan diam saja.nJika hanya diam tanpa tindakan apapun, justru dari sanalah mulainya kegagalan permanen.

Sebagai contoh walaupun kamu lulusan baru yang ditolak berkali-kali saat melamar pekerjaan, jangan mengeluh dan menyalahkan keadaan, teruslah melamar ke sejumlah perusahaan.

Dengan tambahan kamu harus rajin baca buku terkait psikotest, wawancara kerja dan tes potensi akademik agar kepercayaan dirimu meningkat. Jika memungkinkan, belajarlah pada teman-temanmu yang berhasil menjadi karyawan.

Ambil Pelajaran Berharga dari Kegagalan Tersebut

Setiap kali kamu mengalami kegagalan sudah wajar jika kamu bersedih. Namun, jangan terlalu lama berlarut-larut dalam kesedihan.

Ingatlah poin pertama, bahwa tanpa kegagalan, kamu tidak akan menjadi sukses.

Teruslah cari penyebab-penyebab dari kegagalan sebelumnya, kemudian pikirkan apa yang sudah kamu pelajari dan tidak boleh terulang lagi di masa depan, serta bagaimana cara memperbaiki kesalahan tersebut di masa depan.

Kegagalan di masa lalu juga tidak sia-sia karena telah menjadi pelajaran paling berharga sebagai motivasi diri bangkit dari kegagalan dan menggapai kesuksesan.

Berpikirlah Jauh ke Depan

Kesuksesan merupakan hal yang membutuhkan kerja keras. Sangat diperlukan usaha keras dari siang dan malam.

Yang membedakannya adalah orang-orang sukses yang gagal berkali-kali, mereka berpikiran jauh ke depan. Mereka tetap optimistis dan terus bekerja.

Benarlah perkataan bahwa sukses adalah seperti menanam bambu. Orang tidak bisa melihatnya dalam jangka waktu dekat, namun tunggu hingga tunasnya melesat tinggi beberapa waktu kemudian.

Jagalah Pikiran Kamu

Jagalah pikiran kamu. Pikiran yang sehat akan membangkitkan gairah hidup yang positif.

Pikiran terwujud dalam tindakan. Tindakan menjelma menjadi sebuah kebiasaan.

Berpikirlah bahwa kamu sedang dalam proses menuju kesuksesan dan bisa melakukan lebih baik esok hari.

Pola pikir ini akan lebih memberikan spirit yang baik dibandingkan dengan terus berpikir bahwa kamu adalah produk kegagalan.

Tidak ada orang sukses yang berpikir negatif terlalu lama. Hindari bergaul dengan orang-orang yang selalu meremehkan atau melontarkan kalimat negatif terus-menerus.

Evaluasi Rencana Anda

Setelah kamu sudah mantap merasa ingin memulai lagi meniti kesuksesan, evaluasi terlebih dahulu rencana kamu ke depan.

Pikirkan apakah ada cara yang lebih baik, apakah ada orang yang dapat bisa membantu kamu ?

Pikirkan alternatif lain menuju suatu hal, terbukalah terhadap cara-cara baru yang mungkin saja lebih efektif mengantarkan kamu pada kesuksesan dan bangkit dari kegagalan.

Beri Waktu untuk Melangkah Selanjutnya

Kamu pastinya mungkin memerlukan sedikit waktu untuk membangkitkan semangat lagi dengan melakukan hal yang kamu suka.

Tidak apa-apa, berikan dirimu  batasan waktu untuk hal tersebut. Satu hari? Seminggu? Berapa pun itu, pastikan saat tenggat waktu habis, kamu sudah siap dengan rencana-rencana yang akan dilakukan.

Rencana tersebut dapat kamu tulis dalam buku saku, telepon seluler, dalam dalam bentuk list harian.

Kelilingi Dirimu dengan Orang-orang Positif

Jika sedang memulai berbisnis atau meniti karier bangunlah hubungan dengan seorang mentor yang dapat membantu kamu bangkit dari kegagalan.

Ada orang-orang di dunia ini yang hanya berada di dekatnya saja bisa membuat sesorang tertular semangat.

Orang-orang berenergi positif ini yang kamu perlukan demi pikiran dan tindakan kamu yang lebih positif.

Baca Juga : Etika Saat Ada Panggilan Interview

Teruslah Mencoba

Belajar bangkit berarti kamu tidak boleh menyerah di tengah jalan namun perlu terus-menerus mencoba.

Salah satu kutipan dari Thomas Alva Edison adalah “Saya tidak gagal. Bahkan saya berhasil menemukan 9.999 cara yang tidak bekerja untuk hasil yang saya inginkan dan baru berhasil di percobaan ke-10.000.”

Nahh, jadi, jangan  patah semangat jika jumlah kegagalanmu masih jauh dari hitungan ribuan.

Setiap orang memiliki jalannya tersendiri, percayalah dengan terus mencoba jalan tersebut maka akan  berbuah kesuksesan bagi kamu.

Itulah tadi cara-cara yang dapat membantu kamu bangkit dari kegagalan atau keterpurukan. Ingatlah bahwa kesuksesan paling banyak diraih oleh orang-orang yang menyadari bahwa kegagalan adalah sebuah jalan yang harus dilalui sebelum mereka meraih sukses..

 

Rekomendasi
Artikel terkait