Tips Memulai Usaha Sendiri
Tips Memulai Usaha Sendiri

Tips Memulai Usaha Sendiri

Bagaimana sih tips memulai usaha sendiri??

Memulai usaha dari nol memang bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan tekad yang kuat, usaha yang keras dan kemauan untuk terus belajar.

Menurut kamu apa tantangan yang paling berat dalam memulai usaha sendiri? Bukan tidak ada modal, bukan juga tidak ada ide baru.

Yang paling sulit adalah mempertahankan Pondasi berusaha tersebut, tetap bertahan dalam usaha meskipun menghadapi banyak tantangan.

Jadi buat kamu yang masih takut dan ragu untuk memulai usaha sendiri, kini saatnya untuk merubah cara pandang kamu.

Hilangkan prasangka bahwa memulai usaha dari nol adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Ada banyak cara untuk memulai usaha dari nol yang wajib kamu terapkan. Lalu bagaimana tips untuk memulai usaha sendiri supaya tidak mudah menyerah ?

Plan Bussines

Mempunyai mimpi yang besar

Dengan memiliki mimpi yang besar kamu dapat memotivasi diri sendiri saat mengalami munculnya kesulitan, mimpi besar tersebut bisa menjadi penyemangat yang menopang kamu untuk tetap semangat dan tidak mudah menyerah. Hal ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh mimpi, termasuk dalam berusaha.

Sesuaikan dengan “Passion” kamu

Tidak peduli sesering apapun kamu mendengarnya, passion adalah salah satu faktor yang terpenting untuk memulai sebuah usaha.

Bahkan bukan hanya untuk memulai, tetapi juga untuk mengelolanya hingga sukses. Bekerja karena dorongan cinta atau hobi pasti hasilnya akan berbeda.

Ada keinginan kuat untuk memberikan yang terbaik. Walaupun penjualan sedang merosot, tetapi karena melakukannya bukan karena tuntutan keuntungan, namun karena memang menyukainya, kita akan terus berkarya memberikan yang terbaik. Kasarnya, tidak dibayar pun, kita tetap mau mengerjakan hal tersebut.

Dukungan keluarga

Kenapa dukungan keluarga penting saat membuka usaha sendiri?

Keluarga menjadi hal yang terpenting sebelum memulai usaha, apalagi jika kamu baru akan merintis usaha.

Keluarga menjadi pendukung dari segi materil dan non materil. Saat usaha sedang sulit, jika keluarga tidak mendukung pasti kerap mengeluh dan akhirnya mundur.

Namun sebaliknya, jika keluarga yang mendukung pasti akan tetap memberikan semangat dan yang paling penting mau ikut prihatin.

Mereka paham bahwa kesulitan sekarang akan mendatangkan kebahagiaan yang lebih besar nantinya.

Belajar dari orang sukses

Banyak-banyaklah belajar dari mereka yang sudah berhasil. dari mereka kamu akan paham bahwa membangun usaha itu tidaklah mudah.

Ada proses yang berliku yang mau tidak mau harus kamu lewati jika ingin sukses nantinya.

Mereka yang sukses pun pernah melalui proses yang berliku, namun mereka berhasil karena mereka mampu bertahan.

Tentukan produk yang akan dipasarkan

Sebelum memulai usaha, ada baiknya kamu harus menentukan produk apa yang ingin kamu tawarkan kepada calon pembeli.

Dari hasil riset yang mendalam, kamu juga harus mengetahui persis produk apa yang tepat bagi target pasar yang ingin kamu tuju.

Setelah menentukan produk, kamu bisa melakukan uji coba pasar.

Namun pastikan bahwa hasil percobaan yang kamu lakukan memang pas dengan pasar yang ingin kamu tuju. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk kamu memiliki tempat di pasar.

Modal usaha

Nah sekarang kita bahas faktor eksternal dalam memulai usaha yaitu modal usaha.

Kamu tidak akan bisa menjalankan usaha jika modal yang kamu miliki belum cukup. Hitung secara teliti mana yang termasuk kebutuhan yang paling penting agar usaha bisa berjalan.

hindari pembelian barang-barang yang di rasa tidak perlu untuk di beli sekarang.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk memulai berusaha seperti halaman rumah, garasi, dapur, peralatan masak dan lain sebagainya.

Baca Juga : Hal yang Perlu Dipelajari ketika Memulai Karier dari Bawah

Lakukan promosi secara tepat

Promosi adalah salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan untuk mengenalkan produk ke calon pembeli. Semakin sering kamu melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui produk kamu.

Dalam hal promosi, agar tidak terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat.

Kamu dapat mencoba mempromosikan produk kamu melalu sosial media seperti Facebook (market place) atau google adwords, kedua platform tersebut dapat menentukan target sesuai apa yang kamu inginkan.

Berikan yang terbaik

Pepatah mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Maka sudah sepantasnya kamu memberikan yang terbaik untuk pembeli agar mereka puas.

Jika pembeli merasa puas biasanya mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk datang ke bisnis yang kamu miliki.

Setelah melakukan 8 tips di atas untuk memulai usaha sendiri, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah pengelolaan keuangan dengan tepat.

Kunci sukses memulai usaha sendiri itu, tidak hanya produk yang bagus dan strategi pemasaran yang brilian. Tetapi lebih dari itu, butuh kekuatan dan keuletan untuk terus bertahan.

Karena ketika pengusaha mundur sebelum sampai ke tujuan, segala strategi dan rencana yang jitu serta produk yang mumpuni pun akan menjadi sia-sia semuanya.

Rekomendasi
Artikel terkait