Tips Sukses Interview Online
Tips Interview Online

Tips Sukses Interview Online

Seperti yang kita tahu dalam proses recruitment di Era Digital seperti sekarang ini, tidak jarang perusahaan melakukan wawancara jarak jauh melalui online dengan para calon karyawannya. Biasanya perusahaan yang melakukan wawancara online bukanlah perusahaan sembarangan dan umumnya berskala multinasional. Selain lebih menghemat waktu dan biaya, cara ini juga digunakan untuk menjaring lebih banyak calon karyawan dari segala pelsok daerah.

Meski tidak tatap muka, bukan berarti wawancara online ini lebih mudah sehingga kamu menyepelekannya. Justru aka nada banyak tantangan dan gangguan yang bisa saja menggangu kelancaran wawancara. Maka dari itu kamu juga harus mempunyai persiapan yang matang jika ada undangan interview online. Berikut Ini Varashcareer akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam proses interview online, yukk disimak..

 

Perhatikan Koneksi Internet dan Siapkan Alat Pendukungnya

Salah satu hal pertama yang harus diperhatikan dan dipersiapkan adalah mengecek ketersediaan koneksi internet dan mempersiapkan alat pendukungnya. Mengecek ketersediaan internet tersebut seperti memeriksa kestabilan dan kecepatan koneksi internetnya.

Jika wifi rumah kurang mendukung, kamu bisa mencari tempat lain yang memiliki kecepatan internet stabil. Jika menggunakan kuota ada baiknya untuk mengecek ketersediaan kuota, jika belum mencukupi maka anda harus membelinya terlebih dahulu.

Selain ini kamu juga harus mempersiapkan alat pendukung lainnya seperti handphone atau laptop dalam kondisi baterai penuh.

 

Tetap Mengenakan Pakaian Formal Yang rapi

Walaupun melakukan interview secara online, kamu tetap harus mengenakan pakaian formal. Dengan menggunakan pakaian yang bersih dan sopan layaknya seperti wawancara tatap muka langsung.

Jangan mentang-mentang kamu melakukan wawancara online dari rumah, lantas kamu menggunakan kaos atau busana kasual

Secara teknis, pihak mewancara hanya akan melihat setengah badan saja atau bisa pula hanya fokus pada jawaban yang dilontarkan.

Hanya saja, hal ini adalah kesempatan emas dan berharga bagi Anda terlebih untuk bisa bekerja di perusahaan multinasional.

Tentunya untuk bisa mencapai hal tersebut awali dengan bersikap professional dari baju yang yang dikenakan tersebut.

 

 Siapkan tempat Yang Mendukung

Setelah siap dengan koneksi internet yang memadai dengan pakaian yang formal, langkah selanjutnya adalah siapkan tempat yang memadai agar proses interview bisa berjalan lancar.

Menyiapkan tempat ini dimaksudkan agar ketika wawancara tidak ada gangguan suara-suara yang bisa membuat konsentrasi menjadi tenggangu.

Selain menjauhkan diri dari suara-suara bising, hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat adalah memilih background yang tepat. Bisa menggunakan background dengan warna polos, background rak buku dan background lainnya yang tidak menimbulkan prasangka lain.

Baca Juga : Beberapa Keuntungan Bekerja Part Time

Ketika Menjawab Pertanyaan Selalu LIhat Kamera

Saat sedang interview online, jangan lupa untuk fokus melihat kamera bukan pada monitor. Bukan berarti lawan bicara ada di layar monitor maka kamu menjawab langsung tanpa melihat kearah kamera.

Ini penting untuk dilakukan agar tidak terjadi kesalahanpahaman ketika berkomunikasi. Atau bisa jadi kamu dinilai tidak sopan atau tidak menghargai interviewers.

Maka dari itu, agar tidak terjadi kesalahpahaman, hal yang perlu dilakukan adalah fokus serta ingat selalu untuk melihat kamera pada layar laptop atau handphone.

Kuasai Pertanyaan Umum Interview Kerja

Sebelum memulai interview online kamu bisa membuat prediksi pertanyaan yang akan sering ditanyakan saat wawancara dan tuliskan jawabannya.

Berlatihlah seakan-akan kamu sedang menerima pertanyaaan dari interviewer dan kamu menjawabnya. Kuasai semua pertanyaan umum interview kerja yang biasanya dilontarkan oleh interviewers

Kamu dapat latihan di depan kaca sambil merekam suara. Perhatikan ekspresi wajah, volume dan nada bicara, dan postur tubuh.

6 Gestur Tubuh Yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara

Usahakan jangan terlalu banyak menggumam seperti “emm..” atau “anu..”, karena itu tandanya kamu ragu atau tidak yakin dengan yang kamu sampaikan.

Itulah beberapa Tips Sukses Interview Online, Semoga bermanfaat yaa..

Rekomendasi
Artikel terkait