Cara Melatih Disiplin Diri
Cara Melatih Disiplin Diri

Cara Melatih Disiplin Diri

Mencapai sebuah tujuan jika hanya dengan tindakan saja itu tidak cukup. Kita perlu tindakan dan konsistensi yang terus menerus. Setiap pencapaian memerlukan disiplin pikiran dan disiplin tindakan. Tanpanya, tujuan hanyalah tulisan di atas kertas.

Maka, perlu bagi kita melatih disiplin diri. Berlatih untuk menciptakan kebiasaan berpikir dan bertindak yang baru. Berikut ini beberapa cara melatih disiplin diri yang dapat kita praktikkan.

 

Jadwalkan Rutinitas di Jam  yang Sama.

Kamu bisa menjadwalkan satu aktivitas rutin di pagi hari. Aktivitas tersebut tidak memerlukan waktu lebih dari 15 menit. Misalnya, kamu ingin memiliki kebiasaan menulis atau berolahraga, kamu bisa luangkan waktu 15 menit untuk untuk kegiatan tersebut.

Tetapkan jam persisnya. Tunggu melakukan aktivitasnya sampai jam menunjukkan waktu tepat seperti yang dijadwalkan. Ini melatih kita untuk tidak bergantung pada impuls dan mood. Lakukan aktivitas ini secara rutin dan pantau kemajuanmu.

Menjadwalkan aktivitas seperti ini melatih kita untuk fokus pada prioritas kita. Juga melatih kebiasaan memulai. Batas 15 menit membuat kita tidak terbebani keharusan menyelesaikannya saat itu juga. Ini akan menghindarkan kita dari kebiasaan menunda.

Ciptakan Rutinitas dengan Kuota Minimum.

Pekerjaan rumah (menyeterika, cuci piring, merapikan isi lemari, menata koleksi buku) seringkali membuat kita malas. Kita sering berharap seandainya ada satu hari longgar, barulah kita akan menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut.

Alih-alih demikian, alokasikan waktu 10-20 menit untuk mengerjakan pekerjaan rumah tersebut. Misal, cuci piring, alokasikan 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore hari. Pada saat mengerjakan, kerjakan hanya 15 menit. Selesai tidak selesai, hentikan pekerjaanmu setelah 15 menit.

Contoh lain seperti berolahraga. Pada awal merutinkan olahraga saya hanya mengalokasikan untuk melakukan jumping jack 30x, ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit. Saat mengerjakan project apapun itu kamu juga  bisa menerapkan  metode yang sama. Keuntungan dari metode ini adalah menghilangkan rasa malas dan penundaan. Karena kecilnya tugas yang harus diselesaikan.

 

Miliki Buku Catatan Harian.

Untuk mengawali harimu kamu perlu kamu perlu membuka buku catatanmu. Pikirkanlah hal hal yang perlu kamu tuntaskan hari ini kemudian buat prioritas. Kerjakan hal yang penting/urgent di awal kamu melakukan aktivitas. Lakukan aktivitas ini setiap hari maka kamu akan menjadi orang yang bekerja karena prioritas, bukan karena impuls.

 

Mulai Harimu Lebih Awal.

Sebagian besar pembisnis yang sukses pasti mempunyai kebiasaaan yaitu “Morning Person.” Mereka bangun lebih pagi dibanding pebisnis lainnya. Mereka biasanya mengerjakan hal-hal penting di awal hari. Mereka menyelesaikan lebih banyak hal di pagi hari dibandingkan yang orang lain kerjakan seharian.

 

Beri Reward untuk Diri Kamu Sendiri.

Mendisiplinkan diri bukan berarti kamu menjadi orang yang kaku pada dirimu sendiri . kamu juga harus punya Me Time untuk dirimu sendiri. Jadwalkanlah waktu untuk beristirahat, liburan, atau menyenangkan diri sendiri.

Misalnya kamu berhasil olahraga teratur sesuai jadwal dalam sebulan maka kamu sudah pantas memberi reward pada dirimu sendiri. Contoh lain jika kamu berhasil mengendalikan pengeluaran kamu dalan tiga bulan, Maka hadiahi dirimu dengan uang yang bisa kamu belanjakan sepuasnya di mall misalnya. Itulah 5 cara melatih disiplin diri

Baca Juga : Bisnis Sampingan untuk Pekerja Full Time

Rekomendasi
Artikel terkait