Habis Gajian Jangan Lupa Lakukan Cek List Keuangan
Habis Gajian Jangan Lupa Lakukan Cek List Keuangan

Habis Gajian Jangan Lupa Lakukan Cek List Keuangan

Disibukkan karena sebuah pekerjaan bisa saja membuat kita lupa untuk mengurus kondisi keuangan kita, terlebih lagi jika ada banyak pengeluaran yang harus dilakukan. Hal seperti ini tentunya harus dihindari. Hal seperti di atas seringkali menjadi penyebab kondisi keuangan akan buruk. Salah satu cara menyiasatinya yaitu dengan melakukan melakukan cek list keuangan setiap bulannya.

Cek list keuangan yang dimaksudkan, yaitu memastikan kamu sudah menyisihkan sejumlah uang untuk memenuhi pos-pos pengeluaran bulanan. Pengeluaran bulanan biasanya meliputi 3 pos besar, yaitu living, saving dan playing. Living yaitu pembayaran untuk hidup sehari-hari. Saving adalah tabungan. Sedangkan playing merupakan pengeluaran untuk hiburan atau kesenangan yang sifatnya pribadi. Maka dari itu habis gajian? jangan lupa membagi

 

Pengeluaran untuk Kebutuhan Bulanan

Pengeluaran untuk living terdiri dua item pembayaran. Salah satunya, pengeluaran kewajiban. Umumnya, jika pengeluaran kewajiban tidak dibayarkan tepat waktu, kamu akan mendapatkan sanksi berupa denda, akumulasi bunga yang lebih tinggi, atau sanksi dalam bentuk lain.

Yang kedua yaitu pengeluaran kebutuhan. Pos ini terdiri dari tiga jenis pengeluaran. Salah satunya, tagihan fasilitas. Di antaranya, tagihan listrik, telepon, air, internet, dan lain-lain. Terlambat melakukan pengeluaran kebutuhan juga bisa dikenai sanksi.

Jenis pengeluaran lainnya, yaitu pengeluaran untuk belanja makanan dan minuman. Pastikan kamu memiliki jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum untuk sebulan penuh.

Baca Juga: Bagaimana HRD Merekrut Karyawan? Cari Tau Dulu Rahasianya

Dana Darurat dan Tabungan

Pos saving terdiri dari dua pos pengeluaran. Yang pertama adalah tabungan atau investasi. tetapkanlah berapa persen kamu ingin mengalokasikan uang untuk tabungan. Selain itu, alokasikan pula uang untuk investasi. Keuntungan memiliki investasi adalah kamu bisa mendapatkan profit atau penghasilan tambahan.

Yang kedua yaitu dana darurat. Dana darurat diperlukan jika secara mendadak kamu membutuhkan uang dalam jumlah yang besar. Untuk yang masih single, dana darurat besarnya 5 hingga 6 kali jumlah gaji.

Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga jumlahnya bisa dua kali lipatnya. Setiap bulannya lakukan cek list keuangan untuk alokasi dana darurat.

 

Pengeluaran untuk Kesenangan Pribadi

Pos playing merupakan pos pengeluaran untuk hiburan dan kesenangan pribadi. Misalnya, biaya berlangganan Netflix, belanja fashion, wisata kuliner dan travelling. Kamu juga bisa memasukkan pengeluaran untuk hobi di kategori ini.

Nah, dengan selalu lakukan cek list keuangan setiap bulannya, kamu sudah bisa mengetahui kondisi keuanganmu di awal bulan. Kamu juga bisa menyiasati jika seandainya ada pengeluaran dalam jumlah besar yang harus dilakukan pada bulan tersebut. jangan lupa lakukan cek list keuangan setiap bulannya. Nah itulah pentingnya habis gajian jangan lupa untuk menyisihkan uangmu.

Baca Juga: Program Berash: Berbagi Bersama Varash

Rekomendasi
Artikel terkait