Pentingnya Update CV Teratur Apa yang Harus Diperhatikan?
Pentingnya Update CV Teratur Apa yang Harus Diperhatikan?

Pentingnya Update CV Teratur, Apa yang Harus Diperhatikan?

Mayoritas orang hanya memperhatikan isi Curriculum Vitae (CV) saat sedang gencar melamar pekerjaan. Padahal, update CV harus dilakukan secara rutin seiring dengan perkembangan kariermu. Jadi, jangan lupa melakukannya dengan teratur agar tidak ada informasi karier yang terlewatkan, ya. Kira-kira apa saja sih yang harus kamu lakukan ketika update CV secara teratur?

Mengevaluasi Pengalaman Kerja

Saat masih berstatus fresh graduate, tentu saja kamu mesti mencantumkan pengalaman magang, part time, freelance, atau volunteer dalam CV. Seiring berjalannya waktu, beberapa pengalaman awal tersebut harus digantikan dengan pengalaman karier terbaru, terutama pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaanmu saat ini.

Bila kamu sudah memiliki banyak pengalaman kerja, usahakan untuk memilah pengalaman tersebut dan menyertakan yang terbaik pada CV-mu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stress Saat Pandemi

Update CV dengan Kemampuan Berkaitan dengan Teknologi

Proses update CV juga tak lepas dari kemampuan yang berkaitan dengan teknologi. Sebaiknya kamu mencantumkan informasi tentang kemampuan tersebut, misalnya penguasaan software tertentu.

Alangkah lebih baik bila kamu meluangkan waktu untuk memperkaya diri dengan kemampuan teknologi terbaru, apalagi kalau bidang pekerjaanmu berkaitan erat dengan teknologi.

Informasi tentang penguasaan teknologi dalam CV akan menambah daya tarikmu sebagai seorang pekerja profesional.

Mengubah Informasi Pendidikan Formal

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan fresh graduate saat membuat CV adalah mencantumkan informasi pendidikan formal secara berlebihan, yaitu mulai dari jenjang TK hingga perguruan tinggi. Padahal, kamu hanya perlu mencantumkan info pendidikan dari sekolah tinggi hingga perguruan tinggi.

Jika kamu berkesempatan menempuh pendidikan lebih dari S1, maka kamu mesti menyertakan info pendidikan tersebut untuk menggantikan info pendidikan di sekolah tinggi. Update CV pada bagian pendidikan formal akan membuatmu terkesan makin profesional dan peduli terhadap kualitas diri sendiri.

 Update Tampilan CV agar Lebih Fresh

Satu hal penting lagi yang tak boleh kamu lupakan saat update CV adalah mengganti tampilannya agar lebih fresh. Cobalah mencari referensi tampilan CV terbaru yang terkesan modern tetapi tetap simpel. Tampilan CV yang menarik memang penting untuk memberikan kean pertama yang istimewa kepada tim rekrutmen.

Kini, banyak aplikasi dan website yang bisa kamu gunakan untuk edit CV secara mudah, antara lain Canva, Kickresume, Kinza, dan VisualCV. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan software standar seperti Ms Word untuk mengedit tampilan CV supaya lebih kekinian.

Tak ada kata terlambat untuk melakukan update CV secara teratur. Yuk, perbaiki CV kamu untuk mendukung profesionalitas sekaligus mengukur perkembangan kariermu.

Itulah Pentingnya Update CV Teratur Apa yang Harus Diperhatikan

Baca Juga: Pentingnya Update CV Teratur Apa yang Harus Diperhatikan?

Rekomendasi
Artikel terkait